Asuransi Karena Keracunan Makanan

Anak saya sempat sakit karena keracunan makanan akibat jajan di pinggir jalan yang kurang bersih. Apakah asuransi kesehatan tetap bisa menanggung biaya perawatannya?

Asuransi

Halo ahli asuransi & proteksi,

Nama saya Intan, ibu dari satu anak. Seminggu lalu, anak saya keracunan makanan ringan yang dia beli di pinggir jalan. Dia telah dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Saya ingin bertanya, apakah salah satu manfaat asuransi kesehatan juga menanggung risiko keracunan makanan? Saya pernah membaca, bahwa jika seseorang tahu risiko tertentu tapi masih melakukannya, asuransi tidak akan menanggung risiko. Sebab, makanan ringan di pinggir jalan sebenarnya mempunyai risiko penyakit, karena mungkin tidak higienis. Mohon penjelasannya.

Terima Kasih

Intan

Ê

Halo Ibu Intan,

Terima kasih untuk pertanyaan Anda.

Perlu ibu ketahui bahwa salah satu manfaat asuransi kesehatan memang menjamin biaya perawatan karena keracunan makanan dan penyakit yang terkait sebagai akibat kejadian tersebut. Namun sebaiknya Anda bertanya kepada pihak asuransi Anda tentang insiden tersebut dan bagaimana cara mengajukan klaim.

Tapi memang biasanya perusahaan asuransi sebelumnya akan melakukan investigasi atas laporan dokter terkait dengan penyakit yang diderita oleh anak Anda. Dari hasil investigasi tersebut, perusahaan asuransi baru akan memutuskan bisa atau tidak membayar klaim Anda. Terkait dengan risiko akibat jajan makanan di pinggir jalan yang kurang higienis, hal tersebut perlu bukti yang lebih mendalam, apakah benar bahwa makanan itulah yang menyebabkan anak ibu jadi sakit. Tapi memang ada baiknya, jika melihat kondisi tempat jajan kurang memenuhi standar kesehatan, akan lebih baik jika dihindari. Ini bukan semata karena berhubungan dengan apakah akan ditanggung asuransi atau tidak, tapi lebih kepada upaya untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Demikian jawaban kami, semoga ini bisa menjadi gambaran untuk menjawab pertanyaan ibu tentang manfaat asuransi kesehatan terkait dengan masalah keracunan makanan.

Salam,

Ahli asuransi dan proteksi

Leave a Reply