Mudahnya Membuat E-Billing Melalui DJP Online

All About Money


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Sekarang, jika Anda ingin melaksanakan kewajiban perpajakan, tidak perlu ribet lagi karena dengan menggunakan DJP Online, semua kewajiban perpajakan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sangat mudah, kan?

DJP Online merupakan sebuah aplikasi pajak berbasis website resmi milik Direktorat Jenderal Pajak. Tujuan mendasar dibuatnya DJP Online, yaitu untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan kewajiban bayar pajak. Jadi, melalui aplikasi ini, seluruh masyarakat Indonesia bisa melaksanakan kewajiban perpajakan dari mana saja, kapan saja, dan tanpa perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak.

Sejak pemerintah meluncurkan aplikasi DJP Online pajak, aplikasi ini yang semula hanya tersedia layanan e-filing atau lapor pajak online, kini telah berkembang dengan menyediakan fitur-fitur pajak lainnya. Tentu saja hal ini dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan segala sesuatu hanya dari komputer/laptop, tanpa harus datang terlebih dahulu ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Fitur DJP Online Pajak

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan di aplikasi DJP Online.
– Mengaktivasi EFIN (Electronic Filing Identification Number).
– Lapor pajak online atau e-filing.
– Mendapatkan ID Billing untuk pembayaran pajak online.
– Membuat e-Bukti Potong atau e-Bupot untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang ditunjuk DJP.
– Mengakses e-Form atau formulir elektronik untuk SPT Tahunan 1771 dan SPT Tahunan 1770.
– Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) atau Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) dapat dipastikan sah.

Ada beberapa situs yang bisa Anda akses dan melakukan registrasi untuk menikmati seluruh layanan DJP Online. Berikut ini situs website resminya.
– Pendaftaran NPWP Online (e-Registration) http://ereg.pajak.go.id/
– Pembayaran pajak online (e-Billing) http://sse.pajak.go.id/
– Pelaporan pajak online (e-Filing) http://efiling.pajak.go.id/
– Pembuatan faktur pajak online (e-Faktur) http://efaktur.pajak.go.id/

Cara membuat e-Billing Pajak Melalui DJP Online

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa e-Billing termasuk ke dalam salah satu fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi DJP Online. Apa itu e-Billing? Untuk Anda yang masih belum familiar, e-Billing adalah sebuah sistem untuk membayar pajak secara online yang kehadirannya tentu memberikan kemudahan untuk masyarakat Indonesia dalam membayar pajak secara lebih simpel dan modern. Jadi, Anda tidak perlu membuat e-Billing secara manual dengan media Surat Setoran Pajak (SPP) lagi, tetapi bisa membayarnya secara online dengan terlebih dahulu membuat kode billing atau ID Billing sebagai portal resmi pembayaran pajak. Berikut ini langkah-langkahnya.

– Pastikan Anda Login terlebih dahulu dengan memasukan nomor NPWP serta password.
– Jangan lupa menuliskan kode autentifikasi yang tertera di dalam kotak.  Kemudian klik tombol lanjut
– Pilih ikon yang bertuliskan Billing System
– Pilih tab yang berwarna hijau dan bertuliskan Isi SSE
– Isi form surat setoran elektronik secara lengkap dan benar
– Pilih jenis pajak yang ingin dibayarkan serta jenis setoran pajak
– Pilih bulan dan tahun masa pajak
– Isikan nominal pajak yang akan disetorkan
– Isi kolom uraian bila ada informasi tambahan yang ingin disampaikan.
– Klik simpan
– Selanjutnya akan muncul dua Kotak dialog konfirmasi.(Pilih Ya untuk kotak dialog pertama dan Pilih Ok untuk kotak dialog kedua)
– Kemudian, akan muncul juga halaman baru dengan 2 tombol perintah. (Kotak hijau, untuk ubah SSP: mengubah data yang sudah dimasukan dan Kotak Ungu, Kode Billing: untuk melanjutkan proses)
– Jika Anda memilih Kode Billing, kotak dialog baru akan muncul sebagai pemberitahuan bahwa kode billing Anda sudah dibuat. Kemudian Klik Ok.
– Kode billing Anda berhasil dibuat
– Jika kode billing sudah berhasil terbuat, laman selanjutnya akan menampilkan informasi Anda serta nomor kode billing dan masa berlakunya.
– Klik kotak cetak kode billing, jika ingin mencetaknya.

Pelaporan Pajak E-Filing

Sama halnya dengan e-Billing, e-Filing juga termasuk ke dalam fitur yang tersedia di DJP Online. Secara umum, e-Filing merupakan sistem pelaporan SPT berbasis online tanpa perlu melalui pihak lain dan biaya apapun. Berikut ini SPT tahunan yang bisa diterima melalui fitur e-Filing di DJP Online.
1. SPT Tahunan PPh wajib pajak orang pribadi Formulir 1770S ini biasanya digunakan wajib pajak orang pribadi yang penghasilannya bersumber dari satu atau lebih (pekerjaan dan usaha), seperti karyawan, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), serta pejabat Negara lainnya, yang memiliki penghasilan lainnya antara lain sewa rumah, honor pembicara/pengajar/pelatih dan sebagainya.

2. SPT Tahunan PPh wajib pajak orang pribadi Formulir 1770SS ini digunakan oleh wajib pajak orang pribadi yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan jumlah penghasilan bruto tidak lebih dari Rp60.000.000,00 setahun (pekerjaan dari satu atau lebih pemberi kerja).

Keuntungan Menggunakan e-Filing

– Melalui e-Filing, penyampaian SPT dapat dilakukan secara cepat, aman, dan kapan saja.
– E-Filing lebih murah karena tidak dikenakan biaya pada saat pelaporan SPT.
– Penghitungan e-filing dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem komputer.
– Kemudahan dalam mengisi SPT karena pengisian dalam bentuk wizard.
– Data yang disampaikan wajib lapor pasti lengkap karena selalu ada validasi pengisian SPT.
– Ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas
– Dokumen pelengkap (fotokopi Formulir 1721 A1/A2 atau bukti potong PPh, SSP Lembar ke-3 PPh Pasal 29, Surat Kuasa Khusus, perhitungan PPh terutang bagi WP Kawin Pisah Harta dan/atau mempunyai NPWP sendiri, fotokopi Bukti Pembayaran Zakat) tidak perlu dikirim lagi kecuali diminta oleh KPP melalui Account Representative (AR).

Comments are closed.