Caranya Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah

All About Money

Pasangan yang baru saja menikah akan mengalami perubahan besar-besaran, sekarang Anda harus penuh perhitungan dalam mengatur keuangan.

Pada saat sudah menikah Anda maupun pasangan sekarang sudah tidak bisa lagi ingin membeli suatu barang ini dan itu tinggal beli saja seperti pada saat masih melajang. Sekarang harus memperhitungkan segala sesuatunya ketika mengeluarkan uang, karena harus mempertimbangkan apa saja yang menjadi kebutuhan dan mana yang harus dibeli terlebih dahulu, mana yang harus dibeli kemudian. Untuk itu diperlukannya bebereapa cara untuk mengatur keuangan khususnya kepada pasangan yang baru saja menikah.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%!

mengatur keuangan

Berikut ini tip-tip mengatur keuangan untuk pasangan setelah menikah.

Kesepakatan di Awal

Ini penting sekali bahkan sebelum menikah sebaiknya buatlah kesepakatan atas dasar hasil dari pemikiran bersama. Apakah beban finansial hanya akan ditopang oleh suami saja atau istri juga ikut membantu meringankan dengan bekerja. Semua harus diomongkan dari awal, karena kesepakatan ini akan menyelamatkan kalian dari pertengkaran yang bisa berujung ke perceraian.

Prioritaskan Kepentingan Bersama

Tanamkan bersama bahwa setiap kebutuhan dan segala urusan yang harus memerlukan uang, sebaiknya didiskusikan dulu. Ada urusan lebih penting daripada kesenangan pribadi, jadi sebaiknya kalian harus sadar ini bukan untuk saatnya berfoya-foya mengeluarkan uang hanya karena keperluan pribadi saja.

Perencanaan Keuangan

Buatlah perencanaan keuangan jangka pendek dan panjang secara matang, lalu utarakan pendapat masing-masing. Membicarakan soal ini harus dengan situasi tenang, santai, dan kondusif. Berdiskusilah bersama membahas apa saja kepentingan yang harus diutamakan agar tidak ada kepentingan yang terabaikan.

Tabungan dan Investasi

Cara paling utama dan bermanfaat walapun terkadang banyak orang susah melakukannya. Menabung dan berinvestasi untuk masa depan, merupakan hal yang wajib Anda dan pasangan lakukan, karena tabungan adalah harga mati bagi untuk investasi masa depan.

Dana Darurat

Jangan lupa sisihkan dana cadangan untuk kondisi-kondisi darurat yang mengharuskan kita melakukan pengeluaran. Dana darurat ini harus dipisahkan dari tabungan, juga dengan pengeluaran untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Ini merupakan awal dari kalian memulai rumah tangga, dan jalanpun masih panjang.

Terbuka

Kunci utama dalam masalah finansial adalah keterbukaan masing-masing pasangan. Inilah yang membentuk kekuatan finansial, rasa saling percaya dan terbuka Anda dan pasangan akan menjadikan hal ini menjadi lebih enak dijalani. Jangan sampai ada sesuatu yang disembunyikan apa pun itu, karena bisa menjadi bom waktu yang bisa meledak pada saatnya.

Asuransi

Keuangan Anda dan pasangan akan jauh lebih aman ketika Anda melindungi setiap aset pada keluarga Anda melalui asuransi. Asuransi, jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih terlebih dahulu asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pasangan pada awalnya, diskusikanlah Bersama pasangan dan pelajari telebih dahulu.

Tetapkan Tujuan

Dengan visi misi dan tujuan dari Anda dan pasangan dalam mengatur keuangan ini akan menjadi lebih kuat lagi ketika melangkah Bersama, karena tujuan dari mengatur keuangan adalah untuk hidup yang harmonis dalam rumah tangga.

Baca Juga: Paket Asuransi Kesehatan Keluarga Murah yang Terbaik

Itulah beberapa tips untuk yang bisa kami bagi kepada Anda perihal bagaimana cara mengatur keuangan pada pasangan yang baru saja menikah. Finansial yang baik akan membawa keluarga ke arah yang lebih baik juga.

Leave a Reply