Mendapat Penghasilan dari Blog

Bagaimana cara tepat dan efisien untuk mendapatkan penghasilan dari nge-blog?

All About Money

Hai Ibu Prita,
Saya cukup aktif di dunia internet dan memiliki blog. Saya ingin mendapatkan penghasilan dari blog. Bagaimana cara tepat dan efisien untuk mendapatkan penghasilan dari nge-blog? Terima kasih.

Salam,
Andy

Hai Andy,
Maraknya perkembangan internet memang membuka banyak kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya, termasuk dari menulis blog. Bahkan saat ini, blogger menjadi salah satu profesi yang bisa mendapatkan penghasilan cukup tinggi dengan waktu kerja yang fleksibel.

Untuk mendapatkan penghasilan sebagai blogger, syarat pertama yang harus dimiliki adalah konsistensi dan passion terhadap dunia tulis-menulis. Blog Anda harus memiliki konten atau isi yang menarik dan membuat pengunjung setia datang ke laman situs Anda.

Blog yang bisa menghasilkan uang adalah yang telah memiliki traffic pengunjung cukup tinggi, juga terindeks oleh search engine alias mesin pencari di internet seperti Google atau Yahoo.

Lalu jika semua hal tersebut di atas tercapai, bagaimana agar blog Anda menghasilkan uang? Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1.ÊÊ ÊMemberikan review untuk brand tertentu
Jika blog Anda telah memiliki spesialisasi tertentu, Anda dapat bekerja sama dengan beberapa brand sesuai dengan konten pada blog Anda. Review yang Anda berikan akan mendukung brand tersebut dan menjadi salah satu sarana promosi mereka.
ÊÊ Ê
2.ÊÊ ÊMenjual produk atau jasa
Banyak sekali yang dapat Anda jual di blog. Baik berupa produk fisik seperti fashion, buku, gadget, CD dan lain-lain atau jasa seperti desain dan konsultasi sesuai keahlian Anda.

3.ÊÊ ÊMenjadi reseller
Tidak perlu membuat dan menjual produk sendiri untuk mendapatkan uang. Dengan menjadi reseller, Anda dapat menjual produk maupun jasa pihak lain dan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari seller yang Anda bantu penjualannya.

4.ÊÊ ÊBeriklan
Blog Anda bisa menjadi tempat beriklan bagi pihak lain. Banyak sekali pilihan yang dapat Anda ambil untuk beriklan. Baik dengan mengikuti program Pay Per Click dari Google, Ads Network hingga menyediakan space untuk banner iklan ataupun text link yang mengarahkan ke blog atau situs lain yang beriklan di tempat Anda.

Selamat me-monetize blog!

Leave a Reply