Macam-Macam Arisan yang Menguntungkan

All About Money


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Budaya arisan memang sudah mendarah daging di Indonesia. Tidak heran jika sudah ada macam-macam arisan yang dilakukan. Nah, kira-kira apa saja ya macam-macam arisan yang ada di Indonesia.

Untuk para wanita, pasti sudah tidak asing dengan kata arisan. Sebab, kegiatan ini hampir ikuti oleh semua wanita. Arisan merupakan sekelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur di setiap periode yang telah ditentukan dan setiap kali anggota tersebut memiliki hak untuk memenangkan uang yang dikumpulkan tersebut secara bergilir hingga masa periode berakhir.

Di Indonesia, arisan memang sudah menjadi budaya yang harus dilakukan. Sebab, arisan bukan hanya sekadar mengumpulkan uang saja. tetapi juga sebagai mempererat tali silaturahmi antara manusia. Tidak heran jika arisan ini dilakukan oleh sekumpulan keluarga besar, pertemanan, warga komplek, dan masih banyak lagi. Ada banyak macam-macam arisan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Mulai dari arisan biasa, arisan tembak, hingga online. Nah, agar Anda lebih memahami dari masing-masing macam arisan tersebut, berikut ini ulasan selengkapnya.

[quads id=7]

Arisan Biasa

Macam-macam arisan yang pertama adalah arisan biasa. Maksud dari arisan biasa ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang pada periode tertentu yang telah disepakati bersama, dilanjut dengan mengumpulkan sejumlah uang yang masing-masing anggota mengeluarkan nominal yang sama. Setelah semua uang terkumpul, kemudian dilakukan pengundian dari nama-nama anggota kelompok arisan dan nama yang keluar dari kocokan tersebut menjadi pemenang dan berhak mendapatkan uang tersebut. Arisan jenis ini ini sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia dan hampir semua melakukannya.

Arisan Tembak

Arisan tembak atau sering disebut juga sebagai arisan lelang. Arisan jenis ini juga sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Pada dasarnya arisan tembak ini menekankan pada tingkat kebutuhan anggotanya. Artinya, bisa dipastikan pemenangnya adalah anggota yang sedang membutuhkan uang. Mekanismenya untuk pemenang pertama adalah orang yang ditunjuk sebagai ketua kelompok arisan, dengan konsekuensi bertanggung jawab mengumpulkan uang arisan dari para anggota dan memberikan talangan bagi anggota yang gagal bayar. Pada periode berikutnya, dilakukan pengundian bagi anggota yang sedang butuh uang. Arisan tembak dinilai lebih menguntungkan dibandingkan arisan biasa karena pemenang adalah orang yang benar-benar sedang membutuhkan uang. Selain itu, bagi pemenang terakhir akan diuntungkan karena ia menerima uang arisan secara penuh, meski tak selalu membayar iuran penuh setiap bulannya.

Arisan Sistem Gugur

Macam-macam arisan berikutnya adalah arisan sistem gugur. Arisan ini merupakan kegiatan dari sekelompok orang yang menyetorkan dana secara periodik dalam jangka waktu tertentu, di mana anggota yang sudah memperoleh arisan tidak diwajibkan lagi membayar setoran. Arisan sistem gugur ini biasanya diaplikasikan pada barang, seperti sepeda motor, ponsel, bahkan properti.

Arisan Online

Sesuai dengan namanya arisan online dimainkan secara online dan media sosial menjadi wadah utamanya. Karena ini dilakukan secara online, jangan heran jika di antara anggota arisan bisa saja tidak saling mengenal. Sistemnya bisa saja flat atau juga menurun. Di mana anggota bisa memilih urutan dan nominal setoran yang mereka sanggupi. Sebenarnya, arisan ini cukup riskan dan berisiko tinggi, bahkan tidak menutup kemungkinan ada pelaku penggelapan. Meskipun sistem arisan ini terlihat mudah, tetapi banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan arisan ini. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengikuti jenis arisan ini, perlu waspada dan teliti ya.

Keempat macam-macam arisan di atas merupakan jenis yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jika Anda sedang bermain arisan, kira-kira masuk ke jenis yang mana ya?

Comments are closed.