Asuransi Khusus Untuk Motor Besar

Saya berencana membeli motor besar. Apakah ada asuransi kendaraan bermotor khusus motor besar. Dan jika saya modifikasi, apakah asuransinya tetap berlaku?

Asuransi

Kepada para Ahli Asuransi dan Proteksi,

Nama saya John Parapak. Saya berencana membeli Harley Davidson dan motor sport 500cc. Untuk kedua motor tersebut, saya berencana memodifikasinya dengan beberapa aksesori tambahan. Saya juga akan membeli asuransi untuk kedua motor saya. Yang ingin saya tanyakan, adakah asuransi kendaraan bermotor khusus motor besar? Dan bila saya memodifikasi motor, apakah asuransi tersebut tetap berlaku? Mohon penjelasannya.

Terima kasih,

John Paparak

Ê

Salam Pak John,

Anda sepertinya seorang penggemar motor besar. Saat ini setahu kami memang ada asuransi kendaraan bermotor khusus motor besar. Hanya saja perusahaan yang menawarkan sangat terbatas. Anda bisa bertanya pada komunitas kendaraan motor besar atau bertanya pada showroom yang menjual motor tersebut, karena biasanya mereka juga menawarkan paket perlindungan terhadap motor besar.

Tentang premi asuransi kendaraan bermotor dan penjaminan tergantung pada model, tahun pendaftaran, dan tempat pendaftaran sepeda motor. Besaran premi yang harus Anda bayarkan seperti umumnya asuransi kendaraan, yaitu dihitung dari persentase harga motor Anda. Masing-masing angka persentasenya berbeda, umumnya ada di kisaran angka 3-5%. Khusus motor besar, mungkin preminya bisa lebih tinggi, karena spare part motor besar tidak sebanyak kendaraan umum dan harganya juga relatif mahal.

Jika Anda membuat modifikasi penampilan luar untuk sepeda motor, hal tersebut tidak akan berpengaruh pada premi. Kecuali jika ada beberapa bagian modifikasi yang harganya mahal jika Anda ingin itu juga dijamin akan berdampak pada premi yang dibayarkan. Modifikasi yang bisa dijaminkan ini juga tergantung pada persetujuan perusahaan asuransinya. Selain itu bila Anda melakukan modifikasi pada mesin, sistem kelistrikan, sistem emisi, maka Anda harus menginformasikan hal tersebut pada perusahaan. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap premi yang harus Anda bayar.

Asuransi motor besar sama dengan asuransi mobil, ada dua jenis yaitu all risk dan total lost only (TLO). All risk memberikan perlindungan lebih lengkap dan menyeluruh, termasuk kerusakan ringan. Sementara TLO umumnya hanya mengganti kehilangan atau kerusakan berat di atas 75%.

Semoga jawaban ini cukup jelas untuk menggambarkan kebutuhan perlindungan bagi motor besar Anda.

Salam

Ahli asuransi dan proteksi

Leave a Reply