Daftar-Daftar Mata Uang Dunia yang Terkenal

All About Money

Uang dijadikan sebagai alat tukar di seluruh dunia. Namun, setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda. Lalu, apa saja mata uang dunia yang cukup terkenal?

Uang yang memiliki fungsi sebagai alat tukar untuk kelangsungan hidup semua orang, tentu posisinya sangatlah penting. Setiap negara pasti memiliki mata uang dan nilai berbeda. Biasanya, ditentukan oleh tempat dan sejarah negara tersebut.

Kita yang merupakan masyarakat Indonesia, tentu rupiah menjadi mata uang resmi bangsa Indonesia sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka. Sama halnya dengan negara-negara lain, tentu dibalik pemilihan mata uang ada sejarah yang dialami oleh negara tersebut.

Baca juga: Mudah Kirim Uang Antarnegara dengan Western Union

Daftar Mata Uang Dunia yang Terkenal

Nah, berikut ini beberapa daftar mata uang yang cukup terkenal di seluruh dunia, dan bahkan beberapa diantara memiliki mata uang dengan nilai tukar tinggi dan menjadi mata uang internasional. Apa saja itu?

Dolar Amerika Serikat (AS)

Siapa yang tidak kenal dolar Amerika Serikat? Tentu dolar AS sangat terkenal di seluruh dunia. Mata uang ini memang paling banyak dan paling mudah diperjualbelikan. Bukan hanya dinegaranya sendiri, tetapi hampir seluruh negara di dunia.

Hampir 85 persen dari total transaksi di pasar valuta asing dilakukan dalam mata uang ini. Tak heran, dolar AS dikenal sebagai mata uangseluruh dunia. Apalagi, Amerika Serikat memiliki perekonomian yang sangat kuat dan bahkan mempengaruhi beberapa negara lainnya. Oleh karenanya, tidak heran jika nilai tukar dolar AS kian memuncak, salah satunya memang karena perekonomian negara ini.

Euro

Setelah dolar AS, ada euro yang menjadi mata uang terkenal di dunia. Meksipun mata uang euro bisa dikatakan sebagai mata uang baru di dunia, tetapi mata uang ini mampu memberikan nilai tukar yang cukup tinggi.

Euro baru resmi menjadi mata uang Eropa sejak tahun 1999. Namun, Euro sudah berhasil berada di posisi kedua sebagai mata uang populer di dunia, karena paling banyak diperdagangkan. Hal ini mungkin dikarenakan daya tarik wisata di Eropa sehingga membuat banyak orang berniat untuk ke sana dan membeli mata uang tersebut.

Baca juga: Hari Keuangan RI Sebagai Simbol Lahirnya Mata Uang Kenegaraan

Euro adalah mata uang yang dipakai di 19 negara anggota Uni Eropa, seperti Austria, Belanda, Belgia, Estonia, Finlandia, Irlandia, Italia, Jerman, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Portugal, Prancis, Siprus, Spanyol, Slovakia, Slovenia, dan Yunani.

Franc Swiss

Franc Swiss dikenal oleh banyak orang sebagai mata uang yang netral. Lebih tepatnya, franc Swiss dianggap sebagai tempat yang aman di pasar. Hal ini dikarenakan, mata uang ini cenderung bergerak dalam korelasi negatif dengan mata uang yang lebih fluktuatif, seperti dolar Kanada dan Australia, bersamaan dengan hasil obligasi AS.

Dolar Kanada

Dolar Canada dikenal sebagai Loonie. Memiliki eksportir besar komoditas minyak, logam mulia, dan mineral, pergerakan Loonie sangat dipengaruhi pergerakan harga komoditas tersebut. Pedagang sering memperdagangkan dolar Kanada untuk berspekulasi mengenai pergerakan komoditas ini atau sebagai lindung nilai atas kepemilikan mereka atas kontrak yang mendasarinya.

Pound Sterling

Pound Sterling mata uang dunia

Meksipun berada di benua Eropa, tetapi Inggris memilih mata uang sendiri, yaitu pound sterling sebagai mata uang resmi yang berlaku untuk alat pembayaran di negaranya. Memang hanya negara Inggris yang menggunakan mata uang ini, tetapi mata uang bersimbol £ ini pernah menjadi mata uang internasional sebelum posisinya digantikan oleh dolar AS.

Selain euro, pound sterling merupakan salah satu mata uang yang memiliki nilai tukar tertinggi di dunia. Para turis yang berkunjung ke negara ini, harus rela merogoh kocek mereka lebih dalam. Selama bertahun-tahun, pound didesain dengan gambar sang ratu sebagai latar belakangnya.

Yen Jepang

Selain Korea, Jepang merupakan negara termaju di kasawan Asia. Tak heran, Yen menjadi mata uang yang paling banyak diperdagangkan dan digunakan. Keuntungan menjadi negara maju adalah mata uang yang sudah tersedia diberbagai negara. Indonesia termasuk salah satu negara yang tidak sulit untuk menukarkan rupiah ke Yen. Hal ini dikarenakan, banyaknya masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Jepang.

Ringgit

Ringgit mata uang dunia

Ringgit merupakan nama mata uang negara Malaysia yang sudah resmi digunakan sebagai alat transaksi pembayaran sejak tahun 1975. Nama ringgit sendiri berasal dari sisi bergerigi pada koin perak Spanyol yang dipergunakan pada zaman dulu. Nah, di Malaysia itu bergerigi disebut sebagai ringgit yang kemudian menjadi nama mata uang Negeri Jiran itu.

Sama halnya dengan Yen, Anda yang ingin berkunjung ke Malaysia, tentu tidak akan sulit untuk menukarkan rupiah menjadi ringgit. Sebab, memiliki lokasi yang berdekatan dengan Indonesia, menjadi Malaysia salah satu tujuan wisata masyarakat Indonesia.

Rupee

Beberapa negara di Asia menggunakan rupee sebagai mata uang mereka, sebut saja India, Pakistan hingga Nepal. Awalnya rupee berupa koin perak dan berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu rupya yang artinya koin perak. HIngga akhirnya meminjamkan namanya untuk dipakai India dan Pakistan sebagai nama mata uang mereka.

Riyal

Di negara Oman dan Iran, riyal berasal dari kata regalis yang berarti royal, sedangkan dari bahasa Arab, Riyal memiliki arti nyata. Nama tersebut juga umum digunakan sebagai nama koin perak besar dari Eropa yang kemudian menjadi nama mata uang Arab Saudi, Qatar, Iran dan Oman.

Rupiah

mata uang dunia rupiah

Rupiah yang merupakan nama mata uang negara Indonesia berasal dari bahasa Sanksrit atau Sansekerta, yaitu rupiya yang berarti perak. Awal penggunaan bahasa Sansekerta ini dikarenakan pengaruh budaya India yang sangat kuat dan berkuasa semasa kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara ratusan tahun yang lalu.

Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan Tahunan

Jangan sampai lupa untuk menukarkan uang rupiah Anda dengan mata uang negara yang akan dikunjungi. Namun, kiranya mata uang negara yang akan dikunjungi sulit didapatkan, Anda bisa tukarkan ke dalam bentuk Dollar Amerika Serikat terlebih dahulu, kemudian sesampainya di negara tujuan, Anda bisa menukarkan Dollar dengan mata uang negara tersebut. Selain itu, pastikan juga sudah dilindungi asuransi perjalanan ke mana pun Anda pergi. Sebab, asuransi perjalanan mampu memberikan perlindungan terbaik selama Anda berpergian.

Comments are closed.