Lakukan Ini Ketika Mengatur Gaji Pertama!

All About Money

Apa yang ingin Anda lakukan untuk mengatur gaji pertama? Pastinya sudah ada daftar barang yang ingin dibeli atau hal-hal yang ingin dilakukan dengan uang tersebut.

Memang, tidak dapat dipungkiri ada rasa senang yang luar biasa ketika mendapatkan gaji pertama atau uang hasil dari usaha sendiri. Ada kebahagiaan berbeda jika sudah bisa mencari uang dan membiayai hidup dari jerih payah sendiri. Untuk Anda yang pernah merasakan gaji pertama atau bahkan baru perkali, tentu momen ini tidak akan pernah dilupakan. Anda juga pasti membayangkan bagaimana kerja kerasnya orangtua dulu dalam mencari uang untuk membiayai hidup Anda dan kini dirasakan sendiri. Meskipun rasa lelah dirasakan, tetapi jika sudah menerima uang apalagi gaji pertama, semua hal itu hilang seketika dan segera ingin menggunakan uangnya. Perasaan ingin membeli barang ini itu bermunculan tiada henti, apalagi uang tersebut hasil kerja Anda satu bulan.

Baca Juga: Waspada dengan Uang Anda

Justru hal-hal tersebut harus segera dihindari dan buang jauh-jauh dari dalam pikiran Anda karena itu bukan kegiatan yang positif, melainkan akan memberi dampak buruk untuk Anda kemudian harinya. Misalnya, gaji pertama Anda digunakan untuk foya-foya atau membeli barang-barang yang diinginkan. Coba tanya pada diri sendiri, Apakah itu yang sedang dibutuhkan? Apakah itu baik untuk kehidupan Anda? Mungkin dampaknya belum bisa dirasakan pada satu atau dua hari setelahnya, tetapi bila uang Anda habis dan gajian berikutnya masih lama, tentu ini menjadi beban pikiran yang berat.

Di luar itu semua, sebenarnya masih banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan gaji pertama tersebut. Tentunya kegiatan ini akan memberikan keuntungan yang besar dan berguna untuk dikehidupan sekarang, ketika dalam keadaan darurat, bahkan masa tua nanti.

Ingat Orangtua

Anda bisa sukses dan bisa mendapatkan penghasilan sendiri tentunya tidak lepas dari jasa orang tua yang sudah membesarkan dan memberikan pendidikan terbaik supaya bisa menjadi orang sukses seperti saat ini. Jangan pernah melupakan segala seuatu yang sudah diberikan oleh orang tua. Meskipun seberapa banyak balasan yang kita kasih, tentunya tidak akan bisa membalas semua yang sudah diberikan oleh orang tua. Melihat anaknya sukses seperti saat ini sudah menjadi kebanggaan yang tak ternilai. Walaupun begitu, tidak ada salahnya Anda memberikan sebagain gaji pertama untuk orang tua. Setidaknya untuk membantu baiya listrik atau meringankan biaya kebutuhan sehari-hari mereka.

Membeli Asuransi

Tidak sedikit dari Anda yang belum terpikir untuk melindungi diri, kesehatan, atau asset-aset yang dimiliki dengan berasuransi. Apalagi jika umur masih muda seperti saat ini. Menurut mereka, asuransi masih belum terlalu digunakan. Padahal mulai sejak usia muda lah Anda harus memikirkan untuk melindungi diri dengan asuransi. Memang ada yang menjamin bahwa Anda akan terkena musibah sakit atau hal-hal lain diusia tua saja? Jika melihat jauh ke depan, keuntungan membeli asuransi ini sangat banyak sekali. Meskipun manfaatnya belum terlalu banyak Anda rasakan saat ini, tetapi suatu saat nanti Anda pasti akan menyadari betapa pentingnya membeli asuransi.

Sudah banyak jenis-jenis asuransi yang bisa Anda beli. Contohnya seperti asuransi kesehatan, perjalanan, kecelakaan kerja, mobil, pendidikan, dan masih banyak lagi. Jangan hambur-hamburkan uang Anda untuk hal yang tidak berguna, lebih baik digunakan untuk membeli asuransi yang diketahui banyak sekali manfaatnya.

Sebelum pasti memilih asuransi terbaik, cek lalu bandingkan sendiri untuk mendapat premi asuransi murah di Futuready!

mengatur gaji pertama

Baca Juga: Cara Terbaik Memilih Asuransi Kesehatan Sejak Usia Muda

Beramal

Meskipun uang yang Anda peroleh hasil jerih payah sendiri, tetapi di dalam itu ada sebanyak 2,5% hak kaum dhuafa yang dititipkan oleh Tuhan. Oleh karena itu, mau sebesar atau sekecil apapun gaji Anda, jangan pernah lupa ada hak-hak orang lain yang harus dibagikan kepada mereka.

Membuat Rekening Tabungan

Anda sudah bisa mencari penghasilan sendiri dan baru saja mendapatkan gaji pertama hasil kerja keras yang dilakukan tentunya banyak rencana-rencana yang ingin dilakukan. Misalnya menyalurkan hobi travelling, membeli rumah, mobil, atau menikah. Itu semua menang butuh proses dan Anda harus bisa menyisihkan gaji per-bulan untuk dimasukan ke dalam rekening tabungan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda membuka rekening baru yang bebas biaya admin perbulannya sebagai tempat menabung. Tapi ingat, tabungan ini hanya bisa digunakan untuk hal-hal yang sudah direncanakan sebelumnya atau Anda juga bisa menggunakannya dalam keadaan mendesar atau urgent.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Merusak Keuangan Anda

Leave a Reply