Kenali Perbedaan LLG dan RTGS Layanan Transfer Bank

All About Money

Anda masih bingung memilih antara LLG dan RTGS untuk transfer antar bank? Berikut ini perbedaan LLG dan RTGS yang perlu diketahui!

Layanan transfer memang banyak sekali jenisnya, khususnya untuk transfer antar bank yang berbeda. Salah satu layanannya adalah LLG dan RTGS. Apa maksud dari kedua layanan tersebut?

Anda yang kerap berbelanja online ataupun sering melakukan transfer uang, seharusnya sudah tidak asing lagi dengan layanan LLG dan RTGS. Layanan LLG dan RTGS adalah proses pengiriman uang antar bank yang berbeda. Biasanya, layanan ini bisa Anda pilih jika melakukan transfer uang via internet banking.

Nah, bila Anda masih bingung mengenai dua istilah ini, yuk cari tahu bersama!

Apa Itu LLG dan RTGS?

Dalam istilah perbankan, apalagi yang biasa transfer-transfer lewat internet banking, Anda biasa mengenal istilah LLG dan RTGS. Nah, artikel ini akan membahas tentang perbedaan LLG dan RTGS tersebut. Namun, sebelum membahas perbedaan LLG dan RTGS, berikut ini arti dan kepanjangan dari kedua istilah ini.

LLG atau Lalu Lintas Giro adalah mekanisme tranfer antar bank dengan menggunakan fasilitas kliring. Dalam transfer LLG melalui proses kliring, bank akan memeriksa saldo yang akan ditransfer tersebut mencukupi atau tidak. Proses kliring ini memerlukan waktu yang cukup lama, biasanya sekitar 2-3 hari kerja untuk sampai ke rekening tujuan.

Berbeda dengan LLG, RTGS atau Real Time Gross Settlement adalah mekanisme transfer antar bank secara real time, sehingga pengiriman uang Anda akan langsung masuk secara langsung ke dalam rekening penerima. Uang yang ditransfer menggunakan RTGS akan sampai ke rekening tujuan secara real time atau saat itu juga. Namun, real time bukan berarti sampai ke rekening tujuan pada jam dan menit yang sama. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar empat jam.

Perbedaan LLG dan RTGS

Di atas memang sudah dijelaskan secara umum perbedaan LLG dan RTGS. Namun, berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap dari perbedaan kedua layanan tersebut.

Karakteristik

Mekanisme transfer LLG memiliki tiga karakteristik yang membedakan dengan mekanisme transfer sebelumnya. Karakteristik tersebut adalah dana berasal dari pembayaran tunai atau pendebetan rekening, pengiriman hanya dalam bentuk mata uang rupiah, dan batas waktu transfer sesuai dengan jadwal kliring yang ditentukan bank.

Lain halnya di RTGS yang juga memiliki tiga karakteristik yang perlu kita perhatikan. Karakteristik-karakteristik tersebut, yaitu dapat dilakukan di seluruh cabang bank, pengiriman hanya dalam bentuk mata uang rupiah, dan batas waktu transfer sesuai waktu yang ditentukan bank.

Manfaat dari LLG dan RTGS

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika memilih LLG adalah pemindahan dana dengan aman dan mudah, waktu pengiriman relatif cepat tapi lebih lambat dari RTGS, penerima lebih mempercayai pembayaran dengan LLG, dan pada saat transfer, dapat diikutsertakan berita singkat yang perlu untuk kita tulis.

Sedangkan manfaat ketika menggunakan mekanisme RTGS adalah nasabah menjadi lebih mudah ketika melakukan transaksi bisnis khususnya dalam hal transaksi keuangan sehingga kredibilitas nasabah dapat terjamin, hasil transferan (dana tersebut) diterima oleh bank penerima dengan lebih cepat (biasanya hitungan menit), dan tidak perlu membawa uang tunai untuk menyelesaikan bisnis.

Real Time Online (RTO)

Selain dua layanan tersebut, masih ada layanan alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengiriman yang ke beda bank dengan waktu yang sangat cepat layanan ini disebut juga Real Time Online (RTO). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam layanan ini. Seperti setoran tunai langsung ke bank terkait atau menggunakan ATM Bersama. Dibandingkan LLG dan RTGS, RTO lebih membantu Anda untuk melakukan transfer uang dalam waktu yang paling cepat. Untuk lebih jelas lagi, berikut ini ulasannya:

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Setoran Tunai ke Bank Tujuan

Jika Anda ingin pengiriman uang cepat sampai pada tujuan dan memiliki waktu luang yang cukup banyak, tidak ada salahnya untuk menggunakan fasilitas setor tunai ke bank yang dituju. Contohnya, Anda ingin melakukan transfer uang ke bank Mandiri, tetapi Anda tidak memiliki rekening bank Mandiri, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang bank tersebut dan melakukan setoran tunai melalui teller. Selain mudah, proses ini juga sangat menguntungkan, yaitu Anda tidak dikenakan biaya admin sama sekali. Namun, di balik keuntungan, ada kelemahan yang hampir dirasakan semua orang, yaitu mengantre untuk melakukan proses setor tunai.

Transfer Menggunakan ATM Bersama

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bersama merupakan layanan bank yang memungkinkan pemegang kartu ATM dapat memanfaatkan seluruh terminal ATM bank yang tergabung dalam ATM Bersama. Hampir sebagian besar bank di Indonesia sudah bergabung dengan jaringan ATM Bersama. Layanan transfer dana antar bank di ATM Bersama terjadi secara real time online atau dana yang ditransfer saat itu juga bisa digunakan setelah pengirim menerima pemberitahuan transaksi berhasil dari ATM Bersama. Untuk biaya admin, masing-masing bank memiliki kebijakannya masing-masing. Biasanya biaya yang harus ditanggung nasabah kurang lebih sekitar Rp5.000 hingga Rp7.500.

Sekarang wawasan Anda semakin bertambah mengenai jenis-jenis transfer uang yang bisa digunakan, terutama transfer antar bank. Hal ini dikarenakan masing-masing jenis transfer memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri, maka pilihlah sesuai dengan kebutuhan ya!

Anda jadi bisa semakin menghemat waktu dan tenaga untuk bertransaksi. Dari informasi di atas, Anda bisa memilih mana cara yang lebih efektif untuk dilakukan saat bertransaksi. Selalu berhati-hati dengan semua kegiatan finansial Anda ya!

Comments are closed.