5 Jenis Usaha Modal Kecil yang Dilakukan dari Rumah Saja

All About Money

Menjadi pengusaha tidak harus bermodal besar, dari usaha modal kecil pun Anda bisa untung miliaran setiap bulan.

Banyak orang bermimpi membangun usaha atau bisnis, tapi sering terganjal dengan modal kecil, keterbatasan waktu dan tingginya resiko usaha. Pada akhirnya mereka tak pernah berani memulai bisnis kendati keuntungan yang mungkin bisa didapat cukup besar.

Sebenarnya ada banyak cara untuk memulai bisnis, yang tidak membutuhkan banyak modal dan kelengkapan logistik. Ide-ide bisnis kecil dengan investasi rendah ini menjadi titik masuk yang bagus untuk pemula yang ingin mengetahui bagaimana bisnis diangun.

Baca juga: Pelajari Cara Menghitung Penyusutan Aset Agar Bisnis Lancar

Usaha modal kecil menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Menariknya lagi usaha ini bisa Anda bangun dari rumah, tanpa harus memiliki tempat produksi dan pemasaran.

Usaha Modal Kecil yang Bisa Dimulai Dari Rumah

Meski usaha modal kecil bersifat rumahan Anda tetap menjalankan bisnis ini seperti pengusaha lain. Mulai dari membuat ide bisnis, membangun merek, menyusun strategi pemasaran dan mendapatkan pelanggan. Bedanya Anda bisa memotong beberapa anggaran logistik dan mengalihkannya untuk perlindungan finansial diri salah satunya adalah asuransi jiwa.

Sehingga ketika bisnis tidak berjalan baik dan bangkrut Anda masih memiliki pegangan, yakni uang pertanggungan dari perusahaan asuransi. Berikut adalah daftar usaha modal kecil yang dapat Anda mulai dari rumah.

Dropshipper

Beli stok, simpan, ambil, bungkus, kirim itulah kiranya usaha modal kecil dropshipper.  Dropshipping adalah model pemenuhan di mana pemasok pihak ketiga menyimpan dan mengirimkan inventaris kepada pelanggan atas nama Anda. Anda tidak perlu menangani sendiri produk apa pun, Anda hanya perlu melakukan penjualan dan meneruskan pesanan ke pemasok. Anda dapat mengumpulkan produk dari satu atau lebih pemasok ke toko online Anda sendiri.

Kita bisa bebas memilih dan bekerjasama dengan brand dalam maupun luar negeri.Karena itu penting untuk mengetahui kredibilitas sebuah merek sebelum Anda memutuskan bekerja sama. Usaha modal kecil ini memang mudah namun jika tidak pandai memilih bisa jadi Anda akan terus merugi.

contoh Usaha Modal Kecil

Desain dan Jual Kaos Print-On-Demand

Usaha modal kecil lain yang patut dicoba adalah bisnis jual kaos.  Fokus di sini adalah pada menyesuaikan produk dengan desain Anda sendiri untuk membuat sesuatu yang asli. Kaos, topi, sarung telepon, hoodies, rok, tas jinjing, dan lainnya menjadi kanvas untuk kreativitas Anda. Anda dapat menyasar komunitas sebagai market utama dengan menerima pesanan dengan desain khusus. Bahkan bisnis ini tetap bisa dijalankan tanpa harus memiliki skill desain. Ada beberapa situs seperti Fiverr, Upwork, Dribbble, atau 99Designs yang akan memberikan desain kaos gratis.

Buat Produk Digital

Berbeda dengan yang lain, produk digital tidak berbentuk material. Sehingga Anda tidak harus menghitung biaya operasional untuk pembuatan dan pengiriman produk. Kuncinya adalah mencari tahu apa produk digital yang bagus. Apa yang cukup berguna sehingga orang bersedia membayar untuk mengunduhnya?

Misalnya membuat stok foto berbayar, desain berbayar yang dilisensikan atau jika Anda punya skill khusus mungkin bisa membuat aplikasi baru. Jika Anda memiliki bakat yang dapat diubah menjadi produk digital, pikirkan tentang mengemasnya menjadi aliran pendapatan baru.

Baca juga: Bisnis Reseller Cocok untuk Pemula? Ini Alasannya!

Jual Barang-Barang Buatan Sendiri

Produk perawatan tubu, , lilin, saus, atau tembikar adalah beberapa barang yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah dirumah. Usaha modal kecil ini hanya memerlukan ide yang cemerlang dan pengaturan yang baik untuk proses pembuatan sampai pengiriman. Anda dapat memulai menawarkan pesanan kecil dulu hingga menghasilkan penjualan yang konsisten. Jual kepada orang orang terdekat seperti  teman dan keluarga. Terima setiap masukan atau kritikan yang datang untuk terus menyempurnakan bisnis Anda.

Jual Makanan Sehat

Dalam beberapa tahun terakhir tren hidup sehat semakin diminati. Orang semakin sadar bahwa makanan yang mereka konsumsi mempengaruhi bagaimana tingkat kesehatan seseorang. Celah ini bisa Anda manfaatkan sebagaia usaha modal kecil.

Anda bisa mulai dengan menjadi reseller camilan sehat, atau jika Anda waktu buat sendiri catering makanan sehat seperti salad dan smoothies. Untuk langkah awal Anda bisa menawarkan produk dengan sistem pre-order setelah pasar semakin besar buatlah toko onlinenya di berbagai platform mulai dari e-commerce hingga sosial media.

Itulah beberapa usaha modal kecil yang bisa Anda mulai dari rumah tanpa harus memiliki sertifikasi khusus. Modalnya adalah keinginan dan kemauan untuk belajar maka bisnis bisa berjalan lancar.

contoh Usaha Modal Kecil

Tips Memulai Usaha Modal Kecil

Tidak semua pengusaha papan atas memulai bisnis dengan investasi besar. Beberapa terbukti mampu meraup sukses dari usaha modal kecil. Jika ingin merasakan hal yang sama, coba praktikan langkah dibawah ini:

Pilih Usaha yang Paling Tepat

Kunci kesuksesan bisnis adalah Anda memahami bisnis Anda sendiri. Karena itu mulailah dengan menjual apa yang Anda suka. Bisa jadi pangsa pasarnya memang kecil namun jika mengetahui seluk beluk mengenai pasar tersebut lebih mudah bagi kita mendulang untung.

Pastikan Ada Pasarnya

Kesalahan yang sering dilakukan pengusaha pemula adalah berasumsi bahwa banyak orang akan membeli produk atau layanan tertentu, karena pemilik bisnis menyukai ide-ide itu atau mengetahui satu atau dua orang yang menginginkan produk atau layanan tersebut.

Untuk meminimalkan risiko kerugian, jangan pernah berasumsi ada pasar. Bahkan jika itu hanya usaha modal kecil rumahan. Bicaralah dengan calon pelanggan potensial (yang bukan keluarga dan teman) untuk mencari tahu apakah yang ingin Anda jual adalah sesuatu yang mereka ingin beli, dan jika ya, apa yang akan mereka bayar untuk produk atau layanan tersebut.

Hitung Biaya Operasional

Meskipun yang Anda pilih adalah usaha modal kecil, namun kebutuhan operasional tetap harus diperhitungkan. Umumnya orang berpikir untuk memulai bisnis dengan fokus pada apa yang akan mereka jual, namun tidak mempertimbangkan  bagaimana bisnis akan benar-benar beroperasi. Sebelum membuka usaha catat semua kebutuhan mulai dari ongkos produksi hingga pengiriman. Sehingga Anda bisa menentukan harga jual yang pas.

Tips Memulai Usaha Modal Kecil

Mulailah dalam Skala Kecil

Beberapa orang percaya bahwa pengusaha adalah pengambil risiko. Tetapi sebagian besar pengusaha sukses mengambil risiko yang terkendali. Mereka menguji ide dalam skala kecil. Jangan terpaku pada kesalahan, perbedaan antara orang sukses dan tidak adalah orang sukses belajar dari kesalahan mereka dan terus maju. Mereka tidak berkutat pada kegagalan, menyalahkan ekonomi, mengutuk nasib buruk mereka, atau menyalahkan orang lain atas nasib mereka.

Mulailah Segera

Beberapa orang urung menjalankan rencana bisnisnya karena merasa kurang riset. Faktanya, tidak ada pengusaha yang melakukan riset sempurna, semua dilakukan sembari bisnis berjalan. Jika Anda menginginkan rencana yang sempurna bisa jadi malah tidak akan melangkah sama sekali. Jadi jika menemukan ide segera eksekusi.

Baca juga: Tips dan Peluang Bisnis Menjanjikan di Tengah Pandemi Corona

Itulah beberapa tips memulai usaha dengan modal kecil. Kuncinya teruslah mencoba dan belajar dari kesalahan niscaya Anda bisa menjadi pengusaha besar.

Comments are closed.