Mempersiapkan Dana untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Orang tua perlu mempersiapkan masa depan anak, terutama bagi anak berkebutuhan khusus.Ê

All About Money

Masa depan anak bergantung peran orang tua. Perlu disadari, setiap anak memiliki perbedaan satu sama lain, termasuk perbedaan kemampuan fisik, baik dari lahir maupun akibat kecelakaan.

 

Jika anak Anda memiliki kebutuhan khusus atau diffable (different ability people), artinya buah hati perlu penunjang untuk membantunya beraktivitas. Kebutuhan anak perlu dianggarkan karena penting untuk hidupnya. Sebaiknya Anda mempersiapkan dana terpisah untuk kebutuhan anak tercinta. Berikut adalah tipsnya.

 

Dana Darurat

Anak Anda mungkin perlu peralatan bantuan seperti kursi roda, alat pendengar, atau alat lainnya untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Penggunaan alat dalam jangka panjang perlu perawatan, perbaikan, atau diganti dengan alat yang lebih canggih. Selain itu, buah hati tercinta mungkin perlu perawatan medis berkala atau membutuhkan nutrisi penunjang.

 

Oleh karena itu, Anda perlu membuat rekening terpisah untuk mendanai pos ini, sehingga ketika ada keperluan darurat, Anda tidak kebingungan atau memakai anggaran untuk pos lain. Gunakanlah kalkulator ini untuk menghitung berapa dana darurat yang Anda perlu anggarkan.

 

Asuransi Kesehatan

Anda juga bisa membelikan asuransi kesehatan untuk anak. Kini, pengajuan asuransi bagi anak berkebutuhan khusus memungkinkan untuk dilakukan di Indonesia. Namun, ada beberapa pertimbangan, seperti premi asuransi kesehatan yang tinggi dan keuntungan atau klaim yang terbatas.

 

Anda dapat meminta informasi kepada beberapa perusahaan asuransi mengenai jaminan asuransi, berapa preminya, bagaimana prosedur klaim. Anda dapat memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Anda dapat menghitung berapa nilai uang pertanggungan asuransi yang ideal dengan kalkulator.

 

Dana Pendidikan

Bagaimana bila Anda telah tiada? Siapa yang akan menjaga anak Anda? Bagaimana masa depan buah hati? Pertanyaan ini bisa jadi salah satu kekhawatiran orang tua dari anak difabel. Oleh karena itu, bekalilah anak Anda dengan pendidikan dan keterampilan agar bisa mandiri kelak.

 

Kini telah ada sekolah-sekolah untuk anak difabel dengan kualitas yang bagus dan fasilitas yang sesuai kebutuhan anak. Anda dapat mencari informasi dari sekolah-sekolah tersebut untuk mendapat perkiraan dana

 

yang diperlukan dan buatlah anggarannya.

 

Dana Hobi

Melakukan hobi dapat menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anak Anda. Cari tahulah apa yang ia gemari dan apa yang diperlukan untuk menjalankan hobinya. Anda dapat membuat rekening untuk pos ini dan sisihkanlah pemasukan Anda ke dalam rekening ini. Jumlahnya tidak perlu sebesar dana kesehatan atau dana pendidikan karena kebutuhan ini bersifat tambahan setelah kesehatan dan pendidikannya terpenuhi.

 

Semoga bermanfaat! Bagikanlah artikel ini pada keluarga dan kerabat Anda agar bermanfaat juga untuk mereka, melalui fitur jejaring sosial berikut!

 

Leave a Reply