Pengertian dan Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

All About Money

Bagi Anda yang belum tahu apa itu Lembaga Keuangan Bukan Bank, fungsi, dan juga jenisnya, berikut ini informasi selengkapnya.

Lembaga Keuangan Bukan Bank atau yang disingkat LKBB adalah semua lembaga/badan yang melakukan aktivitas keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga dan menyalurkan dana tersebut untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan. Pengertian ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-38/MK/IV/1972.

Sama halnya dengan bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank ini juga memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan perekonomian negara Indonesia. Sebab, dengan adanya LKBB ini secara otomatis konsumsi domestik akan bergerak maju dan mendorong lajunya perekonomian Indonesia. Namun, fungsi dan tugasnyalah yang membedakan antara bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank.

Fungsi Utama Lembaga Keuangan Bukan Bank

  • Pemberian Bantuan Modal

Meskipun di bank terdapat program pembelian bantuan modal, tetapi kenyataannya hal itu menjadi salah satu fungsi diadakannya LKBB. Pemberian bantuan modal yang dilakukan oleh LKBB biasanya dalam bentuk kredit, baik untuk jangka panjang ataupun jangka pendek. Dengan adanya LKBB ini, sangat memudahkan masyarakat yang ingin membuka usaha tetapi tidak memiliki modal dan tentunya dengan bunga yang sangat ringan. Meminjam modal di LKBB ini juga menjadi solusi agar Anda tidak terjerat utang yang sangat tinggi dari pihak rentenir.

Baca juga: Bukan Sekadar Angka, Inilah Arti dari Nomor Kartu Kredit

  • Mengumpulkan Dana

Lembaga Keuangan Bukan Bank juga memiliki fungsi sebagai pengumpul dana dari masyarakat dengan mengeluarkan dokumen berharga dan menyalurkannya kembali untuk pembiayaan investasi kepada perseorangan maupun perusahaan yang membutuhkan.

  • Mendorong Pengembangan Perekonomian Pasar Uang dan Pasar Modal

LKBB juga berfungsi sebagai penggerak, penanggung, dan perantara di setiap pengeluaran dan penukaran saham-saham, surat utang, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya.

  • Menjadi Perantara

Berperan menjadi perantara bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia serta menjadi badan hukum pemerintah dalam pengadaan kredit di dalam negeri maupun luar negeri.

  • Mencari Tenaga Ahli

LKBB memiliki fungsi sebagai perantara untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam mendapatkan tenaga ahli di bidang finansial.

  • Membuka Kegiatan Lain

LKBB juga bisa sebagai pelaksana kegiatan usaha lain di bidang keuangan. Namun, sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari menteri keuangan Republik Indonesia.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank yang ada di Indonesia. Nah, agar Anda mengetahui lebih dalam lagi, berikut ini ulasan selengkapnya:

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam merupakan salah satu Lembaga Keuangan Bukan Bank yang menghimpun dana dari setiap anggotanya, kemudian menyalurkannya kembali kepada anggota maupun non-anggota yang sedang membutuhkan dana. Sumber pemasukan koperasi berasal dari anggota dan juga pinjaman dari lembaga keuangan lainnya. Tujuan dibuatnya komperasi simpan pinjam ini, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan juga seluruh masyarakat Indonesia. Sudah ada banyak jenis-jenis koperasi simpan pinjam yang mungkin saja bisa membantu Anda, seperti Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha (KSU), dan Koperasi Pasar. Namun, pastikan koperasi yang Anda pilih di bawah naungan pemerintah.

Baca juga: Ingin Mengajukan Kredit? Pahami BI Checking Terlebih Dahulu!

Pegadaian

Untuk Lembaga Keuangan Bukan Bank yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pegadaian termasuk salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki fungsi sebagai penyaluran kredit kepada masyarakat. Dasar hukum yang digunakan adalah hukum gadai sehingga masyarakat terhindar dari bunga yang terlalu tinggi. Bagi Anda yang pernah melakukan transaksi di pegadaian, pasti sudah tahu mekanismenya. Namun, untuk Anda yang baru akan mengikuti program-program di pegadian, jangan khawatir karena semua prosesnya sangat mudah. Pegadaian bukan hanya tempat untuk mengadaikan barang saja, tetapi ada beberapa produk layanan lain yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  1. Gadai konvensional.
  2. Gadai syariah.
  3. Gadai emas.
  4. Jasa taksiran dan sertifikasi logam mulia.
  5. Jasa penitipan barang berharga.

Perusahaan Dana Pensiun

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) bukan hanya menyediakan produk peminjaman saja, tetapi juga ada lembaga yang menyediakan layanan jaminan hari tua, yaitu Perusahaan Dana Pensiun. Perusahaan Dana Pensiun adalah badan usaha LKBB yang menyediakan layanan jaminan masa tua dengan cara menghimpun dana yang dipotong dari gaji karyawan setiap bulannya. Kemudian dana tersebut akan diserahkan kepada masyarakat tersebut ketika sudah pensiun atau tidak bekerja lagi. Dalam kata lain, cara ini sama saja seperti Anda menabung untuk membiayai kehidupan di masa tua. Perusahaan Dana Pensuin memiliki beberapa jenis berikut ini:

  1. Taspen.
  2. Asabri.
  3. BPJS Ketenagakerjaan.
  4. DPPK (Dana Pensiun Pemberi Kerja).
  5. DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).

Perusahaan Leasing

Nyatanya, perusahaan yang bergabung dalam LKBB itu sangat banyak ya, salah satunya adalah perusahaan leasing atau Multifinance yang memberikan layanan pembiayaan dengan sistem kontrak sewa yang digabungkan dengan pembelian secara angsuran kepada perusahaan maupun perorangan. Adanya perusahaan ini tentu sangat membantu sekali untuk Anda yang ingin memiliki kendaraan bermotor tanpa harus membayar secara tunai. Adapun beberapa perusahaan leasing yang cukup populer di Indonesia di antaranya sebagai berikut.

  1. BCA Finance.
  2. BFI Finance.
  3. Summit Oto Finance.
  4. Indomobil Finance Indonesia.
  5. Astra Credit Companies (ACC).
  6. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.
  7. Federal International Finance (FIF).

Perusahaan Asuransi

Satu lagi Lembaga Keuangan Bukan Bank yang bisa membatu kehidupan Anda, yaitu perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi adalah lembaga yang menghimpun dana dengan cara menarik premi setiap bulannya selama masa kontrak kepada nasabah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak dan sesuai yang tertulis di dalam polis. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk mengendalikan keuangan seseorang tetap terjaga ketika terjadi risiko yang membutuhkan biaya. Adapun beberapa jenis asuransi yang bisa Anda miliki adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi kesehatan.
  2. Asuransi jiwa.
  3. Asuransi pendidikan.
  4. Asuransi kendaraan.
  5. Asuransi kepemilikan rumah dan properti.
  6. Asuransi bisnis.

Itulah informasi seputar Lembaga Keuangan Bukan Bank berserta contoh-contoh lembaganya yang bisa memberikan kemudahan bagi kelangsungan kehidupan Anda. Gunakan lembaga-lembaga tersebut dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Comments are closed.