Siasati Keuangan Hari Tua dengan Hal Ini!

All About Money


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Keuangan hari tua seringkali menjadi nomor urut ke sekian bagi orang-orang berusia produktif. Padahal, jika tidak dipersiapkan dengan baik, risiko hari tua yang tak mapan sangatlah besar. Jadi, sudah seharusnya kita memikirkan dana yang akan kita gunakan di hari tua nanti dari sekarang.

Masa produktif adalah waktu yang paling tepat untuk memikirkan karier dan masa depan. Masa depan yang dimaksud adalah masa setelah pensiun sesudah tidak produktif lagi. Mungkin sebagian besar orang berpikir terlalu dini untuk memikirkan hal ini. Tapi, nyatanya hal ini sangatlah penting, terlebih di saat seseorang tak lagi memiliki penghasilan seperti dulu.

Persiapan pensiun tidak bisa dipersiapkan hanya dalam waktu 1-2 tahun. Normalnya, usia pensiun adalah 55 tahun. Sedangkan, harapan hidup berjalan hingga usia 70 tahun. Nah, di rentan waktu antara usia 55 hingga 70 tahun tersebut, tentu kita membutuhkan biaya untuk kelangsungan hidup, bukan?

Itulah alasannya mengapa kita perlu menyiapkan keuangan hari tua sejak dini, sejak usia produktif. Bentuknya pun beragam, mulai dari tabungan hingga berbagai varian investasi. Tentu, untuk mewujudkan hal tersebut, ada hal-hal yang perlu dipikirkan, diperhitungkan, dan dilakukan sejak saat ini.

Maka dari itu, yuk simak persiapan keuangan hari tua yang baik di bawah ini!

Menabung dari Sekarang

Setiap orang pasti memiliki rekening untuk menyimpan uang penghasilannya. Tapi, tak jarang simpanan ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari saja. Padahal, melalui simpanan tersebut, kita bisa menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk persiapan keuangan hari tua yang mapan.

Tak perlu berlebihan, jika kebutuhan kita sangat besar saat ini, sisihkan saja kurang lebih 10 persen dari penghasilan kita untuk dana hari tua kita nanti. Tidak sulit dan sangat mudah, kan?

Buat Perhitungan Keuangan Hari Tua

Dengan membuat perhitungan yang baik, tentu dana yang disisihkan untuk keuangan hari tua akan semakin jelas jumlahnya. Perhitungan ini pada dasarnya mengharuskan kita membuat data terperinci perihal pengeluaran harian, bulanan, bahkan tahunan.

Jika sudah diklasifikasikan dengan baik, kita akan dengan mudah mengatur pengeluaran mana saja yang seharusnya bisa ditekan, dan kelebihan dana dari pengeluaran tersebut bisa dimasukkan dalam pos keuangan hari tua kita. Tak perlu bingung, karena saat ini sangat banyak media untuk menghitung dan menyiapkan keuangan hari tua yang tentunya memudahkan kita mempersiapkannya sejak sekarang ini.

Lakukan Penghematan

Tak bisa dipungkiri, di usia produktif seperti saat ini, banyak hal yang ingin kita lakukan dan dapatkan dengan penghasilan yang kita punya. Tapi, jika kita lebih visioner, tentu hidup yang akan kita lalui bukan hanya di masa produktif ini saja, masih ada masa tua yang harus siap kita hadapi.

Jadi, langkah efektif yang harus kita lakukan adalah lakukan penghematan dari sekarang. Kesampingkan dulu ego untuk membeli barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan dengan tujuan memiliki keuangan hari tua yang aman dan mapan. Sebab apa yang akan kita hadapi di usia tua akan jauh lebih kompleks daripada saat produktif ini di mana kita masih memiliki penghasilan.

Berinvestasilah untuk Kestabilan Keuangan Hari Tua

Tidak ada hal yang lebih memberikan rasa aman untuk masa tua selain investasi. Ya, investasi dalam bentuk apa pun, tanah, emas, atau asuransi, sangatlah penting untuk menjamin keuangan hari tua yang mapan. Jadi, selagi kita memiliki penghasilan, sangatlah baik jika kita menginvestasikan sebagian dari uang yang kita punya saat ini.

Mungkin akan terasa sedikit memberatkan saat ini. Tapi, hasilnya akan sangat sebanding dengan apa yang Anda miliki di masa tua mendatang. Jadi, lebih baik agak berat saat ini tapi bahagia di hari tua nanti.

Melihat betapa pentingnya keuangan di hari tua, rasanya menerapkan poin-poin di atas adalah perlu adanya. Bayangkan jika kita memiliki keuangan hari tua yang mapan, kita tak perlu merepotkan anak dan cucu kita, justru dapat menikmati hidup dengan maksimal, kan?

Comments are closed.