Kiat Sukses Menabung Sebagai Dana Pensiun Dini

All About Money

Meskipun Anda memilih untuk pensiun dini, tetapi bekalnya harus direncanakan mulai saat ini juga. Mengapa demikian? Supaya, ketika pensiun nanti Anda tinggal santai menikmati bekal tersebut yang sudah direncanakan sejak lama.

Bagi sebagian orang, pensiun dini menjadi hal yang telah dicita-citakan sejak pertama kali bekerja. Namun, masih banyak orang yang tidak bisa merealisasikannya dikarenakan beberapa faktor. Misalnya masa kerja yang terbilang sebentar sehingga tidak bisa menyisihkan uang yang begitu besar untuk bekal di masa tua. Menyiapkan bekal untuk dana pensiun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, bagi sebagian orang, masa pensiun bisa dipersiapkan setelah masa tua. Padahal, menyiapkan dana pensiun dini dari sekarang mungkin akan lebih teratur dan terstruktur. Anda tidak akan merasa terburu-buru dalam menyiapkan dana pensiun. Dana pensiun seharusnya dapat menjamin hidup Anda selepas masa produktif. Selain itu, dana pensiun juga diharapkan dapat menjadi sarana penghimpunan dana guna meningkatkan taraf hidup di masa tua, selain dari bisnis dan investasi yang telah Anda miliki selama ini.

Baca juga: Pilihan Investasi Jaminan Hari Tua: Sudahkah Anda Merencanakan?

Tip Cepat Mengumpulkan Dana Pensiun Dini

Apakah Anda berniat menabung untuk dana pensiun? Berikut cara cepat sisihkan gaji sebagai dana pensiun dini!

Sisihkan 5-10 Persen dari Gaji untuk Menabung

Saat menyiapkan dana pensiun dini, agar tidak memberatkan masa tua, Anda perlu menyisihkannya dari gaji. Sisihkanlah 5-10 persen dari gaji, sehingga Anda bisa mengumpulkannya dalam jumlah yang tetap untuk kemudian ditabung. Selain itu, Anda perlu konsisten dan teratur dalam melakukan proses menabung. Saat Anda tidak melakukan hal ini secara teratur, jangan heran jika dana yang terkumpul tidak dapat cepat terkumpul jelas jumlahnya. Anda juga bisa melakukan peningkatan jumlah tabungan secara berkala. Misalnya selama tiga bulan pertama Anda menyisihkan lima persen dari gaji, kemudian di tiga bulan selanjutnya Anda menyisihkan 10 persen dari gaji. Ini tentu akan memberikan manfaat yang lebih di masa mendatang.

Lakukan Penghematan Bulanan

Meskipun Anda menyisihkan gaji sebagai dana pensiun dini, Anda tetap harus melakukan penghematan dalam pengeluaran sehari-hari ataupun bulanan. Dengan teknik ini Anda bisa memiliki dana lebih untuk ditambahkan ke dalam tabungan pensiun. Bahkan, Anda bisa menggunakan kelebihan ini sebagai dana darurat untuk masa depan. Melakukan penghematan ini merupakan salah satu cara efektif dan cepat sisihkan gaji untuk dana pensiun yang telah Anda rencanakan.

Baca juga: Tabungan Emas, Investasi Minim Modal dan Risiko

Buatlah Rekening Khusus Alokasi Gaji untuk Dana Pensiun

Cara cepat sisihkan gaji sebagai dana pensiun dini lainnya adalah membuat rekening khusus dana pensiun. Ini penting. Apabila Anda menabung di rekening yang sama dengan pengeluaran bulanan yang cenderung fluktuatif maka dana tidak bisa diatur dengan baik. Saat Anda membuat rekening khusus, manajemen keuangan Anda akan lebih teratur. Hal paling penting adalah menghindarkan dana pensiun dari kemungkinan terpakai atau terselip sehingga jumlahnya berkurang dari persentase yang telah ditetapkan sebelumnya.

Buatlah Catatan Manual Pemasukan Dana

Mengumpulkan dana pensiun dengan menyisihkan gaji terkadang tidak cukup transparan dan akan membingungkan apabila Anda tidak mengetahui dari mana saja dana pensiun yang Anda kumpulkan berasal. Untuk itu, Anda perlu membuat catatan dan manajemen yang baik. Buatlah catatan setiap bulannya nominal yang Anda sisihkan untuk dana pensiun Anda. Mengumpulkan dana pensiun dini memang alternatif baik, karena akan memberikan manfaat besar di masa depan.

Baca juga: Perbedaan Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Disiplin Saat Melunasi Cicilan dan Hutang

Selain menyisihkan gaji dengan konsisten, Anda juga perlu menerapkan disiplin saat melunasi cicilan dan utang yang Anda miliki. Hal ini wajib dilakukan agar Anda bisa lebih fokus dalam mengumpulkan dana pensiun. Melunasi cicilan dan utang juga dapat mengurangi beban finansial Anda secara signifikan. Apabila cicilan dan utang telah tertutupi dan lunas terbayar, Anda pun akan lebih tenang saat menimbun pundi-pundi uang untuk dana pensiun Anda kelak. Lakukan kelima cara cepat di atas untuk sisihkan gaji sebagai dana pensiun dini Anda kelak. Secara tidak langsung, Anda akan dapatkan keuntungan di masa depan yang akan memudahkan Anda setelah memasuki masa pensiun nanti. Melakukan kelima cara ini membutuhkan kedisiplinan dan manajemen yang baik. Jadi, sudahkah Anda menyisihkan gaji untuk dana pensiun dini Anda? Tunggu apa lagi, segera atur dan tentukan banyak dana yang hendak Anda sisihkan sekarang juga.

Miliki Asuransi Jiwa Sejak Dini

Pada usia lanjut berbagai penyakit mulai menghampiri, bahkan tak menutup kemungkinan adalah penyakit kritis yang bisa saja mengakibatkan cacat tetap total. Menghadapi risiko ini, kita tentu membutuhkan biaya. Dan seringkali biayanya sangat besar. Sedangkan umumnya masyarakat kita tidak punya dana yang memadai. Bahkan tabungan pun sering kali tidak mencukupi. Nah, bila posisinya sekarang rencana Anda dan pasangan adalah menikmati masa tua dengan pension dini, kalau ada apa-apa, apa mau semua tabungan malah habis untuk pengeluaran rumah sakit? Dengan memiliki asuransi sejak muda, Anda akan menerima banyak keuntungan seperti premi asuransi yang Anda bayar akan semakin ringan. Inilah beberapa manfaat lainnya yang akan Anda peroleh jika memiliki asuransi jiwa sejak dini.

Hal Terpenting Anda Memiliki Proteksi diri

Hidup memang selalu punya rahasianya sendiri. Sama seperti musibah atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat. Di saat seperti itulah peran asuransi jiwa dibutuhkan, untuk melindungi keuangan Anda dari segala biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika hal itu terjadi. Bahkan ketika pemilik asuransi yang juga berperan sebagai pencari nafkah mendapatkan penyakit berat yang menyebabkan dirinya tidak mampu lagi bekerja menghidupi keluarga. Asuransi akan membantu Anda mengatasi keuangan Anda yang berubah secara drastis ketika hal-hal tersebut terjadi.

Comments are closed.