10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Asuransi

Selain lebih hemat biaya preminya asuransi TLO (Total Loss Only), juga mempunnyai banyak sekali keuntungan lainnya. Apa saja keunntugan tersebut? Mari kita simak satu-persatu.

Sampai saat ini masih banyak masyarakat di Indonesia yang gagal paham akan perbedaan antara asuransi mobil All Risk dan TLO (Total Loss Only). Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa asuransi All Risk cenderung jauh lebih menguntungkan dari asuransi TLO. Padahal, anggapan ini tidak selama nya benar!

Jika dilihat sekilas asuransi kendaraan jenis All Risk memang terlihat jauh lebih menguntungkan. Kenapa? Karena produk perlindungan kendaraan jenis ini akan menanggung semua risiko yang dialami oleh mobil, meskipun hanya berupa kerusakan ringan seperti lecet.

Sayangnya, premi yang harus dibayarkan juga cenderung lebih mahal. Dalam kondisi tertentu, jika dihitung – hitung besaran premi tahunan nya terkadang bisa lebih besar dari biaya perbaikan nya sendiri.

Baca juga: Ini Asuransi Mobil yang Bagus dan Murah untuk Anda

Jika sudah begini, maka dapat disimpulkan bahwa alih – alih memberikan keuntungan. Asuransi all risk yang dibeli cenderung akan menimbulkan beban yang berlebih. Hal ini berbanding terbalik dengan asuransi TLO, keberadaan nya cenderung jauh lebih efektif dan tepat guna.

Dalam hal ini, Anda tidak perlu membayar biaya premi asuransi secara berlebihan. Tapi jangan khawatir, di lain sisi mobil Anda akan tetap mendapatkan perlindungan risiko. Nah, bagi Anda yang i masih beranggapan bahwa asuransi All Risk cenderung jauh lebih menguntungkan dibanding TLO.

manfaat asuransi tlo

Alasan Pilih Asuransi TLO Lebih Menguntungkan

Bukan Mobil Mewah

Jika mobil Anda tergolong sebagai mobil biasa – biasa saja, maka asuransi kendaraan TLO akan jauh lebih menguntungkan untuk Anda. Kenapa? Karena biaya perawatan yang harus Anda tanggung juga relatif cukup murah.

Dalam hal ini,  Anda hanya menanggung biaya perbaikan sendiri. Kemungkinan besarannya tidak sampai 3 persen dari nilai kendaraan Anda.

Contoh nya: jika Anda memiliki satu unit mobil Toyota Avanza dengan nilai jual sekitar 200 juta rupiah. Nilai premi asuransi all risk yang harus Anda bayarkan adalah sekitar 6 juta rupiah per tahun. Jika dihitung, biaya perbaikan untuk kecelakaan ringan seperti baret dan lecet yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun. Mungkin tidak sampai 6 juta rupiah, sehingga akan jauh lebih menguntungkan jika Anda memilih Asuransi Mobil TLO. Dengan premi tahunan nya jauh lebih kecil dari angka tersebut.

Mobil Jarang Digunakan

Semakin sering mobil digunakan, maka semakin besar pula risiko mobil tersebut mengalami kecelakaan. Sebaliknya, semakin jarang mobil digunakan maka semakin kecil pula risiko mobil tersebut untuk mengalami kecelakaan.

Nah, jika mobil yang Anda miliki sangat jarang Anda gunakan, maka produk asuransi ini akan jauh lebih menguntungkan untuk Anda. Pasalnya, jika mobil Anda jarang digunakan potensi risiko mobil mengalami kecelakaan ringan cenderung relatif sangat kecil.

asuransi tlo

Tinggal di Kota dengan Lalu Lintas yang Tidak Padat

Tingkat keteraturan lalu lintas normalnya akan berbanding terbalik dengan potensi terjadinya kecelakaan. Dalam hal ini semakin teratur lalu lintas di suatu daerah, maka semakin rendah pula potensi kecelakaan terjadi di daerah tersebut.

Di lain sisi, tingkat keramaian lalu lintas normalnya akan berbanding lurus dengan potensi terjadinya kecelakaan. Semakin ramai lalu lintas di sebuah daerah, maka semakin besar pula potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas di daerah tersebut.

Baca juga: Mobil Honda Terlaris di 2019, Ada Mobil Anda?

Nah, jika Anda tinggal di daerah dengan kondisi lalu lintas yang teratur dan tidak terlalu ramai. Tentunya, akan jauh lebih menguntungkan jika Anda lebih memilih jenis produk TLO. Jika, dibandingkan dengan jenis All Risk.

Kenapa? Karena potensi mobil Anda untuk mengalami kecelakaan cenderung relatif sangat kecil. Dengan begitu, asuransi all risk yang Anda beli akan menjadi kurang bermanfaat.

Budget Terbatas

Sudah bukan rahasia lagi jika besaran premi asuransi kendaraan jenis All Risk jauh lebih besar ketimbang biaya premi asuransi TLO. Jika dihitung  perbedaan biaya premi untuk all risk dan TLO bisa mencapai 3 sampai 5 kali lipat. Meskipun di lain sisi produk jenis All Risk cenderung menawarkan perlindungan yang jauh lebih komplit. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk membelinya cenderung jauh lebih mahal.

Untuk Anda yang memiliki kemampuan budget terbatas, maka asuransi jenis tersebut tentu nya cenderung akan lebih menguntungkan bagi Anda. Toh, ketika menggunakan mobil tersebut, Anda bisa berhati – hati bukan?

Ditambah Dengan Opsi Pertanggungan Tambahan (Perluasan Pertanggungan)

Saat ini perusahaan penyedia layanan asuransi mobil sudah menyediakan opsi perluasan pertanggungan pada para pemegang polis asuransi. Dengan opsi perluasan pertanggungan ini, pemegang polis asuransi nanti nya akan bisa mendapatkan manfaat pertanggungan yang jauh lebih luas. Seperti manfaat pertanggungan atas risiko banjir, manfaat pertanggungan atas risiko huru – hara. Lalu ada lagi manfaat pertanggungan terhadap pihak ke tiga, dan lain-lain

Nah, dengan adanya manfaat pertanggungan tersebut. Anda akan bisa lebih leluasa dalam menentukan luas perlindungan yang dimiliki oleh polis asuransi Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan produk yang Anda butuhkan dengan biaya yang lebih murah dan ramah kantong.

Akan Membuat Lebih Berhati – Hati dalam Berkendara

Kepemilikan asuransi All Risk secara tidak sadar terkadang akan membuat kita menjadi berpikir terlalu sepele. Normalnya karena semua biaya risiko akan ditanggung oleh asuransi kita akan menjadi lebih ceroboh dan kurang berhati – hati dalam berkendara. Biasanya dalam pikiran biasanya seperti ini: “Kan udah pakai asuransi All Risk, ngapain takut, kalau terjadi apa – apa kan tinggal klaim”.

Nah, pola pikir seperti ini lah yang secara tidak sengaja akan timbul di kepala pengguna asuransi All Risk.

 

biaya asuransi mobil tlo

Hal ini berbeda dengan ketika kita menggunakan asuransi TLO.  Bahwa pertanggungan risiko mobil kita berada di tangan kita. Tentunya secara otomatis kita akan cenderung lebih berhati – hati dalam menggunakan kendaraan kita.

Memiliki Biaya Operasional Lebih Murah

Berbeda dengan asuransi jenis All Risk yang dapat diklaim berkali – kali setiap mengalami kecelakaan. Asuransi jenis TLO hanya bisa diklaim ketika mobil hilang atau mengalami kerusakan di atas 75 % saja. Dengan begitu, maka biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh perusahaan asuransi untuk mobil TLO cenderung jauh lebih murah.

Sekedar informasi, dalam prakteknya seluruh biaya operasional perusahaan untuk menangani aduan klaim. Akan dibebankan ke pihak nasabah tersebut (meski pun tidak secara langsung). Dengan begitu, semakin jarang nasabah melakukan klaim maka semakin rendah pula biaya operasional yang harus ditanggungnya.

Memiliki Bengkel Sendiri

Khusus untuk Anda yang berprofesi sebagai pengusaha di bidang otomotif, terutama para pemilik bengkel mobil. Produk tersebut tentu nya akan jauh lebih menguntungkan untuk Anda. Dengan kemampuan atau bengkel yang Anda miliki. Seluruh proses perbaikan dan perawatan minor mobil Anda nanti nya bisa Anda lakukan sendiri. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Sehingga, premi yang harus Anda bayar bisa lebih murah dan secara otomatis bisa lebih berhemat.

bengkel asuransi tlo

Mobil Masih Baru

Mobil keluaran terbaru cenderung memiliki risiko kerusakan yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil yang sudah berumur. Di lain sisi ketika menggunakan mobil yang masih baru, tentunya akan cenderung lebih berhati – hati. Hasilnya, potensi risiko yang harus kita tanggung saat mengenakan mobil keluaran terbaru secara otomatis akan menjadi jauh lebih rendah.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Nah, karena potensi risiko yang kita tanggung cenderung rendah.  Akan jauh lebih menguntungkan jika kita memilih produk jenis TLO dibandingkan dengan produk jenis all risk. Alasannya jelas, dengan asuransi jenis tersebut kita nanti nya akan bisa lebih berhemat dalam pos biaya premi asuransi.

Mobil Anda Masih Dalam Jaminan Bengkel / Showroom

Beberapa bengkel atau showroom tertentu terkadang ada yang memberikan jaminan kerusakan untuk para konsumennya. Dalam hal ini, setiap mobil yang diperbaiki atau pun di-service di bengkel tersebut.  Akan diberi jaminan kerusakan yang mana jika mobil tersebut mengalami kerusakan. Maka biaya perbaikan nya akan ditanggung oleh bengkel tersebut.

Dalam kondisi seperti ini, tentunya akan lebih menguntungkan bagi Anda jika Anda membeli produk asuransi kendaraan jenis TLO. Toh, jika mobil Anda mengalami kerusakan, biaya kerusakan nya akan ditanggung oleh bengkel atau showroom. Jika mobil Anda hilang atau mengalami kerusakan yang parah, maka biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi dengan polis yang sudah dibeli.

Lantas, bagaimana jika mobil mengalami kecelakaan ringan? Nah, dalam kondisi ini kecelakaan ringan sebisa mungkin harus dihindari dengan cara lebih berhati – hati. Tujuannya agar lebih waspada dalam berkendara di jalan raya.

Semua Kembali Pada Anda Pilihan Anda

Berdasarkan 10 alasan di atas, asuransi jenis TLO cenderung lebih menguntungkan dibandingkan dengan asuransi kendaraan all risk.  Walaupun semuanya akan kembali pada pilihan Anda. Dalam hal ini, Anda bebas untuk memilih produk yang menurut Anda paling pas dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan produk terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

 

Comments are closed.