Tabungan Emas, Investasi Minim Modal dan Risiko

All About Money

Investasi merupakan langkah ampuh untuk menjamin finansial di masa mendatang. Namun, tak melulu bermodal dan berisiko besar, tabungan emas hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan modal dan risiko yang kecil.

Setiap orang pasti menginginkan finansial yang baik di masa mendatang. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, perlu langkah konkret yang harus ditempuh. Sejatinya, banyak cara untuk meningkatkan nilai finansial, salah satu yang paling gencar dilakukan saat ini adalah investasi.

Investasi sendiri memiliki banyak jenis, beberapa di antaranya berbentuk properti, saham, deposito, dan lainnya. Namun, investasi pada jenis tersebut membutuhkan modal yang tidak sedikit serta memiliki risiko yang besar. Investasi model tersebut biasanya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dan memiliki finansial yang baik atau mapan.

Seperti yang kita tahu, harga tanah dan rumah sangatlah tinggi. Kita juga mungkin sepakat bahwa berinvestasi dengan bermain saham dan deposito risikonya sangat besar. Jika tak mengerti caranya, bukannya menguntungkan, justru saham dan deposito menjadi defisit.

Baca juga: Mau Menjadi Salah Satu Pengusaha Sukses Indonesia? Begini Caranya!

Lalu, adakah investasi yang dapat dilakukan dengan modal yang tidak besar dan risiko yang kecil? Tentu ada, tabungan emas namanya. Memang, produk ini tidaklah seterkenal jenis investasi lainnya. Namun, bagi para pemula yang ingin mencoba berinvestasi, jenis investasi ini adalah pilihan terbaik.

Seperti yang disebutkan di atas, tabungan emas merupakan jenis investasi yang dapat dilakukan dengan modal serta risiko yang kecil. Tentu Anda pun tahu, bahwa harga emas hampir tak pernah mengalami penuruan, justru meningkat setiap tahunnya. Meskipun tak sebesar investasi lainnya, keuntungan yang didapat dari tabungan emas terbilang baik. Semakin banyak saldo, semakin besar pula keuntungan yang didapat.

Tabungan emas sangatlah cocok untuk Anda yang baru ingin memulai berinvestasi. Bayangkan saja, investasi satu ini sudah bisa dilakukan hanya dengan modal kurang lebih Rp6 ribu saja! Pastinya angka tersebut tak akan berat dan mengganggu finansial Anda, kan?

Baca juga: Penjelasan Seputar Rekening Koran Yuk Cari Tahu!

Keunggulan Tabungan Emas

Mari kita lihat keunggulan dari produk ini dibandingkan dengan jenis investasi lainnya di bawah ini!

  1. Pembelian emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp6 ribu atau setara emas seberat 0,01 gram.
  2. Alternatif investasi yang aman untuk menjaga kestabilan finansial dan aset.
  3. Jika butuh dana darurat, tabungan emas sangatlah mudah dan cepat dapat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana Anda.
  4. Tidak akan memberikan emas yang tak jelas asal usulnya, justru Anda akan mendapatkan emas yang memiliki sertifikat. Hal ini sangatlah penting dalam proses jual beli jika suatu saat Anda ingin membeli atau menjual emas.
  5. Menjamin keamanan untuk Anda. Sebab, Anda tak perlu menyimpan emas di rumah yang notabene berisiko tinggi hilang atau dicuri. Setiap pialang investasi yang menawarkan tabungan emas menyediakan tempat untuk menyimpan emas Anda. Jadi, emas yang Anda miliki sangatlah aman dan dapat diklaim jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.
  6. Transaksi tabungan emas sangatlah mudah. Anda tidak perlu datang langsung untuk menabung emas, cukup melalui transfer bank saja. Bahkan, transaksinya bisa dilakukan melalui mobile banking. Jadi, Anda bisa bertransaksi di mana dan kapan saja cukup melalui smartphone
  7. Tabungan emas tidak terkena pajak dan aturan. Sebanyak apa pun emas yang Anda punya, tidak ada pajak maupun peraturan atau undang-undang yang mengikat Anda. Hal ini tentu sangatlah menguntungkan dan praktis, berbeda jika Anda berinvestasi dalam bentuk yang lain, terlebih dalam bentuk uang tunai di bank.

Syarat Membuka Tabungan Emas

Jika Anda tertarik untuk membuka tabungan emas, ada syarat yang harus kita patuhi dan lengkapi sebelumnya. Syarat tersebut tidaklah repot. Syarat yang dibutuhkan untuk membuka tabungan emas antara lain:

  1. Membuka rekening Tabungan Emas dengan melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Paspor) yang masih berlaku. (Baca juga: Deposito Atau Tabungan, Mana Yang Lebih Menguntungkan?)
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp5 ribu dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30 ribu.
  3. Proses pembelian emas dapat dilakukan dari berat terkecil, yaitu 0,01 gram yang senilai dengan kurang lebih Rp6 ribu. Nah, jika Anda ingin membeli dengan jumlah yang lebih besar, tinggal hitung saja jumlah berat emas yang ingin Anda beli dengan harga yang berlaku.
  4. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali dengan minimal penjualan 1 gram.
  5. Apabila Anda ingin memiliki emas dalam bentuk fisik, Anda dapat melakukan pemesanan untuk cetak emas dengan pilihan keping atau batang dengan minimal berat 5 gram. Hal ini membutuhkan biaya, tapi biayanya tidaklah besar. Semakin berat emas yang ingin dicetak, semakin murah pula biaya cetaknya.
  6. Minimal saldo rekening tabungan emas adalah seberat 0,1 gram.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Cara Berinvestasi Tabungan Emas

Perlu Anda ketahui, cara berinvestasinya pun terbilang mudah, yaitu:

  1. Lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas yang terbaru. Anda tak perlu datang langsung ke toko emas, cukup dengan mengunjungi situs resmi PT Antam di www.logammulia.com. Harga emas di situs tersebut akan menjadi bahan acuan Anda.
  2. Sesuaikan terlebih dahulu dana yang dimiliki dengan berat emas yang akan dibeli. Sebaiknya, beli emas dalam jumlah yang cukup besar di awal, misal 5 gram atau 10 gram.
  3. Persiapkan syarat-syarat yang sudah disebutkan di atas. Sesudah melengkapi segala persyaratan, langkah berikutnya mengisi lembaran formulir aplikasi untuk program investasi emas ini. Setelah semuanya selesai, Anda diminta untuk mengisi formulir serta membayar DP sebesar 20 atau 30 persen dari harga normal emas yang ingin Anda beli. Isilah data dengan baik dan benar untuk menghindari kesalahan data.
  4. Setelah mengisi formulir dan membayar DP, Anda harus membayar biaya administrasi. Biaya tersebut berbeda-beda, tergantung dari pialang investasi masing-masing.
  5. Anda dapat membeli emas dalam bentuk cicilan atau lunas. Jika cicilan, pilih jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan Anda. Tentu, semakin cepat masa cicilan, semakin sedikit pula bunga yang Anda bayarkan..

Kehadiran tabungan emas menjadi jalan bagi Anda sebagai pemula yang ingin memiliki investasi tanpa modal dan risiko yang besar. Kapan Anda akan memulai investasi ini?

Comments are closed.