3 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Untuk Anak

Asuransi

Anak yang gampang sakit membutuhkan biaya tak sedikit. Agar siap, Anda perlu memilih asuransi kesehatan yang tepat. Bagaimana cara memilih asuransi untuk anak yang tepat sesuai keinginan agar Anda tidak menyesal nantinya?   

Saat pergantian musim, batuk, pilek, dan flu menjadi penyakit yang mudah dialami anak-anak. Tak jarang orangtua panik dan sedikit-sedikit harus membawa buah hati ke dokter atau rumah sakit. Sudah tentu perawatannya butuh biaya. Untuk itu, anak juga perlu dana ekstra untuk perawatan kesehatannya.

Itulah sebabnya anak-anak juga perlu dilindungi dengan asuransi kesehatan. Asuransi seperti apa? Berikut tiga cara memilihnya:

  1. Tanyakan Fasilitas yang Diberikan

Asuransi kesehatan umumnya menjamin biaya rawat inap. Pihak asuransi biasanya merinci biaya kamar per malam, kamar ICU, kunjungan dokter, dokter anestesi, tindakan bedah, aneka perawatan, dan diagnosis dokter. Baca secara detail fasilitas yang ditawarkan perusahaan asuransi. Jika dirasa perlu, cari asuransi yang juga memberi jaminan biaya rawat jalan. Sering kali anak lebih nyaman jika dirawat di rumah sendiri dibanding harus berada di rumah sakit.

  1. Bandingkan Produk Asuransi

Sebelum membeli polis asuransi untuk anak tercinta, kumpulkan informasi dari beberapa produk asuransi kesehatan. Periksa secara rinci dan lakukan perbandingan apa saja yang dilindungi dan yang tidak. Lihat daftar rumah sakit yang menjadi mitra perusahaan asuransi tersebut. Buat juga daftar khusus nama-nama rumah sakit yang jaraknya dekat dengan rumah Anda. Tanyakan juga prosedur klaimnya.

  1. Sesuaikan Harga Premi dengan Kemampuan Keuangan

Hitung berapa dana yang Anda miliki untuk pengeluaran biaya asuransi kesehatan anak. Persentase dana asuransi dari keuangan keluarga sebaiknya tidak lebih dari 10%. Anda bisa berhitung kira-kira produk mana yang memberikan layanan terbaik, tapi tetap terjangkau dengan jumlah uang Anda.

Dengan tiga tip tersebut, semoga anak Anda bisa mendapatkan jaminan kesehatan yang paling tepat untuk kebutuhan kesehatannya.

Leave a Reply