Tabungan Emas: Apakah Menguntungkan?

All About Money

Tabungan emas masih banyak diminati karena dipercaya bisa memberikan banyak keuntungan. Benarkah?

Siapa yang tidak mengetahui benda yang satu ini? Benda yang memiliki nilai jual tinggi ini masih sangat dicari oleh masyarakat. Emas adalah logam mulia yang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai mempercantik atau memperindah penampilan, rupanya emas juga dipilih sebagai salah satu cara untuk beinvestasi. Mengapa demikian?

Seperti yang sudah dijelaskan, emas memiliki harga yang stabil bahkan cenderung selalu meningkat setiap tahunnya sehingga sangat menguntungkan, menjadi alasan utama masyarakat memilih investasi emas.

Ada beberapa jenis dari investasi emas yang bisa Anda pilih dan salah satunya adalah tabungan emas. Tabungan emas tampaknya masih menjadi investasi favorit masyarakat Indonesia sampai sekarang. Pasalnya, investasi ini bisa dilakukan dalam jangka panjang ataupun pendek.

Baca juga: Deposito Atau Tabungan, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Dalam jangka waktu apa pun, investasi ini tetap saja menguntungkan. Hanya saja yang membedakan nominal keuntungan yang didapat. Semakin banyak dan semakin lama Anda berinvestasi, tentu semakin banyak juga pundi-pundi keuntungan yang didapatkan. Nah, agar lebih jelas lagi, apa saja keuntungan yang Anda dapatkan dari tabungan emas ini, berikut ini ulasan selengkapnya.

Tabungan Emas Memiliki Nilai Jual

Emas merupakan salah satu benda yang memiliki nilai jual sehingga banyak yang memilih untuk membeli benda ini sebagai tempat berinvestasi. Harga emas memang cukup mahal tetapi Anda tidak perlu takut akan kerugian karena  benda ini dapat dijual kembali kapan pun yang Anda inginkan. Nilai jualnya pun tidak menentu bahkan cenderung jauh lebih mahal dibandingkan harga ketika Anda membeli. Jadi, dari hal ini saja sudah jelaskan bahwa berinvestasi emas akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Tabungan Emas Mudah Dilakukan

Tabungan emas termasuk salah satu investasi yang sangat mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan semua orang bisa melakukan investasi tersebut tanpa harus memiliki kemahiran tertentu. Selain itu, tabungan emas bisa dilakukan sendiri dengan membeli langsung ke tempat yang dipercaya atau mengikuti program tabungan emas yang diselenggarakan di Pegadaian.

Mudah Mencairkan Tabungan Emas

Emas termasuk benda yang selalu laris manis di pasaran. Jadi, Anda tidak perlu merasa takut kesulitan menjual emas tersebut jika Anda sedang membutuhkan dana dan ingin mencairkan sebagain emas yang Anda miliki. Sama seperti membeli, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menjual emas, seperti Pegadaian ataupun toko emas yang memang terpercaya.

Baca juga: Kenali Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Rupanya tabungan emas ini menarik perhatian anak muda yang sudah memiliki penghasilan. Mereka sengaja menginvestasikan sebagian gajinya untuk bekal di masa depan, seperti membeli rumah, biaya pernikahan, berangkat haji, dan masih banyak lagi.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Keuntungan Tabungan Emas untuk Anak Muda

Nah, untuk Anda para generasi muda yang masih bingung memilih jenis investasi, tabungan emas bisa menjadi alternaif terbaik karena memiliki banyak manfaatnya seperti berikut ini:

  1. Melakukan tabungan emas ini tidak perlu modal yang besar. Jika Anda memiliki dana terbatas, masih bisa melakukan investasi ini dengan cara menabung sedikit demi sedikit. Misalnya, Anda bisa membeli emas mulai dari satu gram, kemudia bulan depan satu gram lagi, dan seterusnya.
  2. Harga emas yang stabil dan selalu meningkat setiap tahunnya tentu sangat menguntungkan dan menjadi langkah tepat sebagai modal kehidupan di masa depan yang mencukupi. Jadi, yuk menabung emas sejak usia Anda masih muda ya.
  3. Jika Anda tidak memiliki keberanian untuk menyimpan sendiri emas tersebut, sudah ada beberapa lembaga pemerintah yang bersedia dititipkan emas dengan aman dan harga yang sangat terjangkau. Tentu cocok sekali untuk kantong anak muda.
  4. Tabungan emas tidak memiliki syarat yang rumit seperti jenis investasi lainnya dan pastinya sangat mudah dilakukan oleh anak muda.

Keuntungan Tabungan Emas di Pegadaian

Jika Anda menyimak dari ulasan di atas, sudah disebutkan bahwa Pagadaian merupakan lembaga pemerintah yang membuka program tabungan emas ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang memilih untuk mengikuti program tabungan emas di Pagadaian daripada haru melakukannya sendiri. Sebab, mengikuti tabungan emas di Pagadaian memiliki banyak keuntungannya sebagai berikut ini.

Mendapatkan Harga Terjangkau

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan jika menabung emas di Pagadaian adalah mendapatkan harga emas yang terjangkau. Jadi, meskipun Anda memiliki uang pas-pasan tetap bisa berinvestasi emas karena Pegadaian menarima tabungan emas mulai dari Rp50.000,00. Di mana setiap Anda setor tunai maka langsung terkonversi ke dalam bentuk gram di dalam buku rekening.

Bisa Memilih Emas Bersertifikasi

Emas yang dijual oleh Pagadaian semuanya sudah bersertifikat jadi sangat aman untuk orang awam yang merasa kesulitan untuk membedakan emas asli dan palsu.

Mudah dan Cepat Dicairkan

Tabungan emas di Pegadaian bersifat likuid artinya sangat mudah dicairkan dan digunakan ketika Anda membutuhkan. Jadi, jika Anda sudah mendapatkan emas secara fisik yang artinya tabungan Anda sudah mencukupi untuk mendapatkan emas tersebut, Anda bisa langsung menjual atau mengadaikan di Pegadaian. Jadi, tidak perlu repot-repot ke tempat lain, kan?

Lebih Aman

Berivestasi emas memang dibutuhkan tempat yang aman untuk menyimpannya. Jika Anda sudah memiliki emas dalam bentuk fisik dan merasa takut untuk menyimpannya sendiri, Anda bisa menitipkannya ke Pegadaian dan emas Anda dijamin aman. Namun, ada biaya penitipannya ya, tetapi Anda tidak perlu takut karena biaya penitipannya sangat terjangkau, yaitu kisaran Rp30.000,00 untuk 12 bulan.

Kemudahan Transaksi

Pegadaian menjamin bahwa Anda akan mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi. Kemudahannya adalah Anda tidak perlu datang langsung untuk menabung emas karena bisa dilakukan dengan cara transfer bank. Top up saldo tabungan emas dapat dilakukan melalui ATM ataupun secara online melalui channel perbankan sehingga tidak perlu repot membuang tenaga dan waktu untuk antre.

Bebas Pajak dan Aturan

Keuntungan lainnya yang Anda dapatkan adalah tabungan emas di Pegadaian tidak ada nominal pajak yang akan dibebankan kepada Anda sebagai pemilik. Sebanyak dan seberat apa pun emas yang Anda punya, tidak akan ada pajak maupun peraturan (undang-undang) yang mengikat Anda. Hal ini tentulah berbeda dengan jenis investasi lainnya.

Comments are closed.