THR Cair, Pilih Belanja atau Menabung Dulu?

All About Money

Saat THR cair, seringkali orang kehilangan kesadaran. Mereka merasa mendapatkan uang yang begitu banyak hingga akhirnya apapun yang diingikan bisa didapatkan.

Makanya, banyak orang yang ketika mendapatkan THR langsung menghabiskannya. Bahkan, terkadang uang THR sudah habis sebelum hari raya tiba. Sebab biasanya perusahaan sudah memberikan THR di minggu ke dua atau ketika Bulan Ramadhan.

Seharusnya, setiap orang punya manajemen keuangan yang baik. Jadi, ketika THR cair, mereka bisa memanfaatkan dana tersebut sebaik mungkin. Tentu tidak masalah jika dana tersebut dibelanjakan harena hari raya Idul Fitri, pasti banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, bukan berarti semua uang THR dihabiskan begitu saja, bukan?

Baca juga: Tips Atur Uang Pekerja Harian Lepas di Tengah Virus Corona

THR Cair Bukan Untuk Dihabiskan

THR tidak seharusnya dihabiskan begitu saja. Anda harus bisa menggunakan uang tersebut sebaik mungkin. Lalu, bagaimana caranya? Sebenarnya caranya mudah. Anda bisa membedakan antara kewajiban dan keinginan. Kedua hal tersebut yang terutama. Jika Anda bisa membagi mana yang wajib Anda penuhi dan mana yang ingin Anda miliki. Jika kedua hal sudah bisa dikendalikan, tentu Anda bisa mengatur uang THR.

uang thr lebaran cair

Contoh sederhana seperti ini. Wajibkah Anda membeli mobil ketika ingin mudik di kampung halaman? Ataukah ini hanya sekedar keinginan? Haruskah Anda membeli baju baru ketika baju yang lama masih sangat bagus dan layak dipakai di hari raya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus Anda ajukan pada diri sendiri ketika ingin membelanjakan uang THR. Dengan demikian, Anda akan selektif. Ketika THR cair, uang tersebut tidak akan habis begitu saja.

Anda bisa buat dua kolom di dalam satu lembar kertas. Satu kolom berisi tentang kewajiban atau barang yang wajib dibeli. Kolom yang satu ini berisi barang yang ingin Anda beli. Bukan berarti Anda hanya boleh membeli barang yang wajib dibeli. Silakan Anda beli barang yang ingin Anda beli asalkan uang masih cukupi setelah Anda gunakan untuk membeli barang yang wajib Anda beli.

Hal-hal yang wajib didanai adalah ongkos mudik, persiapan lebaran, zakat, dan lain sebagainya. Itu yang harus ditempatkan pada list yang paling utama.

Bijak Memanfaatkan Uang THR

uang thr cair

Agar Anda lebih mudah mengatur uang THR, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

1. Mengeluarkan Zakat

Hal yang paling utama yang perlu Anda perhatikan adalah membayar zakat, entah itu zakat fitrah, zakat mall, ataupun zakat penghasilan. Anda harus hitung harta Anda selama satu tahun. Kemudian keluarkan zakat dengan menggunakan uang THR.

Mungkin Anda sudah mengeluarkan zakat penghasilan setiap bulan. Jika itu yang Anda lakukan, itu jauh lebih baik. Anda tidak perlu mengambil uang dari THR untuk membayar zakat. Itu artinya Anda punya cadangan dari uang THR untuk hal yang lain.

2. Mengeluarkan Sedekah

Zakat itu wajib. Makanya harus diutamakan. Setelah zakat dibayar, maka berikan sedekah jika masih ada sisi uang THR. Sedekah tidak harus ke anak yatim. Anda bisa prioritaskan bersedekah kepada saudara yang tidak mampu. Karena sedekah yang paling baik adalah sedekah yang diberikan kepada orang terdekat yang tidak mampu.

Pada dasarnya memberikan angpao kepada keponakan itu bagian dari sedekah. Hanya saja, seringkali ini bersifat ritual saja. Lihat saja terkadang yang diberi itu sudah kaya.

Sebaiknya dibedakan mana yang diberi angpao dengan isi yang sedikit dan yang banyak. Sisihkan uang ketika THR cair di mana uang tersebut Anda berikan kepada saudara yang tidak mampu. Itu jauh lebih baik daripada Anda memberikan angpao pada siapa saja yang Anda temui.

3. Membayar Hutang

Anda pasti sudah punya anggaran bulanan untuk membayar hutang. Misalnya saja saja Anda punya KPR. Sudah pasti Anda punya budget yang tidak boleh digunakan karena itu budget untuk membayar cicilan KPR bulanan.

Dan ketika THR cair, ada hal lebih yang bisa Anda lakukan. Anda bisa gunakan uang THR tersebut untuk membayar hutang. Jika memungkinan uang THR bisa Anda gunakan untuk menutup hutang, itu jauh lebih baik daripada Anda berhutang tapi merasa nyaman dengan membeli barang yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Utamakan dulu untuk menyelesaikan hutang. Karena dengan itu, hidup Anda akan lebih nyaman. Menyelesaikan hutang jauh lebih baik daripada Anda merasa kaya dengan memakai baju baru atau memiliki mobil baru di hari raya Idul Fitri.

4. Menabung

Jika Anda tidak punya hutang, alihkan dana untuk ditabung. Mungkin Anda rutin menyisihkan pendapatan setiap bulan untuk tabungan. Kali ini ketika THR cair, Anda bisa menabung lebih banyak lagi.

Baca juga: Tabungan Hari Tua: Pengertian, Ragam, dan Manfaatnya

5. Mengeluarkan untuk Keperluan Hari Raya

Sisa uang THR seteleh digunakan untuk hal-hal wajib seperti zakat dan hal yang penting seperti menabung bisa Anda alokasikan untuk keperluan hari raya. Anda bisa memikirkan biaya mudik dan juga biaya persiapan hidangan di rumah di hari raya.

Uang THR tidak akan habis begitu saja jika Anda pintar melakukan manjemen keuangan. Ingat, hidup masih berjalan setelah Idul Fitri usai. Jadi, jangan habiskan seluruh uang THR atau bahkan tabungan dalam beberapa hari saja.

Memikirkan Investasi Ketika THR Cair

investasi dengan uang thr

Orang sering tidak memikirkan pentingnya investasi. Baru ketika masa mudik tiba, mereka baru merasakan pentingnya mengalokasikan uang untuk investasi. Karena pada waktu itu mereka butuh banyak uang.

Mudik dengan mengandalkan THR saja terkadang kurang. Seringkali orang harus merogoh tabungan agar mencukupi kebutuhannya di hari raya.

Maka dari itu, saat THR cair, ada baiknya Anda mulai berpikir tentang investasi. Dalam hal investasi, Anda tidak perlu mengalokasikan uang yang banyak. Investasi itu menganggarkan uang yang sedikit tapi kontinyu. Itu intinya.

Ada banyak sekali cara berinvestasi yang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Contohnya saja mengambil polis asuransi. Ini juga bagian dari investasi. Karena ketika Anda memiliki asuransi, Anda akan mendapatkan proteksi.

Tentu tidak ada yang mau harus dirawat di rumah sakit karena sakit atau karena kecelakaan. Namun, jika itu terjadi, maka Anda tidak lagi perlu memikirkan biaya. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan selama di rumah sakit. Futuready sebagai broker asuransi online di Indonesia membantu Anda memilih serta dapat membandingkan semua produk terbaik dengan manfaat proteksi dan juga harga premi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Tabungan Emas, Investasi Minim Modal dan Risiko

Anda bisa juga memilih polis asuransi yang juga ada investasinya. Jadi, tidak hanya Anda saja yang mendapatkan manfaat. Ketika pemegang polis meninggal, maka ahli waris akan mendapatkan santunan dari pihak perusahaan. Ini juga bagian dari investasi yang ringan namun memberikan manfaat yang begitu besar.

Untuk itu, sebaiknya Anda mulai memikirkan investasi. Jika selama ini Anda merasa tidak punya uang untuk dialokasikan ke investasi, gunakan uang THR. Ketika THR cair, sisihkan sedikit untuk investasi, entah itu investasi emas, investasi dengan mengambil polis asuransi, atau apapun. Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa uang THR Anda ludes hanya beberapa hari saja karena ada prosentase yang Anda investasikan.

Comments are closed.