Penjelasan Seputar Rekening Koran Yuk Cari Tahu!

All About Money

Rupanya rekening koran bukan hanya selembaran kertas yang berisikan aktivitas transaksi saja, tetapi dokumen ini juga memiliki peranan penting dan menjadi bagian persyaratan untuk Anda yang ingin melakukan pengajuan.

Apa itu rekening koran? Rekening koran adalah informasi yang diberikan bank seputar aktivasi atau transaksi yang telah terjadi selama periode tertentu pada rekening bank yang dimiliki. Baik itu individu ataupun perusahaan. Untuk mendapatkan rekening koran ini, si pemegang rekening bisa langsung datang ke bank dan tidak boleh diwakilkan kecuali sudah memiliki surat kuasa dari pemiliknya. Hal ini dikarenakan informasi ini bersifat sangat rahasia. Terlihat biasa saja, rupanya rekening koran memiliki banyak fungsi khususnya untuk Anda atau perusahaan yang sedang melacak transaksi rekening. Nah, supaya lebih jelas lagi, berikut ini beberapa fungsi dan juga manfaat dari rekening koran.

Memberikan Informasi

Ada banyak informasi yang bisa diberikan oleh rekening koran, seperti jumlah saldo awal bulan, mutasi debit, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan. Seluruh aktivitas transaksi yang dilakukan, akan dimuat secara lengkap sesuai dengan tanggal dan jam transaksi termasuk keterangan yang biasanya dicantumkan nasabah saat akan melakukan transfer dana antar rekening. Selain itu, Anda juga akan menerima informasi berupa biaya administrasi hingga bunga yang diperoleh setiap bulannya. Jika informasi yang diberikan sangat jelas, tentu seluruh transaksi dapat diketahui dengan mudah dan terperinci.

Baca juga: Mengenal Lengkap Payment Gateway di Indonesia

Pembuktian Hukum

Tidak menutup kemungkinan bank bisa saja melakukan kesalahan seputar transaksi yang dilakukan oleh para nasabahnya. Nah, dengan adanya rekening koran, semua masalah transaksi bisa terselesaikan dengan tuntas. Bukan hanya itu, masalah hukum mengenai transaksi terjadi juga ketika belanja online. Anda yang sering berbelanja online dan menggunakan metode pembayaran transfer, perlu waspada jika toko online tersebut tidak merasa menerima transfer uang dari Anda. Oleh karena itu, sebelum melakukan komplain, ada baiknya Anda membawa rekening koran yang sudah diminta dari bank tersebut sebagai bukti. Dengan begitu, penipuan yang ingin dilakukan oleh toko online tidak akan terjadi.

Syarat Mengajukan Pinjaman

Rekening koran juga biasanya digunakan sebagai syarat mengajukan pinjeman, baik itu perorangan ataupun perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis dan memerlukan modal tambahan. Biasanya syarat ini diberlakukan bagi mereka yang akan mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Hal ini tentu membutuhkan histori atau riwayat transaksi yang baik sebagai dokumen permohonan pinjaman.

Permohonan Visa

Ada beberapa negara yang mengharuskan wisatawan asing menyertakan visa jika ingin berkunjung ke negara tersebut. Sementara, salah syarat untuk membuat visa Anda harus menyertakan bukti keuangan. Bukti keuangan terdiri dari beberapa dokumen, yaitu SPT PPh 21, Surat Pajak Bumi dan Bangunan, slip gaji atau bukti tunjangan pensiun dan rekening koran aktivitas transaksi selama tiga bulan terakhir. Dokumen ini berfungsi untuk mengetahui kepemilikan dana sebagai jaminan selama tinggal di negara lain dan mencegah hal-hal negatif di kemudian hari.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Keperluan Audit

Untuk fungsi yang berikut ini bisanya lebih dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan. Salah satunya untuk menelusuri transaksi penerimaan atau pembayaran yang mencurigakan. Bukan hanya itu saja, rekening koran juga digunakan sebagai bukti yang sangat kuat bahwa sebuah transaksi benar-benar terjadi sesuai dengan nominal yang tertera padanya.

Baca juga: Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia

Bukti Hukum

Adanya rekening koran juga bisa dijadikan sebagai pembuktian hukum yang sah sehingga melindungi Anda dari kecurangan ataupun penipuan yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang. Contohnya, penipuan dari akun belanja online. Apabila di kemudian hari timbul komplain terkait situs e-commerce atau transfer maka Anda bisa menggunakan rekening koran sebagai bukti yang membantu Anda di pengadilan (jika masalah ini masuk ke ranah hukum).

Cara Mendapatkan Rekening Koran

Untuk mendapatkan rekening koran sebenarnya sangatlah mudah. Anda bisa langsung mengunjungi kantor cabang bank terkait. Perlu diingat, jika tabungan Anda tergolong perorangan, untuk mendapatkan rekening koran harus si pemilik rekening tabungan dan tidak bisa diwakilkan. Boleh saja diwakilkan jika ada surat kuasa yang dibuat secara sadar oleh si pemiliki rekening tabungan tersebut. Hal ini berbeda jika Anda ingin mendapatkan dokumen ini atas nama perusahaan. Biasanya di awal pembukaan rekening bank akan ada penunjukkan pihak-pihak mana saja dari perusahaan yang boleh mengakses rekening bank. Pihak-pihak ini bisa saja bagian keuangan dan pemilik perusahaan. Untuk itu Anda akan dimintai tanda pengenal seperti KTP. Bukan hanya KTP, Anda juga harus membawa buku tabungan dan kartu ATM atau kartu debit. Dalam mencetak dokumen ini ada biaya yang timbul dan dibebankan ke nasabah dengan nominal yang beragam. Biasanya setiap pertiga bulan pihak bank akan mengirimkan Anda rekening koran melalui jasa pos. Oleh karena itu, pastikan alamat yang diberikan ke pihak bank sudah sesuai.

Tertera di Dalam Rekening Koran

Pada dasarnya, rekening koran sebenarnya sama saja dengan buku tabungan. Perbedaannya hanya pada kegunaannya saja. Jika buku tabungan biasanya untuk pihak perorangan sedangkan rekening koran umumnya dipakai oleh pihak perusahaan atau perorangan yang ingin mengajukan sesuatu dan salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah dokumen ini. Rekening koran juga bisa memuat informasi penarikan kas dalam bentuk cek dan bilyet giro. Jadi di dalam rekening koran akan terlihat jelas semua transaksi yang dilakukan oleh rekening tersebut dalam periode tertentu. Bukan hanya itu, dokumen ini mencantumkan tanggal dilakukannya transaksi tersebut, nominal, saldo kas awal, saldo kas berjalan, saldo kas akhir, penarikan, biaya administrasi bank, transfer bahkan transaksi penyimpanan dana.

Comments are closed.