Tip Berinvestasi dengan Tabungan Emas Pegadaian

All About Money

Tabungan emas Pegadaian merupakan salah satu program investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Bagaimana tip amannya berinvestasi program ini?

Salah satu langkah untuk meningkatkan kesejahteraan adalah dengan melakukan investasi. Dan kini, tabungan emas Pegadaian dapat dipilih untuk mulai melakukan investasi dengan cara yang mudah dan cepat.

Emas memang selalu menjadi incaran, terutama kaum wanita. Bukan hanya sekadar untuk mempercantik tampilan saja, namun emas merupakan salah satu bentuk logam mulia yang mampu memiliki peningkatan nilai dari waktu ke waktu. Sehingga, laik dipilih sebagai salah satu bentuk investasi.

Ya, investasi dengan emas memang minim risiko. Bagaimana tidak? Harga emas yang kian hari kian meningkat ini, membuat seseorang merasa lebih aman dan nyaman untuk membelanjakan sebagian penghasilannya dalam bentuk emas. Namun, di sisi lain, harga emas di pasaran yang tak bisa dibilang murah ini, membuat tak semua orang dapat membelinya.

Menurut data yang ada, hingga Maret 2019, harga emas ANTAM telah mencapai nilai Rp600.000,00 lebih per gram. Nah, untuk dapat membeli emas batangan ukuran lima gram saja, seseorang harus memiliki uang sebesar Rp3 juta atau malah lebih. Namun, saat ini Pegadaian memberikan fasilitas kepada masyarakat yang ingin memiliki tabungan emas Pegadaian.

Baca juga: Investasi Perhiasan Emas: Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya?

Tabungan Emas Pegadaian Minim Risiko dengan Keuntungan Maksimal

Investasi merupakan salah satu bentuk tabungan jangka panjang, yang bertujuan untuk meningkatkan nilainya. Ya, selama ini ada banyak sekali bentuk investasi. Mulai yang memiliki nilai paling kecil, hingga yang nilainya lumayan besar. Sebagian masyarakat Indonesia lebih memilih investasi ke dalam bentuk properti, tabungan jangka panjang, hingga emas.

Investasi dalam bentuk emas sebetulnya bukan hal baru. Sejak zaman dahulu kala, orang suka membeli emas karena nilainya cukup menjanjikan jika disimpan dalam jangka panjang. Untuk itu, banyak yang membeli emas ketika harganya sedang turun, dan untuk segera mendapatkan laba, mereka akan menjualnya saat harga emas naik dan saat mereka kira sudah menghasilkan keuntungan.

Pegadaian Akan Menyimpan Emas Anda

Sayangnya, menyimpan emas di rumah bukan hal yang tak rumit. Selalu ada risiko hilang karena dicuri atau dirampok. Biasanya, seseorang akan membeli safety box untuk menyimban barang-barang berharganya. Namun, hal ini tak lantas membuatnya terbebas dari incaran pencuri ya.

Untuk itulah, Pegadaian menawarkan tabungan emas Pegadaian yang sangat minim risiko. Jadi, sistem yang diterapkan hampir sama dengan jual beli mas pada umumnya. Hanya saja, nasabah dapat membeli emas dengan cara mencicil.

Selain itu, pegadaian juga yang akan menyimpannya. Semacam penitipan. Jadi Anda bisa lebih tenang, karena tak perlu khawatir akan hilang atau dicuri.

Daftar dan Jumlah Cicil Tabungan Emas Pegadaian

Untuk dapat memiliki tabungan emas Pegadaian, Anda perlu mendaftarkan diri. Seperti membuka rekening di bank. Caranya sangat mudah dan jauh dari sistem administrasi yang rumit. Syarat utamanya, tentu harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selanjutnya, Anda tak harus menyetorkan dana yang besar, sebesar harga emas batangan. Sebaliknya, dana yang Anda setorkan dapat dimulai dari Rp50.000,00 per hari, hingga Rp10 juta sebagai batas maksimalnya. Jika harga emas dipatok dengan harga Rp650.000,00, maka Anda perlu menabung selama 13 kali Rp50.000,00. Jumlah dana yang Anda setorkan tersebut akan disetarakan dengan berat logam emas.

Jaminan Keaslian Emas Anda

Salah satu hal yang mengkhawatirkan saat membeli emas di luaran sana adalah risiko tertipu emas palsu. Namun, dengan memilih pegadaian sebagai tempat untuk menabung emas, Anda dapat menjamin keasliannya. Karena logam emas yang ditawarkan bersertifikat, dan Anda dapat memilih besaran sesuai dengan yang Anda mau. Mulai dari satu gram, yang paling kecil, hingga 100 gram emas.

Dan kemudahan lain yang ditawarkan saat Anda membuka tabungan emas Pegadaian adalah kemudahan dalam menyetorkan dana atau top up saldo. Nah, Anda bisa memilih cara konvensional yaitu dengan mendatangi kantor pegadaian langsung, atau Anda juga dapat melakukan penyetoran melalui ATM.

Baca juga: 5 Pilihan Produk Investasi Syariah yang Disetujui MUI

Tip Melakukan Investasi Emas

Salah satu prinsip dasar dari melakukan investasi adalah menghitung keuntungan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Begitu pula saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi emas. Meskipun harga emas terus naik, apalagi dalam jangka waktu yang panjang, namun, tak semua jenis emas dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin melakukan investasi dalam bentuk emas. Yaitu:

  1. Pilihlah emas batangan yang bersertifikat, baik UBS maupun ANTAM.
  2. Membeli sesuai kemampuan dana pribadi, dapat dimulai dari berat terkecil yaitu satu atau lima gram.
  3. Jangan simpan emas dirumah, karena rentan tindak kejahatan

Langkah-langkah Memiliki Tabungan Emas di Pegadaian

Untuk dapat memiliki tabungan emas Pegadaian, Anda dapat langsung membuka rekening di kantor cabang pegadaian terdekat. Sebelumnya, ada beberpa hal yang perlu Anda siapkan. Seperti fotokopi kartu identitas. Bisa KTP atau pun SIM.

Setelah itu, Anda dapat mengisi formulir pendaftaran yang sudah disiapkan. Pastikan data yang Anda masukkan benar ya. Dan yang terakhir adalah membayar biaya administrasi dan biaya penitipan. Begitu mudahnya, sehingga Anda tak perlu berpikir terlalu lama apabila memang berniat untuk melakukan investasi emas dengan dana terbatas.

Baca juga: Investasi Online yang Bisa Dicoba Para Kawula Muda

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Cara Pencairan Tabungan Emas Pegadaian

Kabar baik dari tabungan emas Pegadaian lainnya adalah Anda dapat segera mencairkan tabungan Anda jika dibutuhkan. Syarat pencairan juga tak rumit. Setidaknya jumlah dana yang Anda setorkan sudah mencapai satu gram emas. Anda juga dapat mencairkan dalam bentuk uang atau logam emas. Jadi, saat ini ada banyak kemudahan jika Anda ingin berinvestasi. Jangan merasa terbatas karena hanya memiliki dana yang kecil. Soalnya, saat ini hanya dengan Rp50.000,00, Anda sudah mulai bisa mencicil tabungan emas di Pegadaian.

Comments are closed.