Tabungan Hari Tua: Pengertian, Ragam, dan Manfaatnya

All About Money

Pastikan kehidupan di masa tua Anda nyaman dengan membuka tabungan hari tua sejak muda. Jadikan masa pensiun waktu untuk menikmati hidup bukan memikirkan beban hidup.

Siapa yang tak ingin di masa pensiunnya nanti mendapai kehidupan nyaman tanpa beban keuangan? Hal itu hanya bisa dirasakan oleh orang yang mempersiapkan hari tuanya dengan baik. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan sejak muda untuk memastikan masa pensiun terjamin secara finansial adalah dengan mengikuti tabungan hari tua.

Tabungan yang bersifat perorangan ini akan sangat membantu kehidupan masa tua, diamana biasanya kebutuhan justru semakin bertambah dibanding saat muda. Misalnya kebutuha akan  dana kesehatan, semakin usia menua kebutuhan akan obat-obatan biasanya makin tinggi. Selain itu masa tua bukanlah masa yang produktif lagi sehingga tidak akan ada pemasukan sama sekali.

Karena itulah tabungan hati tua itu penting, untuk menjamin kehidupan yang layak bagi Anda dimasa mendatang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiapkan tabungan hari tua. Selain program-program yang diberikan oleh pihak bank, Anda juga bisa nenabung dengan memiliki asuransi jiwa yang mampu memproteksi kehidupan Anda disaat hari tua nanti.

Pengertian Tabungan Hari Tua

Pengertian Tabungan Hari Tua

Tabungan Hari Tua merupakan tabungan yang sumbernya berasal dari iuran peserta, dengan tujuan untuk menjamin tiap peserta menerima uang tunai pada saat peserta berhenti bekerja baik karena mencapai usia pensiun maupun bukan karena mencapai usia pensiun. Tabungan ini berupa simpanan yang nantinya bisa digunakan baik untuk investasi maupun memenuhi kebutuhan harian.

Baca juga:DPLK, Proteksi dan Investasi di Hari Tua

Tabungan ini punya beberapa keunggulan yang tak akan Anda temui pada produk tabungan lain, seperti; Tabungan Pensiun memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan produk keuangan lainnya. Secara umum, seluruh Tabungan Pensiun yang beredar di pasar memiliki keunggulan yang tidak jauh berbeda. Beberapa keunggulan Tabungan Pensiun di antaranya ; administrasi yang sangat ringan, saldo minimum yang rendah, setoran awal yang rendah dan biasanya tidak ada minimum setoran selanjutnya. Sementara untuk besaran bunganya juga biasanya lebih rendah dibanding bunga tabungan biasa.

Manfaat

Manfaat Tabungan Hari Tua

Para ahli keuangan menyarankan untuk mengambil tabungan masa tua sedini mungkin, bahkan ketika baru memasuki awal tahun kerja. Hal ini dilakukan agar total dana yang didapat saat masa pensiun nanti besar, sehingga cukup untuk menunjang kehidupan tua yang nyaman. Selain menunjang kehdiupan dimasa non-produktif apa lagi manfaat dari tabungan untuk hari tua bagi pesertanya?

Bebas Melakukan Pensiun Dini

Ya, jika Anda sudah mempersiapkan jenis tabungan ini cukup lama, tidak harus menunggu masa pensiun untuk segera berhenti bekerja. Jika dirasa total dana yang akan didapat cukup untuk menujang kehidupan sehari-hari maka Anda bisa bebas melakukan pensiun dini kapan saja, bahkan ketika masih di usia produktif. Sebagai gantinya Anda bisa fokus menjalani bisnis atau hobi yang menghasilkan, tak perlu lagi merasakan beban kerja atau tekanan karena pekerjaan.

Menikmati Masa Tua dengan Nyaman

Banyak sekali kasus memperlihatkan bagaimana kalangan tua Indonesia, menjalani masa-masa pensiunnya dengan sulit. Bahkan untuk mendapatkan akses kesehatan yang baikpun mereka tidak mampu, ditambah kondisi keuangan keluarga yang rawan membuat kehidupan masa tua yang nyaman hanya sebatas impian. Padahal dulunya semasa produktif mereka berada dikalangan menengah. Namun kurangnya persiapan masa tua membuat mereka kecolongan.

Baca juga: Sejahterakan Hari Tua Anda dengan Menabung Dana Pensiun Sejak Dini

Keberadaan tabungan pensiun akan menolong Anda ketika tua nanti. Meski mungkin tidak bisa mencover seluruh kebutuhan hidup, namun setidaknya dapat mengurangi beban keuangan yang semakin hari kian berat.

Tidak Membebani Keluarga Lain

Tahukah Anda bahwa baru-baru ini muncul istilah anyar yakni “generasi sandwich”. Sebutan ini ditujuan bagi generasi millenials yang berkewajiban menopang dua kebutuhan keluarga, yakni kebutuhan dirinya sendiri dan orang tuanya. Bagi mereka yang belum menikah mungkin ini tak jadi soal, tapi bagi mereka yang sudah berkeluarga membiayai dua rumah tangga tidaklah murah.

Jangan sampai Anda membebani anak cucu dengan menjadikan mereka generasi sandwich selanjutnya. Persiapkan masa pensiun sebaik dan sedini mungkin agar dimasa pensiun tak lagi menjadi beban siapapun.

Mampu Memberi Peninggalan untuk Anak Cucu

Tabungan pensiun selain bisa Anda gunakan untuk menopang kebutuhan harian, juga bisa Anda manfaatkan untuk berinvestasi dan memberikan peninggalan yang berarti untuk anak cucu, seperti bisnis keluarga. Ya, mendapatkan dana pensiun tidak melulu hanya digunakan untuk keperluan konsumtif.

Anda bisa gunakan untuk menjalani bisnis kecil atau besar jika mampu, dan memberikan manfaat lebih bagi keluarga. Masa tua tanpa beban pun tak lagi sekedar jadi impian.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tabungan di Hari Tua

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tabungan Hari Tua

Meski semua jenis tabungan masa pensiun itu memberikan manfaat yang sama. Namun pemilihan yang selektif tetap harus dilakukan agar jumlah tabungan yang disetor nanti tidak membebani pengeluaran bulanan Anda dimasa kini. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih tabungan untuk hari tua adalah sebagai berikut:

Jumlah Setoran Awal

Perhatikan jumlah setoran awalnya, pilih yang paling ringan atau sesuai kemampuan. Beberapa bank bahkan ada yang memberlakukan setoran awal 0 rupiah. Tentunya ini bisa jadi pilihan menarik bagi Anda yang tak punya dana simpanan besar namun tetap ingin membuka rekening tabungan pensiun.

Jumlah Saldo Minimun Tabungan

Saat akan membuat tabungan untuk masa tua , Anda akan diharuskan membuka rekening baru dengan syarat memiliki sejumlah tabungan. Nah besaran tabungan ini berbeda di tiap bank. Cobalah cari yang paling memenuhi kriteria Anda. Jangan membebani diri apalagi sampai berhutang hanya karena ingin mendapatkan saldo minimum tabungan.

Baca juga: Pilihan Investasi Terbaik Untuk Jaminan Hari Tua

Biaya Administrasi

Biasanya biaya administrasi tabungan jenis ini tidak begitu besar, bahkan tidak sampai 1% dari jumlah setoran bulanan. Namun setiap orang memiliki pandangan berbeda bukan soal uang? Karena itu jika Anda adalah tipikal pribadi yang tak mau membayar biaya administrasi cobalah mencari bank yang memberikan layanan tersebut. Jangan malu bertanya soal ini kepada pihak bank, karena mereka akan menjelaskan secara rinci.

Persyaratan Pengajuan

Seperti halnya tabungan rencana atau tahapan lainnya, tabungan di hari tua juga memberlakukan beberapa persyaratan administratif. Umumnya bank memberikan persyaratan yang sama yakni fotokopi identitas diri (KTP/ Identitas KARIP (Kartu Identitas Pensiun)) dan mengisi formulir pendaftaran. Selain itu, setiap bank akan memberikan persyaratan tentang setoran awal (minimal) serta saldo minimal yang harus disisakan dalam Tabungan Pensiun.

Itulah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan saat akan membuka tabungan masa tua. Jangan khawatir soal dana yang sudah terkumpul dibank, sebab semua simpanan dalam rekening tabungan Anda dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga produk Tabungan Pensiun termasuk salah satu produk keuangan yang bebas resiko.

Comments are closed.