Tip Hemat Bagi Anda “Si Hobi Belanja”

All About MoneyLifestyle & Leisure

Untuk Anda yang mempunyai hobi belanja jangan sampai kalap yang akan mengakibatkan beban bagi Anda, jadilah pembelanja yang pintar.

Hobi belanja bisa mengakibatkan kantong Anda tipis atau bahkan ludes kalau tidak pintar-pintar mengatur keuangan. Manfaatkan uang dengan baik dan bijak dalam mengelolanya, terutama dalam mengeluarkan uang untuk berbelanja agar Anda bisa mengetahui apa yang diprioritaskan. Berikut beberapa tips berbelanja dengan cara hemat yang perlu Anda ketahui bila taik mau hobi belanja Anda berhenti!

Jangan Lapar Mata

Isitilah yang sering diucapkan seseorang yaitu ‘lapar mata’ yang mempunyai arti sebagai ingin membeli sesuatu saat itu juga terhadap suatu hal yang tertangkap oleh mata kita. Tapi itu hanya perasaan atau memang beneran ingin membeli barang tersebut?

Hal ini sering terjadi, jadi saat Anda mengalami situasi tersebut sebaiknya berpikir lagi apakah benar-benar ingin membelinya.

Baca Juga: Ingat, Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Belanja Online

Sabar

Jangan pernah memaksakan sesuatu bila belum saatnya, begitupun saat membeli sebuah barang agar Anda tidak menyesali barang yang sudah dibeli.

Jadilah pembeli cerdas dengan tidak memaksakan diri untuk membeli barang saat itu juga, tapi berilah jeda waktu sekitar dua sampai 3 hari ke depan atau lebih untuk memikirkan barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidaknya.

Jika ternyata barang tersebut ingin Anda beli dan benar-benar sangat dibutuhkan, lebih baik langsung dibeli saja apalagi kalau lagi ada penawaran harga spesial.

Prioritaskan Pelunasan Hutang Dahulu

Sebelum Anda bersenang-senang menghabiskan barang yang Anda inginkan, sebaiknya bila Anda mempunyai utang terhadap seseorang sebaiknya dilunasi dulu sebelumnya. Dengan begitu Anda bisa lebih belanja dengan tenang, tanpa ada ketakutan takut membayar utang.

Baca Juga: Hemat Berbelanja Bulanan

Mood Sedang Baik

Salah satu cara nyaman untuk melepas stres adalah dengan belanja, diri Anda akan lebih terhibur dan nyaman saat itu. Tapi tidak semudah itu juga, sebaiknya pergilah berbelanja saat kondisi mood sedang baik. Dengan begitu Anda akan lebih tenang saat melakukan pengeluaran, karena sudah pasti tahu apa yang ingin dibeli.

Batasi Kartu Kredit

Ingat jangan sampai Anda terbuai dengan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Kegunaannya yang begitu praktis dan aman, tapi juga bisa menimbulkan kecenderungan untuk Anda yang tidak bisa mengontrol pembelian. Jadi belilah barang yang benar-benar dibutuhkan saja saat ingi membeli barang dengan kartu kredit.

Tergoda Diskon Besar

Terkadang saat melihat godaan diskon besar dengan kisaran 50 -70 % membuat Anda tanpa pikir panjang langsung tertarik untuk membeli barang itu. Tanpa langsung dicek dulu barang tersebut ada kerusakan atau apa, terutama saat membeli pakaian. Jangan sampai nanti barang yang Anda beli ternyata ada cacat, atau kebesaran.

Belanjalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan memaksakan kehendak bila belum perlu-perlu sekali dalam membeli barang. Tapi belilah barang di saat mood Anda sedang baik dan keuangan yang sedang stabil aman.

Leave a Reply