Dengan cara mengatur keuangan yang tepat, masalah keuangan keluarga bisa dihindari. Apa saja yang harus dilakukan?

Masalah keuangan adalah masalah klasik yang dihadapi banyak orang, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. Bertambahnya anggota keluarga membuat kebutuhan semakin meningkat sehingga pengeluaran juga semakin banyak. Waktu masih single, pengeluaran biasanya hanya untuk makanan, pakaian, rekreasi, dan mungkin biaya kontrakan. Tetapi ketika sudah berkeluarga, daftar pengeluaran semakin banyak. Mulai dari uang sekolah, susu, rekreasi, cicilan rumah, cicilan kendaraan, asuransi, dan masih banyak lagi.

Bila Anda merasa pengeluaran semakin hari semakin besar dan setiap bulan uang penghasilan selalu habis, 5 cara mengatur keuangan berikut semoga bisa mengatasi masalah keuangan Anda:

Membuat catatan pos pengeluaran

Buat catatan rencana pengeluaran dalam satu bulan. Misalnya dalam sebulan ke depan terdapat pos pengeluaran untuk makan, cicilan rumah, cicilan kendaraan, uang sekolah anak, tabungan, asuransi, dan uang rekreasi. Tulis skala prioritas dari yang paling penting hingga keperluan tambahan. Dari daftar tersebut akan terlihat kira-kira berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulan. Pertama alokasikan untuk keperluan yang penting, setelah itu baru alokasikan untuk keperluan sekunder.

Menabung di awal mendapat uang

Satu hal yang sebagainya Anda lakukan adalah menabung. Buat alokasi khusus dana tabungan. Buat dana tabungan khusus dan sisihkan di awal bulan. Tentukan besarannya dan langsung tabung di rekening khusus. Rekening ini jangan dicampur dengan rekening sehari-hari agar tidak bingung dan tidak tergoda menggunakan uang simpanan untuk keperluan harian.

Diskusi dengan pasangan dan anak

Diskusikan masalah keuangan dengan anak dan pasangan. Jangan menutup-nutupi masalah keuangan dari keluarga. Misalnya ada kebutuhan tambahan untuk biaya sekolah, maka jatah uang rekreasi dihilangkan terlebih dahulu. Hal ini juga harus dibicarakan dengan anak, bukan hanya dengan pasangan. Sebab, urusan rekreasi biasanya berhubungan dengan seluruh anggota keluarga.

Cari uang tambahan

Bila penghasilan Anda pas-pasan, maka ada baiknya Anda mencari uang tambahan. Ada banyak cara mencari uang tambahan, misalnya jual beli barang secara online.

Buat rencana jangka panjang

Membuat rencana jangka panjang penting untuk dilakukan. Misalnya Anda akan mudik sekaligus liburan tahun depan, maka Anda harus merencanakannya dari sekarang. Begitu pula dengan rencana menyekolahkan anak, harus direncanakan jauh-jauh hari. Anda bisa mengumpulkan dana tersebut dengan menabung atau investasi lain seperti reksadana atau membeli emas. Siapkan juga dana darurat agar rencana jangka panjang Anda tidak berantakan, jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak.

Berikan komentar Anda di bawah ini jika Anda juga punya cara mengatur keuangan lainnya. Jangan lupa sebarkan juga melalui fitur jejaring sosial media Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *