Ternyata Ini Penyebab Anda Tidak Punya Tabungan

All About Money

Apa saja sih yang menyebabkan Anda tidak punya tabungan, padahal penghasilan yang diperoleh tiap bulan sangat besar?

Meskipun sudah memiliki pengalaman bekerja yang cukup tinggi dan penghasilan yang besar, tidak menutup kemungkinan bahwa setiap orang akan menghasilkan tabungan yang sama besar. Teorinya, jika penghasilan yang diperoleh besar, otomatis uang yang bisa ditabungkan juga besar. Namun, nyatanya itu semua tidak berlaku untuk setiap orang. Ada yang memiliki penghasilan besar, tetapi tidak punya tabungan karena mungkin tanpa sadar konsumsi yang ia habiskan setiap bulannya berlebih. Sangat disayangkan memang, tetapi hal ini banyak sekali terjadi.

Lalu, jika keadaannya seperti ini, apa yang salah? Untuk hal ini kesalahan bisa jadi dari banyak faktor. Mungkin selama ini Anda tidak bisa mengantur pengeluaran uang yang Anda miliki secara benar atau menggunakan cara pengaturan keuangan yang kurang tepat. Selain itu, mungkin dari awal Anda bekerja, tidak memiliki niat untuk menabung, sehingga uang yang dimiliki akan dihabiskan sesuai dengan keinginan Anda.

Seharusnya hal ini tidak boleh dibiarkan terus menurus. Anda harus usahakan untuk menabung setiap bulannya, sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tak terduga, entah itu sakit atau yang lainnya, Anda memiliki tabungan untuk menutupi segala pengeluaran itu. Tentunya Anda tidak ingin selalu merepotkan orangtua terus menerus? Oleh karena itu, berikut ini beberapa penyebab seseorang tidak punya tabungan yang harus dihindari.

Tidak Memiliki Tujuan Menabung

Pada dasarnya seseorang yang ingin menabung pasti karena ada hal yang ingin dia capai. Misalnya ingin membeli rumah, mobil, ataupun menikah. Untuk mencapai itu semua, memang dibutuhkan usaha yang ekstra untuk lebih giat lagi menabung. Juga tegas kepada diri sendiri. Jangan sampai penghasilan yang Anda punya terus-menerus hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak jelas sehingga Anda tidak punya tabungan. Oleh karena itu, pikirkan sesuatu hal yang ingin Anda capai sehingga bisa memotivasi untuk lebih giat menabung lagi.

Baca Juga: Persiapan Dana Bagi Orangtua

Mudah Tergoda atau Lapar Mata

Poin yang satu ini menjadi salah satu penyebab lain Anda tidak punya tabungan. Uang Anda habis tidak beraturan dikarenakan mengikuti keinginan yang tidak penting. Contohnya, Anda pergi ke mal dan ternyata hampir seluruh toko di mal tersebut sedang mengadakan diskon besar-basaran untuk semua item. Melihat itu, siapa sih yang tidak tergoda untuk membeli brang branded tetapi dengan harga yang murah? Sebenarnya, hal ini bisa menjadi boomerang untuk keuangan Anda jika tidak bisa mengontrol dengan baik. Boleh saja membeli barang yang diinginkan, tetapi harus tahu batasan. Berapa besar pengasilan yang Anda peroleh, berapa banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan primer, dan jangan lupa, sisakan juga uang untuk ditabung. Jika masih ada sisa, barulah Anda bisa membeli barang yang diinginkan.

tidak punya tabungan

Tidak Memprioritaskan

Ada juga lho yang tidak memprioritaskan tabungan sehingga tidak punya tabungan sama sekali. Ini sebaiknya bukan keputusan yang Anda ambil. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Meski sekarang Anda sedang tidak memiliki hal yang ingin dicapai, kebiasaan menabung ini harus tetap Anda prioritaskan. Selain sebagai tabungan hari tua nanti, uang tersebut juga bisa Anda gunakan untuk hal-hal darurat yang sewaktu-waktu bisa menimpa Anda.

Tulang Punggung Keluarga

Untuk Anda yang masih single mungkin faktor ini bisa menjadi salah satu “alasan” yang Anda andalkan untuk mengulur waktu untuk menabung. Kelak, bila Anda sudah berkeluarga dan menyandang posisi sebagai tulang punggung keluarga, Anda harus bisa menabung dalam jumlah yang besar. Daripada menunggu masa itu datang, Anda harus pintar mengatur keuangan Anda secara benar sejak sekarang. Pikirkan baik-baik apa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menabung lebih banyak lagi. Kondisi apa yang harus diubah: Apakah gaya hidup Anda yang mungkin selama ini terlalu berlebih, atau ada hal-hal lain yang bisa Anda minimalisirkan? Terpenting, Anda harus punya semangat untuk menabung, sehingga apa pun hambatannya bisa dihadapi.

Baca Juga: Menanggung Biaya Hidup Keluarga

Leave a Reply