Mengelola Keuangan Perusahaan dengan MCM Mandiri

All About Money

Menjalani bisnis dengan mobilitas transaksi keuangan yang tinggi, MCM Mandiri membantu Anda mengawasi tata kelola keuangan perusahaan dengan cermat.

Bagi sebagian besar perusahaan, pengawasan tata kelola keuangan adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra. Khususnya bagi perusahaan-perusahaan ternama yang sudah cukup besar. Wajar saja, karena sebagai perusahaan besar, tentu transaksi keuangan yang ada di perusahaan tersebut akan memiliki traffic yang cukup tinggi.

Akan sangat tidak mungkin untuk mengamati satu per satu transaksi yang berjalan atau membetulkan nilai nominal yang masuk. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri kalau pengawasan tata kelola keuangan adalah hal yang penting pada sebuah perusahaan. Tanpa tata kelola keuangan yang baik, maka kondisi keuangan perusahaan bisa menjadi tidak sehat dan akan mengancam keberlangsungan perusahaan ke depannya.

Menyadari hal ini, maka Bank Mandiri menawarkan solusi yang mudah dan juga efisien bagi Anda yang memiliki perusahaan. Solusi ini merupakan sebuah layanan Mandiri Cash Management atau MCM. Menariknya, layanan ini merupakan layanan yang terbilang khusus sebab hanya nasabah dengan rekening bisnis yang bisa menggunakan layanan ini.

Dengan penggunaan layanan MCM Mandiri, maka Anda bisa melakukan pengawasan tata kelola keuangan perusahaan dengan lebih mudah karena transaksi bisa Anda lakukan secara online, kapan saja, dan dimana saja. Meskipun menawarkan kemudahan dan fleksibilitas akses, sebagaimana layanan keuangan lainnya, keamanan juga merupakan hal yang penting.

Baca Juga: Internet Banking Mandiri: Hanya 5 Menit Daftarnya!

Mandiri Cash Management telah memiliki dukungan dari otorisasi bertingkat dan dilengkapi dengan enkripsi sistem. Dengan begitu, data dan transaksi Anda bisa aman dan terjamin dengan baik. Nantinya, layanan ini akan memonitor setiap aktivitas rekening, transaksi, dan juga reporting yang tepat. Misalnya dengan melakukan pengelolaan A/R (account receivable) dan A/P (account payable). Dengan begitu, maka Anda bisa mengoptimalkan pengelolaan keuangan perusahaan Anda

Bagi Anda yang baru membutuhkan dukungan dari layanan MCM Mandiri ini di perusahaan Anda, ada baiknya pahami terlebih dahulu secara mendalam, Berikut penjelasannya untuk Anda.

Layanan Mandiri Cash Management

Ada banyak layanan yang bisa perusahaan Anda dapatkan saat menggunakan Mandiri Cash Management. Di antaranya adalah:

Layanan MCM Mandiri

Informasi Rekening

Layanan ini membantu Anda mendapatkan kemudahan dalam melakukan monitoring secara komprehensif. Termasuk di dalamnya informasi saldo rekening dan mutasi rekening secara real time yang bisa Anda unduh dalam berbagai format file seperti PDF, Excel, atau Word.

Selain itu, layanan ini juga memungkinkan Anda untuk bisa melakukan transaksi baik giro atau tabungan dengan menggunakan Rupiah atau pun mata uang lainnya. Anda juga bisa mencetak rekening koran atau statement elektronik standar lainnya atas perusahaan yang didaftarkan.

Pengaturan Transfer

Layanan ini memberikan Anda akses untuk bisa melakukan aktivitas transfer ke luar. Termasuk di dalamnya pemindahbukuan antar rekening Bank Mandiri, transfer ke bank domestik lain dengan menggunakan Rupiah, hingga transfer ke berbagai bank dengan valuta asing.

Anda juga bisa menyesuaikan proses transaksi sesuai kebutuhan. Mulai dari immediate, standing instruction (post dated), hingga recurring transaction. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan template atau predefined beneficiary listuntuk melakukan transfer tanpa harus meng-input ulang setiap data. Anda juga bisa menyesuaikan transaksi tersebut apakah berupa single transaction atau mass transaction.

Pengaturan Tagihan

Dalam layanan ini, Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan piutang perusahaan dengan mudah, yaitu dengan memberikan akses pengaturan pembayaran tagihan dan juga dengan layanan auto debit untuk penagihan piutang secara massal.

Baca Juga: Produk Bank yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Monitoring Transaksi

Layanan berikutnya adalah layanan monitoring transaksi. Layanan ini merupakan layanan yang sangat penting. Karena dengan adanya layanan ini Anda bisa lebih mudah untuk melakukan pengontrolan dan pengawasan transaksi secara penuh.

Sistem Multi User Dual Control yang Menguntungkan

sistem MCM Mandiri

Mandiri Cash Management menerapkan prinsip multi user dual control untuk menjalankan pengelolaan ID perusahaan dan juga aktivitas pelaksanaan operasional transaksi. Adapun dari sisi pengguna pengelola ID yang sifatnya non financial terdiri dari Sysadmin1 dan Sysadmin2, berikut penjelasannya:

  • Sysadmin1

Pengguna ini merupakan admin utama dengan akses penuh dalam berbagai hal. Seperti struktur pengguna, struktur akun, akses menu, pengaturan limit, hingga skema prosedur persetujuan transaksi.

  • Sysadmin2

Pengguna ini bisa dikatakan sebagai admin dual control bagi sysadmin1. Dalam fungsinya, sysadmin2 berperan untuk melakukan persetujuan atas perubahan pengaturan internal ID Mandiri Cash Management yang dilakukan oleh sysadmin1.

Selain pengguna pengelola ID, ada juga yang disebut sebagai pengguna transaksi, yaitu:

  • Maker

Maker adalah pengguna yang bertindak sebagai penggagas suatu transaksi pada sistem. Dalam hal ini, maker akan memasukkan semua data dan informasi yang diperlukan untuk suatu transaksi.

  • Approver

Selanjutnya, approver bertindak sebagai pemeriksa dan pemberi persetujuan awal atas transaksi yang digagas oleh maker.

  • Releaser

Setelah itu, transaksi yang telah disetujui akan dilanjutkan kepada releaser, yaitu pengguna yang bertindak melakukan pengiriman transaksi yang telah di-approve oleh approval ke dalam sistem.

Syarat Penggunaan Layanan Mandiri Cash Management

Syarat Penggunaan MCM Mandiri

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, layanan Mandiri Cash Management adalah layanan yang eksklusif dan terbatas. Karena itu, untuk bisa menggunakannya ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi.

Terdaftar dalam Form Mandiri Cash Management

Untuk bisa menggunakan layanan ini, maka Anda perlu mengisi form Mandiri Cash Management atas nama perusahaan terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga bahwa perusahaan Anda sudah terdaftar sebagai nasabah giro Bank Mandiri.

Mengakses Website Mandiri Cash Management

Setelah pengisian form dan menjadi nasabah giro Bank Mandiri, selanjutnya, Anda perlu mengakses website Mandiri Cash Management. Website bisa Anda kunjungi di www.mcm.bankmandiri.co.id/corp

Baca Juga: Beragam Kartu Kredit Bank UOB dan Keuntungannya

Log in ke Website Mandiri Cash Management

Selanjutnya, masuk ke layar transaksi dan masukkan data yang diminta, yakni ID perusahaan, user, dan kata sandi. Kata sandi ini bisa Anda dapatkan dari admin perusahaan. Selanjutnya klik log in. Pada dasarnya, hanya diperlukan 3 langkah saja agar perusahaan Anda bisa terdaftar dan memanfaatkan layanan Mandiri Cash Management ini. Akan tetapi, jika dalam prosesnya Anda memiliki kendala, Anda bisa menghubungi help desk Mandiri di (021) 500150. Anda bisa menyampaikan keluhan apapun terkait Mandiri Cash Management di sana. Baik berupa keluhan teknis maupun non teknis dalam penggunaannya.

itulah beberapa manfaat dan cara penggunaan Mandiri Cash Management yang perlu Anda ketahui. Dengan menggunakan program ini, maka akan lebih mudah juga bagi Anda untuk melakukan pengawasan dan mengontrol transaksi di perusahaan. Tertarik untuk membuka layanan MCM Mandiri ini?

Comments are closed.