Sudah Menabung Dana Pensiun Sedari Dini?

All About Money

Masa muda waktu yang tepat mempersiapkan finansial untuk hari tua nanti. Yuk, mulai pikirkan dengan menabung dana pensiun sedini mungkin.

Setiap orang pekerja pasti akan ada masa di mana mereka harus berhenti dari rutinitas tersebut. Nama lainnya adalah pensiun. Menjalani masa pensiun bukan berarti kehidupan Anda juga berhenti. Semua harus tetap berjalan seperti biasa. Oleh karena itu, Anda harus merancang segala persiapan masa tua Anda mulai saat ini juga. Mengapa demikian? Supaya, ketika pensiun nanti Anda bisa menikmati masa tua dengan nyaman yang sudah direncanakan sejak lama.

Bagi sebagian orang, pensiun menjadi hal yang harus dijalani. Namun, masih banyak orang yang tidak bisa menikmati masa tuanya dikarenakan beberapa faktor. Misalnya, masa kerja yang terbilang sebentar sehingga tidak bisa menyisihkan uang yang begitu besar untuk bekal di masa tua.

dana pensiun pribadi

Menyiapkan bekal untuk dana pensiun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hanya saja bagi sebagian orang, masa pensiun bisa dipersiapkan setelah masa tua. Padahal, menyiapkan dana hari tua dari sekarang mungkin akan lebih teratur dan terstruktur. Anda tidak akan merasa terburu-buru dalam menyiapkan. Dana pensiun seharusnya dapat menjamin hidup Anda selepas masa produktif. Selain itu, dana untuk jaminan hari tua ini juga diharapkan dapat menjadi sarana penghimpunan dana guna meningkatkan taraf hidup di masa tua, selain dari bisnis dan investasi yang telah Anda miliki selama ini.

Baca juga: Mengenal SBR007 dan Istilah yang Lazim Digunakan

Tip Cepat Menabung Dana Pensiun

Apakah Anda berniat menabung untuk dana pensiun? Berikut cara cepat sisihkan gaji sebagai dana pensiun dini!

Ketahui Kebutuhan Anda Setelah Pensiun

Anda perlu memikirkan kebutuhan apa saja yang perlu Anda penuhi setelah pensiun. Ini tentu akan berpengaruh pada tujuan dan investasi Anda nantinya. Cobalah membuat daftar kebutuhan apa saja kemudian perkirakan berapa banyak dana yang perlu dipersiapkan.

Sisihkan 5-10% dari Gaji untuk Menabung Dana Pensiun

Saat menyiapkan tabungan hari tua, agar tidak memberatkan nantinya, Anda perlu menyisihkannya dari gaji. Sisihkanlah 5-10 persen dari gaji. Meskipun terbilang sedikit, tetapi jika dilakukan setiap bulan pasti akan terkumpul jumlah yang tidak sedikit. Dibanding Anda sama sekali tidak memiliki tabungan, bukan?

buka tabungan pensiun

Selain itu, Anda perlu konsekuen dan teratur dalam melakukan proses menabung. Saat Anda tidak melakukan hal ini secara teratur, jangan heran jika dana yang terkumpul tidak dapat cepat terkumpul jelas jumlahnya.

Anda juga bisa melakukan peningkatan jumlah tabungan secara berkala. Misalnya selama tiga bulan pertama Anda menyisihkan lima persen dari gaji, kemudian di tiga bulan selanjutnya Anda menyisihkan 10 persen dari gaji. Ini tentu akan memberikan manfaat yang lebih di masa mendatang.

Berinvestasi

Sebelum Anda pensiun, cobalah menyisihkan sebagian pendapatan Anda yang dialokasikan dengan cara berinvestasi. Misalnya saja, setiap bulannya Anda menyisihkan 30 persen dari gaji untuk berinvestasi. Hingga saat ini ada banyak sekali jenis-jenis investasi yang bisa Anda pilih. Mulai dari yang kecil-kecil hingga investasi besar.

Baca juga: Tip Berinvestasi dengan Tabungan Emas Pegadaian

Lakukan Penghematan Bulanan

Meskipun Anda menyisihkan gaji sebagai dana hari tua, Anda tetap harus melakukan penghematan dalam pengeluaran sehari-hari ataupun bulanan. Hal ini dikarena dengan teknik ini Anda bisa memiliki dana lebih untuk ditambahkan ke dalam tabungan pensiun.

Bahkan, Anda bisa menggunakan kelebihan ini sebagai dana darurat untuk masa depan. Melakukan penghematan ini merupakan salah satu cara efektif dan cepat sisihkan gaji untuk dana hari tua yang telah Anda rencanakan.

Buatlah Rekening Khusus Alokasi Gaji untuk Menabung Dana Pensiun

Cara cepat sisihkan gaji sebagai dana hari tua lainnya adalah membuat rekening khusus dana pensiun. Ini sangat penting untuk menjaga dana tersebut. Apabila Anda menabung di rekening yang sama dengan pengeluaran bulanan yang cenderung fluktuatif maka dana tidak bisa diatur dengan baik.

Saat Anda membuat rekening khusus, manajemen keuangan Anda akan lebih teratur. Hal paling penting adalah menghindarkan dana pensiun dari kemungkinan terpakai atau terselip sehingga jumlahnya berkurang dari persentase yang telah ditetapkan sebelumnya.

uang tabungan pensiun

Buatlah Catatan Manual Pemasukan Dana

Mengumpulkan dana hari tua dengan menyisihkan gaji terkadang tidak cukup transparan dan akan membingungkan apabila Anda tidak mengetahui dari mana saja dana yang Anda kumpulkan berasal.

Untuk itu, Anda perlu membuat catatan dan manajemen yang baik. Buatlah catatan setiap bulannya nominal yang Anda sisihkan untuk dana pensiun Anda. Mengumpulkan dana pensiun dini memang alternatif baik, karena akan memberikan manfaat besar di masa depan.

Baca juga: Bank Umum dan BPR: Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Bedanya!

Disiplin Saat Melunasi Cicilan dan Utang

Selain menyisihkan gaji dengan konsekuen, Anda juga perlu menerapkan disiplin saat melunasi cicilan dan utang yang Anda miliki. Hal ini wajib dilakukan agar Anda bisa lebih fokus dalam mengumpulkan dana pensiun.

Melunasi cicilan dan utang juga dapat mengurangi beban finansial Anda secara signifikan. Apabila cicilan dan utang telah tertutupi dan lunas terbayar, Anda pun akan lebih tenang saat mengumpulkan pundi-pundi uang untuk dana pensiun Anda kelak.

Lakukan ketujuh cara cepat di atas untuk sisihkan gaji untuk dana hari tua Anda kelak. Secara tidak langsung, Anda akan dapatkan keuntungan di masa depan yang akan memudahkan Anda setelah memasuki masa pensiun nanti.

Melakukan ketujuh cara ini membutuhkan kedisiplinan dan manajemen yang baik. Jadi, sudahkah Anda menyisihkan gaji untuk dana pensiun dini Anda? Tunggu apa lagi, segera atur dan tentukan banyaknya dana yang hendak Anda sisihkan sekarang juga. Agar masih tersedia banyak waktu untuk Anda mengumpulkan tabungan yang bisa digunakan saat menjalani masa pensiun.

Comments are closed.