Merencanakan Rumah Idaman Bagi Pasangan Muda

All About Money

Bagi pasangan muda yang ingin merencanakan rumah idaman, harus punya rencana yang matang dan terstruktur.

Bagi Anda pasangan muda yang baru saja menikah, dan ingin memiliki rumah idaman, ada banyak hal yang harus disiapkan. Soalnya, membeli rumah tidak seperti membeli mobil atau motor. Harga rumah sangatlah mahal sekali bila dibeli secara tunai. Anda dan pasangan harus membuat banyak perencanaan dulu sebelum membelinya. Apalagi, rumah merupakan tempat di mana Anda bisa melepas lelah setelah berkutat dengan pekerjaan dan kegiatan yang melelahkan.

Saat ini banyak sekali pilihan hunian yang ditawarkan dari rumah kontrakan, rumah susun, apartemen, dan lain sebagainya. Tapi, jika Anda memiliki rumah sendiri yang sesuai dengan karakteristik Anda akan lebih menyenangkan.

Bangun Rumah Idaman Sesuai Kebutuhan Anda

Anda dan pasangan yang sedang merencanakan membangun rumah idaman, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan bersama. Jangan memaksakan diri jika dananya tidak cukup, contoh keinginan ingin membangun rumah dua lantai namun dana yang tersedia dan direncankan belum cukup. Maka janganlah dipaksakan. Lebih baik bangun rumah semaksimal mungkin dengan dana yang tersedia maka fungsinya juga akan optimal.

[quads id=3]

Apa Saja Langkah Mudah dan Hemat dalam Merencanakan Rumah Idaman Bagi Pasangan Muda?

Anda bisa buat desain yang menarik sesuai karakter dan sesuai dengan bujet. Penting juga, walaupun hemat dalam pengelolaan dana jangan sampai memilih bahan yang tidak berkualitas. Ini berkatian dengan keamanan dan kenyamanan juga.

Merencanakan Konsep

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah merencanakan konsep. Pertimbangkan mengenai model rumah seperti apa yang Anda inginkan, berapa jumlah anggota keluarga yang akan tinggal nantinya. Semua hal itu nantinya berhubungan dengan lahan yang akan Anda beli nanti.

Dana

Ketika sedang merencanakan bujet pikirkan juga apakah nanti ada dana lainnya yang harus Anda keluarkan. Apakah saat ini bujet yang dimiliki cukup untuk membuat rumah sederhana atau mewah. Dengan dana yang tersedia, Anda bisa memiliki perencanaan yang lebih matang dan terstruktur.

Konsultasi dengan Aristek atau Ahli Bangunan

Anda bisa menggunakan jasa konsultasi arsitek, mengenai rencana rumah idaman yang ingin ada bangun bersama pasangan. Bisa juga Anda manfaatkan blog dan wesbite mengenai info desain rumah yang bisa Anda adaptasikan idenya.

Manfaatkan Koneksi

Jika Anda memiliki teman, saudara, atau kerabat yang berprofesi sebagai kontraktor atau sejenisnya manfaatkan kesempatan ini untuk meminta bantuan terkait pembangunan rumah. Kerabat atau teman Anda yang pakar di bidang ini, pastinya akan lebih mudah menganalisis sektor mana saja untuk meminimalisir dana. Namun, tetap untuk mempertahankan kualitas rumah. Sebaiknya segera Anda sewa jasa mereka, agar proses pembangunan rumah bisa berjalan lebih optimal.

Rancang dengan Bentuk Minimalis

Merancang rumah idaman dengan bentuk minimalis, bisa menjadi rujukan untuk membuat rumah. Anda bisa lebih hemat secara proses pembuatan, dengan banyak memanfaatkan ruang. Rumah Anda akan terlihat sederhana, unik, dan tertata rapi.

Bangun Secara Bertahap

Salah satu cara hemat dalam membangun rumah idaman adalah, Anda bisa membangunnya secara bertahap. Caranya bisa dengan bangun dulu pokok bangunan dengan tabungan yang sudah ada. Sewaktu dalam proses menabung lagi, Anda bisa beli bahan-bahan material secara bertahap.

Ruangan Multiguna

Dengan memanfaatkan ruangan yang ada di rumah menjadi ruang multiguna, Anda bisa memaksimalkan rumah menjadi lebih efektif dan bermanfaat. Anda bisa riset ke beberapa pengrajin furnitur untuk bisa merepresentasikan ide Anda. Selain itu, manfaatkan juga situs dan video online mengenai ruang multiguna di rumah.

Riset Bahan

Sebelum beli bahan, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai bahan apa yang kualitasnya baik dengan harga yang terjangkau. Dari mulai kayu, semen, batu, keramik, dan berbagai macam lainnya untuk bisa membuat rumah kokoh dan nyaman. Lakukan riset secara mendalam, bisa jadi beberapa toko bangunan dekat tempat tinggal Anda bisa memberikan diskon.

Beli Bahan Lokal Berkualitas

Ini penting sekali dalam membangun rumah idaman, untuk beli bahan yang berkualitas. Sebaiknya jangan membeli barang atau bahan murah dengan kualitas belum teruji. Ada beberapa contoh bahan lokal Indonesia seperti kayu jati dan mahoni dan beberapa bahan lainnya.

Comments are closed.