Samsat Online Jakarta Bisa Melayani Berbagai Wilayah

All About Money

Cek pajak kendaraan bermotor sekarang tak perlu ribet lagi dengan samsat online, lebih menghemat waktu dan tenaga dan menjadi lebih cepat dan praktis.

Hampir setiap tahunnya para pemilik kendaraan bermotor selalu direpotkan datang ke kantor samsat dengan pengurusann perpanjangan masa berlaku surat tanda nomor kendaraan (STNK). Pasalnya, hal ini ada dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Pasal 16 yang berbunyi: ”Untuk pelayanan atas penerimaan pembayaran pajak STNK dapat dilakukan melalui transaksi elektronik”.

Jadi, sekarang Anda tidak perlu banyak menghabiskan waktu lagi untuk ke datang ke samsat dan mengantri selama berjam-jam untuk membayar pajak tahunan kendaraan. Hal ini juga membuat Anda tidak perlu lagi tergoda oleh bujuk rayu calo yang menawarkan jasa pengurusan pembayaran STNK, dengan bayaran tinggi.

Samsat Online Berdasarkan Wilayah

Dengan adanya sistem perpanjangan di Samsat online, Anda akan lebih banyak terbantu. Sebelum adanya peraturan terkait mengenai pembayaran transaksi elektronik, di tiga wilayah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten telah diberlakukan sistem perpanjangan STNK secara online.

Jadi, bagi Anda yang memiliki KTP Bekasi bisa mengurus pajak STNK di Jakarta. Namun dengan catatan walaupun tidak semua samsat yang ada di Jakarta dapat melayani pengurusan STNK secara online. Berikut ini, wilayah samsat yang dapat diakses secara online.

DKI Jakarta

– Jakarta Pusat
– Jakarta Utara
– Jakarta Barat
– Jakarta Selatan
– JakartA Timur

Wilayah-wilayah tersebut bisa dilayani secara online di Samsat BSD, Samsat Cinere dan Samsat Cikokol.

Banten

– BSD
– Cikokol
– Ciledug
– Balaraja

Untuk wilayah-wilayah di Banten ini bisa diproses secara online di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere.

Jawa Barat

– Depok
– Cinere
– Cikarang

Daerah yang masuk dalam wilayah Jawa Barat in bisa diurus di secara online di Samsat Jakarta Selatang, Samasat BSD, dan Samsat Cikokol

Cek Pajak di Samsat Online

Situs Samsat Online Jakarta

Untuk Samsat online Jakarta Anda bisa mengaksesnya di http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB. kemudian melakukan pengecekan pajak STNK secara online di kantor Samsat dan Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta yang ada di situs tersebut. Perlu diingat jika plat nomor di tengah yang Anda miliki kurang dari 4 angka, maka Anda dapat memasukkan angka 0 di bagian depan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Contoh kasus plat nomor B 789 RFU. Jika dilakukan pengecekan maka Anda harus menambahkan angka 0 seperti B 0123 RFU. Apabila setelah dilakukan pengecekan tidak ada keterangan, maka kemungkinan besar plat nomor tersebut tidak terdaftar di samsat DKI. Jika proses pengecekan berhasil, muncul semua informasi yang berkaitan dengan pajak kendaraan, termasuk kapan jatuh temponya.

Situs Samsat Online di Jawa Barat

Polda Jawa Barat pada tahun 2010 meluncurkan perpanjangan STNK online yang diklaim sudah dapat dilakukan di semua wilayah yang ada di Polda Jawa Barat. Proses mudah dan praktis yaitu secara online dapat diakses di http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/, walaupun untuk proses akhirnya tetap Anda harus datang ke Samsat terdekat.

Sebagai contoh jika Anda tinggal di Bekasi namun STNK nya dari samsat Bandung, maka tidak perlu repot ke Bandung. Anda tinggal mengurus pengesahannya di Bekasi saja.

Samsat Online Polda Jawa Barat buka setiap hari kerja dari pukul 08.00-16.00 WIB.

– Polda Jabar: Seluruh Samsat Polda Jabar
– Wilayah Polda Metro Jaya: Samsat Bekasi dan Samsat Cikarang
– Samsat Jawa Barat
– Samsat Kota Depok

Melalui program ini, maka Anda dapat melakukan pembayaran pajak STNK melalui ATM Bank Dengan syarat, data dari pemilik rekening harus sama dengan data di STNK. Berikut ini beberapa bank yang digandeng oleh Samsat online Jawa Barat yakni Bank BRI BNI BCA Mandiri.

Situs Samsat Online di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki fitur bagus dalam melakukan melakukan pembayaran pajak online, bisa diakses di http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas. Hal ini dikarenakan tidak hanya dapat dibayar melalui Via Bank ATM saja namun juga dapat dibayar di teller Bank dapat diakses melalui mobile banking dan Internet banking.

Situs Samsat Online Jawa Tengah

Demi memmudah dan membuat praktis pembayaran ajak kendaraan, pihak provinsi Jawa Tengan juga menerpakan Samsat Online yang bisa diakses di http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Untuk membayar pajak bisa bisa dilakukan via ATM Bank juga

Situ Samsat Online Wilayah Lainnya

Berikut ini beberapa situs samsat online yang juga bisa Anda akses di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.

– Yogyakarta: http://infonjkbdiy.com/.
– Aceh: http://esamsat.acehprov.go.id/.
– Kepulauan Riau: http://dispenda.kepriprov.go.id/Home/InfoPajak.
– Sulawesi Tengah: http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php.

Pembayaran Pajak Kendaraan di secara online hanya tersedia di beberapa provinsi saja, yaitu:

– DKI Jakarta
– Jawa Timur
– Jawa Tengah
– Jawa Barat
– Aceh

Untuk lebih jelasnya dibawah ini ada tahapan pembayaran STNK melalui Samsat Online

Proses Pembayaran

Untuk yang berikut ini, yaitu proses bayar pajak mobil online melalui internet banking atau ATM maupun M-Banking.

Buka Menu Bayar: Kemudian pilih multi payment, lalu pilih samsat yang terdekat dari tempat tinggal Anda.

Berikutnya masukan kode pembayaran di kolom bawah, yang telah Anda dapatkan dari pendaftaran web samsat online.

Lanjutkan proses pembayaran ini, hingga nantinya ada bukti informasi yang memberitahukan kalau telah menyelesaikan proses pembayaran.

Print Out bukti pembayaran, sebagai tanda bukti sah untuk ditukat dengan nota pajak kendaraan yang baru.

Sebagai catatan Anda mempunyai waktu sampai tujuh hari sejak print out bukti pembayaran selesai. Sangat dianjurkan sekali, dalam melakukan bayar pajak mobil online setelah print out hari itu juga.

Samsat Drive Thru

Untuk model Samsat Drive Thru ini terbilang cukup praktis dan mudah, karena Anda hanya memberikan STNK, BPKB, dan KTP atas nama BPKB saja. Baru kemudian Anda membayarnya Via ATM, teller, atau m-banking di Bank dan urusan bayar pajak sudah selesai.

– Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur
– Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara
– Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan
– Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat

SMS Pemeriksaan STNK

Anda bisa memeriksa keaslian STNK melalui SMS, ini merupakan salah satu bentuk kemudahan juga. Layanan cek STNK melalui pesan singkat ini berkaitan juga dengan keasliannya. Hal ini untuk mencegah jika ada orang yang ingin menjual mobil atau motor, menggunakann STNK palus bisa dicek dulu dataya melalui samsat.

Barikut ini ada beberapa layanan SMS cek STNK yang ada di empat provinsi di Indonesia:

Jawa Timur
SMS : JATIM <spasi> PlatNomorKendaraan
contoh: JATIM L2222DS
Lalu kirim ke 7070

DKI Jakarta
SMS : METRO <spasi> PlatNomorKendaraan
Contoh: METRO B1234PUT
Lalu kirim ke 1717

Jawa Barat
SMS : poldajbr <spasi> PlatNomorKendaraan
contoh: poldajbr D4545JK
Lalu kirim ke 3977

Jawa Tengah
SMS : JATENG <spasi> PlatNomorKendaraan
contoh: JATENG AD4784KD
Lalu kirim ke 9600

DI Yogyakarta
SMS: DIY<spasi>PlatNomorKendaraan
contoh: DIY AB2345UO
Lalu kirim ke 9600

Comments are closed.