5 Checklist Memilih Asuransi Kendaraan

Asuransi

Risiko kerusakan atau kehilangan pada kendaraan sering kali tak bisa dihindari. Asuransi kendaraan bisa menjadi salah satu langkah untuk mengurangi kerugiannya. Bagaimana memilihnya?

 

Jalanan macet dan mobil tergores kendaraan lain? Lampu merah mati dan tabrakan? Atau kendaraan dicuri? Semua risiko itu bisa saja terjadi pada kendaraan Anda. Biaya perbaikan kerusakan atau kehilangan kendaraan tak sedikit. Untuk mengantisipasi biaya perbaikan atau penggantian kendaraan Anda, asuransi kendaraan bisa menjadi salah satu solusi.

Namun, agar perlindungan yang diberikan bisa maksimal, Anda perlu mempertimbangkan 5 hal berikut:

1. Ketahui Jenis Klaim yang Ditawarkan

Pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kendaraan. Pertimbangkan jenis klaim kerusakan yang ditawarkan. Misalnya apakah menanggung semua jenis kerusakan (all risk) atau hanya kehilangan dan kerusakan berat (total loss only). Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah saat pengajuan klaim.

2. Ada Diskon? Jangan Senang Dulu, Cek Lagi Fasilitasnya

Ada kalanya perusahaan asuransi menawarkan diskon atau bahkan pengembalian dana kalau tidak ada klaim. Jangan senang dulu. Cek semua fasilitas yang ditawarkan, apakah ada yang dikecualikan atau dibatasi.

3. Perhitungkan Harga Premi

Pilih premi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Ini penting Anda pertimbangkan karena biasanya selain biaya premi, Anda tentunya perlu juga biaya perawatan kendaran secara rutin dan biaya-biaya lainnya.

4. Layanan Plus-Plus

Cari asuransi yang menawarkan fasilitas tambahan. Misalnya fasilitas untuk mobil mogok, ban bocor, dan lainnya. Meskipun layanan terseut seringkali dilihat kecil, namun akan sangat membantu jika terjadi di waktu yang tak terduga.

5. Cari Tahu Rekam Jejak Perusahaan Asuransinya

Anda perlu mencari tahu dari perusahaan mana asuransi tersebut berasal. Telusuri catatan atau sejarah perusahaan asuransi itu. Hal ini penting untuk menghindarkan Anda dari perusahaan asuransi yang sering bermasalah dengan nasabahnya.

Dengan memperhatikan lima hal di atas, semoga Anda bisa memilih asuransi kendaraan yang sesuai kebutuhan Anda

Leave a Reply