Payroll: Pentingkah Layanan Ini Bagi Perusahaan?

All About Money

Semakin banyak karyawan, tentu semakin banyak yang harus digaji. Apakah layanan payroll bisa membantu?

Payroll sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan pelaku bisnis untuk kepentingan bisnis yang dijalankannya. Keberadaannya bisa memberikan kemudahan bagi CEO maupun tim HRD dalam menentukan besaran gaji buruhnya. Tidak salah bila banyak perusahaan besar yang mempercayakan urusan penggajiannya dengan layanan tersebut.

Perkembangan dunia usaha bisa dikatakan sangat baik. Ini ditandai dengan menjamurnya jenis usaha di sekitar. Munculnya pelaku bisnis ini memungkinkan banyaknya karyawan yang bekerja di bawah naungannya.

Banyaknya karyawan tentu saja akan membuat pebisnis harus menentukan besaran gaji yang diberikan. Keliru menentukan gaji, ketidakpuasan karyawan akan muncul. Akibatnya, banyak karyawan yang pergi dan usaha yang dibangun menjadi tidak sehat.

Untuk itulah diperlukan kejelian dalam memberikan upah bagi karyawan. Bagi Anda yang ingin memberikan gaji secara tepat, layanan payroll bisa dimanfaatkan penuh. Lalu, apa yang yang dimaksud dengan layanan tersebut?

Apa yang Dimaksud dengan Payroll?

Memang sudah seharusnya memberikan kompensasi bagi karyawan atas kinerja yang dilakukannya di perusahaan. Pekerjaan yang digelutinya harus bernilai dan dihargai. Salah satunya dengan memberikan upah yang wajar.

Dalam menentukan upah, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Seorang pengusaha tidak bisa dengan mudahnya memberikan upah sekehendak hati. Meskipun itu merujuk pada ketetapan standar gaji di tingkat provinsi.

Hal ini disebabkan oleh besaran gaji belum tentu bisa memenuhi kebutuhan seseorang di kawasan tertentu. Makanya, banyak perusahaan yang memberikan upah di atas ketetapan yang diputuskan oleh pemerintah.

Acuan yang digunakan untuk menggaji karyawan cukup banyak. Di antaranya adalah lamanya durasi bekerja, potongan (wajib pajak), tunjangan tetap maupun tunjangan tidak tetap, dan lain sebagainya.

Melihat banyaknya komponen yang harus dipertimbangkan, tidak heran bila pengusaha haru memakan banyak waktu untuk memutuskan besaran gaji secara tepat. Kalau ini dikerjakan sendiri, bisnis bisa saja terkendala. Oleh karenanya, Anda butuh yang namanya payroll.

Istilah tersebut dipahami sebagai sistem administrasi untuk menggaji karyawan yang dirancang khusus oleh seuatu perusahaan. Sistem penggajian ini melibatkan banyak faktor. Dengan begitu, gaji yang diberikan tepat waktu dan akurat.

Manfaat Dari Payroll Bagi Perusahaan

Secara umum, manfaat layanan atau aplikasi ini adalah untuk menentukan gaji karyawan dengan tepat dan efisien. Tentunya, layanan ini telah dirancang khusus dengan memasukkan beberapa kriteria penting dalam dunia kerja. Makanya, hasil perhitungannya bisa akurat.

Bagi perusahaan, layanan ini bermanfaat penuh untuk penghematan waktu. Pimpinan perusahaan atau HRD bisa menentukan upah lebih cepat. Setidaknya, HRD tidak perlu menghitungnya secara manual.

Berbeda jika tidak menggunakan layanan ini. Perusahaan butuh waktu yang lama untuk menentukan besaran upah bagi karyawannya. Ini akan membuat pusing. Apalagi jika memiliki karyawan dalam jumlah ribuan.

Faktor Penentu dalam Menentukan Besaran Gaji

Sebagai HRD, kejelian dalam memutuskan besaran gaji sangatlah penting. Melakukan kesalahan kecil akan berakibat fatal. Contohnya adalah munculnya ketidakpuasan karyawan yang menyebabkan karyawan keluar dari perusahaan.

Perlu diingat bahwa penentuan gaji seorang karyawan ini mengacu pada beberapa hal. Ini harus dipertimbangkan dan harus dihitung dengan matang. Anda bisa menggunakan cara manual. Tapi bila ingin lebih efisien, cukup gunakan layanan payroll.

Jumlah Upah Pokok

Nah, faktor penentu besaran gaji yang baik, salah satunya mengacu pada jumlah upah pokoknya. Upah pokok ini merujuk pada jumlah uang yang diberikan sesuai tingkat pekerjaannya. Normalnya, upah pokok ini sekitar 75 persen dari jumlah upah keseluruhan.

Tunjangan Tetap

Faktor kedua adalah tunjangan tetap. Tunjangan ini tidak berkaitan dengan kehadiran maupun prestasi dari seorang karyawan. Tetapi, tunjangan ini diberikan oleh perusahaan sesuai ketentuan secara teratur. Contohnya adalah tunjangan untuk anak dan istri.

Tunjangan Tidak Tetap

Faktor ketiga adalah tunjangan tidak tetap. Perusahaan akan memberikan imbalan pada karyawan tertentu. Biasanya, ini mengacu pada prestasi dari karyawan itu sendiri. Pemberian tunjangan ini dilakukan untuk menjaga sekaligus mensejahterakan bakat-bakat dari karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Metode untuk Mendapatkan Nominal Gaji Seorang Karyawan

Sebenarnya, Anda bisa menghitung gaji karyawan dengan sangat mudah. Layanan payroll adalah salah satu layanan yang bisa mewujudkan keefisienan perhitungan. Dan perusahaan-perusahaan besar sudah menggunakan layanan ini.

Perlu diketahui bahwa sistem perhitungan ini cukup rumit. Bisa jadi perhitungan ini berbeda antara perusahaan A dengan perusahaan B. Banyak faktor yang digunakan sebagai rujukan untuk membulatkan gaji secara keseluruhan.

Sistem penggajian ini harus diperiksa secara berkala. Ini berarti bahwa perusahaan tidak bisa menetapkan gaji yang sama terus-menerus, karena ini bisa memicu ketidakpuasan bagi karyawan.

Butuh pengkajian ulang setiap saat. Perusahaan biasanya akan melakukan perhitungan upah ini setiap minggu, setiap bulan, atau setiap harinya. Tentunya, perhitungan ini dilakukan dengan memperhatikan perkembangan perusahaan sekaligus kebutuhan karyawan setiap harinya.

Komponen Perhitungan Gaji

Kesemua komponen ini sebenarnya sudah bisa dilihat dari layanan payroll. Perusahaan hanya perlu memasukkan informasi penting ke dalam layanan tersebut. Dari sini, perusahaan akan menemukan hasil akhirnya.

Mengenai cara perhitungannya, komponen yang dihitung terbilang banyak. Di antaranya adalah jumlah hari kerja dalam seminggu ditambah total jam kerja dalam sebulan. Komponen ini ditambah lagi dengan tunjangan lembur, dan tunjangan hari raya.

Beberapa perusahaan juga kadang menambahkan tunjangan lain di dalamnya. Kesemuanya harus dihitung dengan teliti. Setelah ditambahkan, maka akan ditemukan hasilnya yang menjadi besaran gaji keseluruhan bagi seluruh karyawan. Kecuali untuk karyawan yang memang mendapatkan tunjangan tidak tetap dikarenakan berprestasi.

Kesimpulannya, layanan tersebut berhubungan dengan sistem penggajian yang akurat bagi karyawan perusahaan di tiap wilayah. Keakuratan penggajian akan membuat karyawan betah di dalam perusahaan. Supaya gaji yang diberikan sesuai kebutuhan harian karyawan, perhitungan melalui payroll bisa dimanfaatkan.

Comments are closed.