Melihat Lebih Dalam Seputar Kategori Perusahaan Multifinance

All About Money

Perusahaan multifinance hadir sebagai solusi pemenuhan kebutuhan bagi orang yang tak memiliki bujet yang cukup untuk membeli secara tunai.

Di zaman modern seperti sekarang ini, berbagai perusahaan barang dan jasa berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat atau penggunanya. Hal ini pun berlaku juga pada lembaga keuangan. Saat ini, lembaga keuangan hadir untuk memudahkan perencanaan finansial Anda. Salah satu lembaga yang perlu diketahui adalah perusahaan multifinance bagi Anda yang ingin membeli barang secara non-tunai.

Sistem pembayaran ini lebih awam disebut dengan angsuran atau kredit. Keinginan manusia memang tidak pernah ada habisnya, belum lagi dengan kebutuhan yang mesti dipenuhi. Hal inilah yang membuat sistem pembayaran kredit sangatlah diminati oleh masyarakat di era sekarang ini.

Hal tersebut pun memuluskan jalan bagi perusahaan multifinance untuk terus meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Tak hanya di kota besar, perusahaan multifinance pun bergerak secara masih di desa-desa dan juga pelosok tanah air. Sejatinya, banyak hal yang mungkin dibutuhkan oleh orang, namun tidak dapat dibeli dengan cara tunai karena keterbatasan bujet. (Baca juga: Investasi Sukuk, Investasi Halal dan Menguntungkan)

Kebutuhan Masyarakat Akan Kehadiran Perusahaan Multifinance

Contoh termudah adalah sepeda motor. Sebagian besar masyarakat di tanah air membutuhkan kendaraan roda dua ini baik untuk beraktivitas maupun untuk mencari nafkah. Namun, harga motor saat ini berada di kisaran Rp15 juta. Angka tersebut terbilang cukup besar. Untuk menyiasati agar orang tersebut dapat memiliki motor tanpa harus menguras tabungannya tak lain dengan mengajukan kredit ke perusahaan multifinance.

Perusahaan multifinance adalah badan usaha di luar bank atau lembaga keuangan bukan bank lainnya yang memberikan fasilitas pinjaman kepada nasabahnya untuk suatu keperluan. Serupa dengan bank dan lembaga resmi lainnya, mekanisme mengenai perusahaan multifinance telah diketahui negara dan sudah diatur pula dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.012/2006 tentang Perusahaan Pembiayaan atau Perusahaan Multifinance.

Baca juga: Jenis Psikotes Perusahaan dan Cara Dapat Nilai yang Baik

Perbedaan Mekanisme Pembiayaan Perusahaan Multifinance

Mekanisme pembiayaan bank dengan perusahaan multifinance jelas berbeda. Bank akan memberikan dana cair kepada para calon debiturnya. Sedangkan perusahaan multifinance mekanismenya kurang lebih seperti ini: Ketika mengajukan kredit, peminjam atau debitur tidak akan mendapatkan dana cair, melainkan persetujuan perusahaan untuk membiayai kredit barang atau jasa yang ingin dibeli. Jadi, dana tunai dibayarkan perusahaan pembiayaan kepada pihak ketiga, tempat debitur melakukan transaksi pembelian.

Sejauh ini, perusahaan multifinance tidak hanya bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor saja. Faktanya, perusahaan multifinance dibagi menjadi beberapa kategori, baik skala kecil maupun besar. Tak perlu berpanjang lebar, mari kita lihat kategori perusahaan multifinance di bawah ini!

Baca juga: 4 Trik Menilai Kinerja Perusahaan Menggunakan Rasio Keuangan

Kategori Perusahaan Multifinance

Perusahaan Multifinance Kendaraan Bermotor

Perusahaan multifinance yang bergerak di bidang kendaraan bermotor merupakan yang paling laris dan banyak dijumpai di Indonesia. Sebab, kebutuhan sebagian besar masyarakat terhadap kendaraan bermotor semakin besar sekarang ini. Hal ini tak lepas dari aktivitas dan mobilitas yang tinggi sehingga orang tersebut akan lebih mudah bepergian dengan kendaraan pribadi.

Namun, tingginya harga kendaraan bermotor membuat calon pembeli cukup kesulitan untuk membawa pulang kendaraan tersebut dengan pembayaran tunai. Oleh karena itu, perusahaan multifinance di bidang satu ini sangatlah menjamur dan tentunya diminati oleh masyarakat di seluruh bagian Indonesia.

Perusahaan Multifinance Mesin dan Alat Berat

Banyaknya industri dan usaha kecil menengah di Indonesia membuat para pemiliknya bergantung kepada keberadaan mesin dan alat berat. Mesin-mesin tersebut tentu menjadi alat untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat seperti, pakaian, makanan, rumah, dan lain-lain.

Namun, faktanya tidak semua perusahaan kecil menengah memiliki modal yang cukup untuk membeli mesin dan alat berat dengan cara tunai. Terlebih jika usaha tersebut baru saja dirintis, tentu modal yang ada tidak akan cukup untuk membeli alat dan mesin penunjang. Pilihan untuk melakukan pembelian secara kredit pun akhirnya diambil guna tetap bisa menjalankan usahanya.

Hal ini pun berbanding lurus dengan pertumbuhan perusahaan multifinance di tanah air. Saat ini, perusahaan multifinance yang bergerak di bidang mesin dan alat berat sudah cukup banyak. Jelas, keberadaan perusahaan multifinance ini sangatlah vital untuk menyukseskan jalannya usaha kecil menengah di Indonesia.

Perusahaan Multifinance Peralatan Elektronik dan Rumah Tangga

Bagi yang sudah menikah, tentu Anda merasakan bahwa banyak sekali kebutuhan yang harus Anda penuhi di rumah. Tidak hanya kebutuhan pokok, nyatanya kebutuhan sekunder yang menyangkut hiburan keluarga dan tentunya keperluan peralatan dapur pun perlu dipenuhi.

Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi di rumah tentu memaksa seseorang untuk merogoh kocek yang sangat dalam. Terlebih, kebutuhan rumah tangga harganya tidak bisa dikatakan murah. Maka, butuh modal yang cukup besar untuk dalam melengkapi segala kebutuhan di rumah.

Lagi-lagi, banyak masyarakat di tanah air yang tak memiliki dana tunai yang besar untuk membeli segala kebutuhan tersebut. Namun, keterbatasan ekonomi tidak bisa menjadi alasan untuk tidak membeli kebutuhan elektronik dan rumah tangga lainnya. Sebab, keberadaan barang-barang tersebut di rumah terbilang penting.

Untungnya, di zaman sekarang, sudah banyak perusahaan multifinance yang bergerak di bidang peralatan elektronik dan rumah tangga. Jadi, bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan dana untuk membeli segala kebutuhan rumah tangga tak perlu lagi khawatir. Banyak sekali perusahaan multifinance yang bergerak di bidang peralatan elektronik dan rumah tangga yang siap membiayai segala kebutuhan tersebut.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Masyarakat hanya perlu membayar cicilannya tiap bulan tergantung tenor yang diambil di awal. Perusahaan multifinance di bidang peralatan elektronik dan rumah tangga di Indonesia bisa dibilang mengalami kemajuan sangat pesat. Hal ini tak terlepas dari banyaknya orang yang sudah berumah tangga di Indonesia dan tingginya tendensi dalam memenuhi segala kebutuhan terkait kehidupan rumah tangga.

Hadirnya perusahaan multifinance di berbagai kategori ini tentu memudahkan banyak orang dalam hal apa pun, baik keperluan untuk memiliki kendaraan, memenuhi segala kebutuhan rumah tangga hingga membangun usaha kecil menengah. Pernahkah Anda memanfaatkan kredit multifinance sejauh ini?

Comments are closed.