Tingkatkan Karir Dengan Jejaring Sosial

Keuangan dan karir bisa meningkat seiring usaha yang Anda lakukan, tidak hanya di dunia kerja tapi juga di dunia maya.

All About Money

Keuangan yang cukup untuk membiayai hidup, bahkan lebih, merupakan salah satu motivasi dalam berkarir. Anda mungkin menginginkan karir Anda meningkat dengan harapan pundi keuangan pun bertambah.
Ê
Anda dapat memanfaatkan jejaring sosial untuk meningkatkan karir. Jejaring sosial merujuk pada struktur serta jumlah orang dan kelompok dengan siapa Anda menjalin kontak atau memandang diri Anda sendiri di dalam kontak, seperti dikutip dari buku Social WorkersÊDesk Reference yang disunting oleh Albert R. Roberts dan Gilbert J. Greene, terbitan Oxford University Press tahun 2002.
Ê
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Anda dapat memperluas jejaring sosial dengan media sosial seperti facebook, twitter, atau linkedin. Media sosial semakin berperan penting dalam peningkatan karir karena pencari kerja yang direkrut melalui mekanisme social recruiting cenderung lolos seleksi untuk menjadi karyawan dan dapat bertahan di perusahaan tersebut lebih lama, seperti dikutip dari artikel yang ditulis Sara Roncero Menendez di mashable.com (11/9/2013).
Ê
Social recruiting adalah perekrutan karyawan dimana perusahaan menemukan kandidat potensial untuk posisi tertentu melalui situs jejaring sosial. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk dapat ¥memasarkan¥ diri di media sosial dengan menampilkan citra diri yang positif seperti profesional, berpengetahuan luas, berpengalaman dan menguasai bidang Anda.
Ê
Berikut adalah tips meningkatkan karir Anda dengan memanfaatkan jejaring sosial
Ê
1. Jadikan Sarana Bertukar Pikiran
Menurut Mallory Woodrow, pakar strategi pemasaran dari Amerika Serikat seperti dilansir mashable.com (2/10/2012), langkah yang baik untuk bergabung dalam percakapan tentang bidang Anda adalah dengan menulisnya, baik di blog pribadi atau di media massa.
Ê
¥Langkah itu tidak hanya membuat Anda memiliki sesuatu yang siap untuk dibagikan dan didiskusikan dalam jaringan sosial, tapi Anda juga dapat bertukar komentar dan gagasan dengan orang-orang yang memiliki bidang sama¥.
Ê
Selain itu, Anda dapat memberikan informasi kepada pencari kerja bahwa Anda menguasai bidang tertentu dan tepat menduduki posisi tertentu yang mereka butuhkan.
Ê
2. Promosikan Produk
Jika Anda seorang pebisnis atau wirausaha, Anda dapat memberikan informasi produk Anda ke kontak jejaring sosial. Sehingga, kalau mereka membutuhkannya mereka dapat membelinya dari Anda karena hubungan pertemanan. Dan, walaupun mereka teman Anda, dalam hubungan jual beli juga dibutuhkan profesionalisme.
Ê
3. BertemanÊDengan Pencari Kerja
Anda dapat ¥berteman¥ dengan akun pencari kerja atau akun perusahaan impian Anda di situs jejaring sosial. Ini akan memudahkan Anda mengetahui informasi kesempatan karir langsung dari sumbernya.
Ê
Anda dapat membagikan tips ini melalui fitur jejaring sosial di bawah ini!

Leave a Reply