Segala Hal Seputar SMS Banking BRI yang Perlu Anda Ketahui

All About Money

Kehadiran m-Banking BRI seringkali membuat orang menganggap bahwa SMS Banking BRI tidak lagi diperlukan. Padahal, untuk transaksi, fungsinya terbilang sama.

Berkembangnya dunia teknologi memang berdampak besar dan positif bagi seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali bagi dunia perbankan. Bayangkan saja, jika dulu kita ingin bertransaksi, kita harus pergi ke ATM terlebih dulu. Sekarang, semua bisa dilakukan hanya melalui layar handphone saja.

Hadirnya m-Banking dan SMS Banking dinilai sebagai sebuah kemudahan bagi para nasabahnya. Mereka dapat bertransaksi dengan mudah tentunya dengan tingkat keamanan dan privasi yang tinggi. Salah satu bank yang sudah menerapkan hal ini tak lain adalah Bank BRI. Bank pemerintah satu ini memang dikenal sebagai salah satu bank yang sangat cepat dalam mengadaptasi perkembangan teknologi di dunia perbankan.

Jika sebagian besar orang sudah sangat paham menggunakan m-Banking BRI, hal ini tentu berbanding lurus dengan SMS Banking BRI. Bahkan, bisa dibilang, SMS Banking memiliki prosedur yang lebih sederhana dan mudah.

Jadi, bagi Anda yang berpikir bahwa SMS Banking sudah tidak zaman, rasanya Anda harus berpikir ulang karena fungsi yang ada pada m-Banking khususnya dalam hal transaksi juga dapat dilakukan melalui SMS Banking. Untuk mengetahui lebih dalam seputar SMS Banking BRI, mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: BNI Internet Banking: Manfaat dan Kelebihan Dalam Bertransaksi

Proses Pendaftaran SMS Banking BRI

Proses pendaftaran SMS Banking BRI dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mendaftar di Unit Kerja BRI atau melalui ATM BRI. Berikut ini prosesnya:

Pendaftaran Melalui Unit Kerja BRI

Registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (kantor cabang, KCP, KK, dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang bersifat finansial, seperti transfer antar rekening, pembelian pulsa, dan lain-lain. Cukup isi formulir aplikasi permohonan registrasi SMS Banking dan melampiri fotokopi KTP yang masih berlaku, serta fotokopi kartu ATM BRI.

Pendaftaran Melalui ATM

Mendaftar SMS Banking BRI melalui mesin ATM sangat mudah dan praktis:

  1. Masukan ATM ke mesin ATM diikuti PIN ATM Anda.
  2. Selanjutnya akan muncul menu utama pilih menu Transaksi Lain.
  3. Kemudian pilih menu Registrasi.
  4. Akan muncul menu SMS Banking, pilih menu tersebut.
  5. Anda akan diarahkan untuk membuat PIN sebanyak 6 digit. PIN tersebut boleh berbeda dengan PIN ATM.
  6. Pilih PIN yang mudah dihafal (sebaiknya hindari penggunaan tanggal lahir dan sejenisnya karena mudah ditebak).
  7. Setelah selesai, akan keluar struk berisi informasi bahwa Anda berhasil mendaftar.

Jika ada kendala, Anda bisa menghubungi call center BRI.

Layanan dan Keunggulan SMS Banking BRI

Dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya, BRI memberikan dua jenis layanan, yaitu:

  1. Layanan BRI berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
  2. Layanan plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.

Baca juga: Apa Arti dan Manfaat VPN Tarumanegara?

Jenis Layanan yang Bisa Dilakukan Melalui SMS Banking BRI

Sebagai nasabah, Anda bisa mendapatkan fasilitas berikut ini setelah mengaktifkan SMS Banking BRI, di antaranya:

  1. Fasilitas layanan informasi saldo dan SMS info.
  2. Layanan pembayaran tagihan PLN, Telkom, Kartu Halo, Matrix, Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, Pembayaran DPLK, Pembayaran Zakat YBM BRI, Pembayaran Infaq YBM BRI, dan Pembayaran Tagihan Citibank.
  3. Juga layanan transfer sesama BRI maupun rekening tujuan transfer bank lain, transfer antar rekening BRI, dan transfer antar bank. SMS prepaid dan pembelian pulsa isi ulang (Simpati/AS, Mentari, XL, IM3, SMART, Axis).
  4. Transfer ke Sesama Rekening BRI: TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN Contoh: TRANSFER BRI123451234567890 500000 123456.
  5. Transfer ke Bank Lain: TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN Contoh: TRANSFER 008987654321 5000000 123456.
  6. Cara Cek Saldo SMS Banking BRI: SALDO <spasi> PIN Contoh: SALDO 123456.
  7. Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI: BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN Contoh: BELI PLNPRE 0140087654321 200000 123456.
  8. Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa: PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN Contoh: PULSA 08123456789 100 123456 (untuk Rp100.000).

Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking BRI

Kelebihan

  1. Dengan menggunakan sms banking, nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan mudah dan praktis di mana pun ia berada.
  2. Jika dilihat dari sisi keamanan, transaksi keuangan menggunakan sms banking lebih terjaga karena data-data bisa dengan mudah dihapus. Selain itu, transaksi ini bebas gangguan eksternal seperti mati listrik dan koneksi internet.

Kekurangan

  1. Kurang fleksibel akibat terbatasnya pengelolaan transaksi keuangan sehingga tak bisa membuat transaksi keuangan yang banyak dalam satu waktu sekaligus.
  2. Relatif sedikit lebih mahal saat pemakaian sms banking karena terkadang ada tambahan biaya administrasi lainnya untuk transaksi-transaksi tertentu. Pengenaan tarif biasanya sekitar Rp500,-

Baca juga: Klik BCA, Memudahkan Anda Bertransaksi!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Risiko Menggunakan SMS Banking BRI

Risiko penyadapan dan data terekam dari SMS Banking cukup membuat penggguna was-was. Misalnya saja PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih tersimpan dalam kotak keluar SMS atau SMS outbox. Sehingga apabila ada orang yang meminjam handphone Anda, bisa menemukan atau melihat PIN yang sudah pernah digunakan tersebut. Bayangkan saja seandainya handphone Anda hilang dan masih ada history send message-nya, maka PIN SMS Banking milik Anda juga bisa diketahui oleh orang lain.

Kecanggihan teknologi membuat beberapa operator mempunyai metode yang bisa digunakan untuk menyadap SMS, misalnya adanya fasilitas forward dan copy SMS. Fitur ini memberi kemudahan bagi setiap orang melakukan pengiriman SMS maka pesan yang dikirimkan juga akan dikirimkan pada nomor orang lain.

Selain itu sebenarnya ada pengalaman dari beberapa pengguna yang sedikit mengkhawatirkan, yaitu saat kita menggunakan SMS banking dan ternyata tidak adanya respons sama sekali ketika kita memberikan perintah SMS Banking. Beberapa pengguna merasa cukup sering mengalami situasi yang digambarkan tersebut. Karena, biasanya ada dua kemungkinan ketika hal tersebut terjadi, transaksi berhasil atau gagal. Untuk tahu transaksi tersebut gagal atau berhasil, Anda harus menghubungi call center bank terkait.

Namun masalahnya, biasanya pengguna SMS banking malah menggunakan asumsi. Terkadang, mereka akan saja mengulang transaksi meski belum tahu transaksi berhasil atau tidak. Padahal itu akan memberikan risiko terjadi dobel bayar? Nah, di sini letak masalah terbesar itu muncul.

Terakhir, ada lagi sedikit hal yang membuat transaski SMS banking dianggap kurang praktis, yaitu ketika nasabah harus menghafalkan setiap kode yang dibutuhkan untuk melakukan masing-masing transaksi. Di mana, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kode yang berbeda. Oleh karena itu jika nasabah lupa nomor kode yang dibutuhkan, ia tak akan bisa melakukan transaksi. Kini, kita semua sudah tahu meski kehadiran m-Banking sangat membantu, SMS Banking BRI pun tidak bisa dibilang tertinggal. Sekali lagi, pahami kelebihan dan kekurangannya agar tidak menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Comments are closed.