Masalah keuangan keluarga memang tidak dapat dihindari, lantaran setiap keluarga pasti akan mengalaminya. Oleh karena itu, jangan membiarkan masalah ini terus menurus mengganggu dalam kehidupan rumah tangga Anda

Sekarang-sekarang ini mengatur keuangan sudah menjadi hal yang harus untuk dilakukan bagi seluruh masyarakat, termasuk dalam urusan berkeluarga. Setiap keluarga harus pandai mengatur keuangan supaya kebutuhan hidup mereka dapat terpenuhi dengan baik dan terhindar dari masalah keuangan.

Seluruh jerih payah yang sudah didapatkan oleh suami ataupun istri merupakan pendapatan bersama ketika sudah berkeluarga. Sama halnya dengan masalah yang sedang dihadapi, keduanya pun harus menyelesaikan permasalahan itu bersama-sama. Masalah yang sering dihadapi oleh pasangan, yaitu hal-hal yang ada kaitannya dengan finansial. Masalah keuangan keluarga yang muncul seringkali mengundang emosional sehingga terjadi perbedabat hebat. Jika Anda sedang mengalami masalah keuangan, berikut ini ada beberapa sumber masalah keuangan keluarga beserta solusi cerdasnya yang akan Futuready berikan untuk Anda.

Pengeluaran yang Lebih Besar dari Pendapatan

Sumber masalah keuangan keluarga yang pertama ialah pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan. Bagi beberapa keluarga masalah ini yang paling sulit untuk dihindari. Terkadang kebutuhan atau keperluan kita lebih banyak dari kemampuan kita untuk memenuhinya. Kalau sudah begini sulit bagi keluarga dalam menyisihkan uangnya untuk keperluan masa depan. Hal ini wajib untuk dihindari karena merugikan banget untuk rencana masa depan dari keluarga itu sendiri.

Salah satu solusinya Anda harus mampu mengatur rencana keuangan keluarga. Anda harus membuat rencana keuangan yang realistis, susun kebutuhan berdasarkan prioritas untuk menghindari hal–hal yang sifatnya mubazir. Tekankan pada keluarga sendiri untuk membeli hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai keinginan, dan Anda pun harus patuh dengan rencana keuangan yang dibuat bersama untuk keluarga.

Baca Juga: Belajar Mengelola Keuangan Keluarga Mulai dar 5 Hal Ini

Memiliki Utang

Utang, satu kata yang dijauhi oleh hampir seluruh keluarga dan ini menjadi sumber masalah keuangan keluarga yang paling pokok. Berutang adalah hal baik, namun jika Anda memiliki utang berlebih, itu baru menjadi hal yang buruk dan harus dihindari dalam keluarga. Sifat konsumtif di era yang sudah maju ini memang sulit untuk dihindari, pembelian konsumtif dengan kredi tpun menjadi kegemaran tersendiri bagi sebagian keluarga, dan ini bukanlah hal yang baik.

Salah satu solusinya ialah hindari utang konsumtif, berutanglah jika sifatnya adalah mendesak. Tanamkan sifat untuk selalu menggunakan uang tunai dalam menjalankan setiap transaksi yang keluarga Anda lakukan. Selain dapat menghindari dari utang, Anda juga bisa lebih berhemat. Itulah beberapa problema umum yang dihadapi keluarga-keluarga masa kini, budayakanlah berhemat demi masa depan keluarga yang lebih baik.

Baca Juga: Bagaimana Melunasi Utang Saya?

Tidak Ada Pendapatan

Untuk masalah keuangan, jangan samakan ketika Anda masih single dengan sudah memiliki keluarga seperti ini. Mungkin dulu, Anda tidak begitu memikirkan jika tidak ada pendapatan, karena masih bisa minta kepada orangtua. Hal tersebut berbeda ketika sudah memiliki keluarga karena sekarang Anda tidak hanya menghidupi diri sendiri, tetapi sudah ada pasangan dan bahkan ada anak. Hal ini merupakan salah satu sumber masalah keuangan keluarga yang harus secepatnya diselesaikan. Memang, pada hakikatnya suami adalah tulang punggung keluarga. Namun, tidak ada salahnya ketika suami tidak sedang bekerja, Anda juga bisa berusaha mencari pekerjaan untuk menghidupi keluarga kecil. Bagaimanapun, Anda dan suami menjadi satu keluarga yang harus saling melengkapi, jika salah satu di antara Anda sedang tidak bisa melakukan suatu hal.

Daripada sudah kerja keras tapi uang Anda habis untuk membayar rumah sakit atau hal tak terduga lainnya, lindungi penghasilan Anda dengan memiliki asuransi premi murah di Futuready!

masalah keuangan keluarga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *