5 Tips Lebaran Aman untuk Karyawan Kontrak

Libur lebaran merupakan libur yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat. Tapi, bagi sebagian karyawan kontrak seringkali mengeluhkan minimnya fasilitas yang dimiliki. Jika demikian maka penting bagi Anda untuk membaca tips lebaran berikut ini!

Asuransi

Libur Lebaran untuk Karyawan

Saat ini, problematika mengenai tenaga kerja kontrak memang cukup bervariasi. Ini terjadi karena penggunaan tenaga kerja kontrak dalam dunia usaha di Indonesia semakin marak. Sementara sumber daya manusia di Indonesia juga banyak yang telah memasuki usia kerja yang produktif.
Ê
Tenaga kerja memang menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditunda-tunda oleh pelaku usaha, sementara regulasi yang ada belum memadai untuk mengatur tentang perlindungan terhadap tenaga kerja kontrak yang telah berjalan tersebut, termasuk hak mereka saat libur Lebaran.
Ê
Padahal, libur Lebaran merupakan libur yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini karena lebaran seringkali menjadi ajang silaturahmi sekaligus momen liburan istimewa. Tapi, bagi sebagian karyawan kontrak seringkali mengeluhkan minimnya fasilitas yang dimiliki.
Ê

Tips Lebaran untuk Karyawan Kontrak

Apakah Anda seorang karyawan kontrak? Atau ingin berbagi tips lebaran bagi rekan-rekan yang bekerja sebagai karyawan kontrak? Yuk, baca artikel di bawah ini:
Ê

1. Gunakan Asuransi Jamsostek Jika Terjadi Kecelakaan

Saat mudik, tentunya Anda ingin membawa keluarga berjalan-jalan. Namun, pekerjaan Anda adalah cenderung yang berisiko tinggi sehingga Anda kerap berhati-hati saat menjalankan tugas di lapangan.
Ê
Ditambah lagi, fasilitas yang Anda dapatkan masih minim, termasuk fasilitas kesehatan dan tenaga kerja lantaran masih bekerja kontrak membuat Anda selalu was-was apakah Anda dapat berlebaran tepat waktu atau tidak.
Ê
Tenang, Anda tetap bisa aman berlebaran dan tetap memiliki asuransi perlindungan kecelakaan. Karena pada dasarnya, setiap pekerja berhak menerima Jaminan Tenaga Kerja sebagaimana diatur dalam Pasal 8 ayat (1) Undang-Undang No. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja UU Jamsostek.
Ê
Ketentuan ini juga berlaku bagi tenaga kerja kontrak sebagaimana dikatakan dalam Pasal 4 ayat (1) UU Jamsostek. Jadi, baik karyawan tetap maupun karyawan kontrak sama-sama memiliki hak yang setara dalam perlindungan kerja.
Ê

2. Kelola Finansial Anda Selama Puasa Sebagai Investasi

Persiapkanlah kebutuhan finansial Anda sebaik mungkin sebelum berlebaran. Tabungan serta persiapan finansial dapat membantu Anda ketika sesuatu menimpa Anda saat berlebaran, walaupun Anda belum mendapatkan asuransi dari perusahaan.
Ê
Misalnya saja, Anda menyimpan tabungan dana darurat yang dipersiapkan selama puasa. Ini tentu akan membantu serta menenangkan selama Anda berlebaran. Tips Lebaran ini juga merupakan salah satu cara aman bagi karyawan kontrak karena akan mengelola dana finansial Anda lebih baik dan efektif saat Lebaran
Ê
Ê

3. Gunakan Layanan Gratis Otomotif

Biasanya karyawan kontrak sangat mempertimbangkan keuangannya karena status kerjanya yang masih kontrak. Jadi, tidak jarang banyak karyawan kontrak yang berhemat dan cenderung berhitung dengan segala pengeluarannya saat Lebaran.
Ê
Jika terjadi sesuatu pada kendaraan Anda saat berlebaran, jangan khawatir, ikutilah tips lebaran yang hemat, yaitu gunakan layanan gratis otomotif yang biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik.
Ê
Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi apabila Anda mendapat masalah dengan kendaraan Anda. Cobalah untuk mencari informasi di mana letak tersebarnya posko-posko tersebut sebelum berangkat mudik ke kampung halaman.
Ê

4. Periksa Selalu Kondisi Tubuh

Tips Lebaran yang aman lainnya adalah selalu memeriksa kondisi tubuh. Mengapa ini menjadi salah satu tips? Karena dengan memeriksa atau memahami kondisi tubuh Anda dapat mengendalikan risiko yang bisa terjadi.
Ê
Tidak hanya kendaraan dan finansial yang perlu dipersiapkan, kondisi tubuh Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh.
Ê
Selalu ingat, apabila Anda mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. ÊSaat mudik dan membawa kendaraan, Anda dianjurkan agar beristirahat setiap empat jam sekali agar tetap fokus dan kondisi tubuh selalu prima.
Ê

5. Reimbursement

Sebagian perusahaan ada yang memfasilitasi pengganti asuransi dengan sistem reimbursement agar karyawan kontrak tetap aman terlindungi. Reimburse bermakna mengganti uang yang sudah dikeluarkan seseorang untuk sesuatu pembayaran dan juga untuk uang yang hilang yang lazimnya dilakukan penjamin sesuai dengan perjanjian.
Ê
Cobalah tanyakan pada atasan dan pahami hak-hak Anda. Ini menjadi salah satu tips lebaran bagi Anda karyawan kontrak. Minimal, fasilitas ini akan menanggung biaya risiko yang dapat terjadi saat berlebaran di kampung halaman sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.
Ê
Ê
Dengan memahami tips Lebaran bagi karyawan kontrak tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi melakukan kegiatan atau perjalanan jauh selama berlebaran, meskipun status Anda masih merupakan karyawan kontrak dengan fasillitas yang minim.

Leave a Reply