3 Sistem Penggantian atau Klaim Asuransi Kesehatan

Asuransi

Katanya, klaim asuransi kesehatan itu ribet. Sebelum menilai lebih jauh, apakah Anda tahu bagaimana sebenarnya system pembayaran klaim asuransi yang bisa Anda lakukan?

Enaknya itu saat Anda sakit dan memerlukan perawatan di rumah sakit Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk bayar. Tinggal menunjukkan kartu, semua selesai. Ditambah lagi bila Anda membutuhkan perawatan rawat inap, akan ada lagi uang santunan harian yang akan diberikan perusahaan asuransi. Masih berpikir klaim asuransi kesehatan itu sulit?

Sayangnya, selama ini besar sekali ketakutan masyarakat mengenai klaim asuransi yang ditolak. Padahal, yang terjadi semua proses itu tak akan sama sekali menyusahkan Anda bila Anda tahu bagaimana proses yang baik dan benar.

Perlu Anda ketahui, agar memperoleh jaminan asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan, saat memilih produk asuransi kesehatan Anda pun harus melihat sistem pembayaran klaim dari asuransi yang dipilih. Soalnya, secara umum, ada tiga sistem pembayaran klaim asuransi yang bisa dilakukan, yaitu klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement, cashless, dan santunan.

Bagaimana penjabaran jenis asuransi kesehatan berdasarkan sistem penggantiannya atau klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement, cashless, dan santunan? Baca hingga tuntas artikel ini dan Anda tidak akan lagi bingung!

Sistem Reimbursement

Sistem reimbursement adalah fasilitas klaim asuransi kesehatan di mana Anda sebagai pemegang polis asuransi kesehatan harus membayar atau menanggung biaya medis yang ada dari uang pribadi Anda terlebih dahulu. Barulah kemudian biaya tersebut ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kwitansi pembayaran yang diterima dari pihak rumah sakit.

Meskipun beberapa perusahaan asuransi sudah jarang menerapkan sistem reimbursement kepada Nasabah, namun nyatanya masih ada pilihan sistem penggantian ini yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Jadi sebaiknya, bila sistem klaim asuransi kesehatan reimbursement yang Anda pilih teliti untuk menyimpan semua dokumen pembayaran yang sudah Anda bayarkan agar uang Anda bisa kembali nantinya.

 

Untuk memilih asuransi terbaik, cek lalu bandingkan sendiri untuk mendapat premi asuransi murah di Futuready!

 

klaim asuransi kesehatan

Sistem Cashless

Banyak yang sering menyebut sistem klaim asuransi kesehatan cashless ini dengan nama kartu sakti. Anda pernah mendengar juga istilah itu? Nah, ketika nanti Anda menggunakan sistem cashless, Anda akan dibekali dengan kartu sejenis kartu keanggotaan biasanya seukuran dengan kartu ATM. Jadi, ketika Anda mengalami sakit yang mengharuskan membayar biaya pengobatan atau harus dirawat inap di rumah sakit. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya pengobatan tersebut, Anda cukup menunjukkan kartu anggota asuransi kepada pihak rumah sakit. Maka dengan begitu, semua pembiayaan pengobatan atau rumah sakit Anda akan dibayarkan oleh pihak rumah sakit. Selanjutnya, rumah sakit akan meneruskan tagihan tersebut ke perusahaan asuransi kesehatan yang bersangkutan.

Tetapi patut diingat bahwa, dalam menggunakan kartu tersebut. Anda harus mencari rumah sakit, yang memang sudah menjadi rekanan dari perusahaan asuransi yang Anda pilih tersebut. Biasanya, sebelum Anda memiliki polis semua informasi rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi tersebut bisa Anda gali informasinya berada di mana saja. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas. Bukan hanya jaringan rumah sakit yang luas, tapi pertimbangkan juga untuk langsung mencari detail rumah sakit yang dekat dengan jarak kediaman Anda. Jadi bila suatu saat terjadi hal-hal mendesak, Anda bisa dengan cepat sampai ke rumah sakit dan mendapatkan pertolongan. Selain itu, biasanya premi asuransi kesehatan dengan sistem cashless ini sedikit lebih mahal dibanding sistem reimbursement.

Sistem Klaim Santunan

Selanjutnya, klaim asuransi kesehatan dengan sistem santunan adalah di mana perusahaan asuransi akan memberikan santunan harian selama Anda dirawat di rumah sakit. Besarnya santunan biasanya telah disepakati sebelumnya antara Anda dengan perusahaan asuransi.

Untuk melakukan klaim asuransi kesehatani8 dengan sistem ini, terdapat sejumlah dokumen yang harus Anda lampirkan. Seperti formulir klaim asuransi, kwitansi pengobatan, diagnosa sakit, dan sejumlah dokumen lainnya.

Leave a Reply