7 Faktor yang Membuat Premi Asuransi Mahal

All About MoneyAsuransi

Premi asuransi mahal bergantung pada berbagai faktor, mulai dari jenis perlindungan yang dipilih, usia hingga lokasi tinggal pemegang polis.

Bagi masyarakat Indonesia asuransi masih dianggap sebagai produk mahal. Karenanya hanya cocok bagi mereka yang memiliki banyak uang. Premi yang ditetapkan perusahaan sering dibilang ketinggian, padahal mungkin tidak lebih dari jumlah konsumsi rokok harian. Pandangan bahwa asuransi mahal ini hadir karena masyarakat belum menyadari manfaat yang ditawarkan.

Alasan lain mengapa asuransi masih dihindari, yaitu perusahaan sering menetapkan premi yang berbeda kepada setiap pemegang polis. Daripada terjebak dan menyesal karena premi yang dibebankan ternyata memberatkan, dan bisa berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Masyarakat akhirnya memutuskan untuk tidak memiliki proteksi sama sekali karena dianggap merugikan.

Baca juga: Lupa Punya Polis Asuransi? Begini Cara Mengoptimasikannya!

Umumnya ini terjadi pada mereka yang membeli polis asuransi jiwa dan kendaraan. Nyatanya penetapan premi ini sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa karena ada kaitannya dengan risiko yang mungkin dialami oleh para pemegang polis. Jadi jangan heran jika antara Anda dengan tetangga mungkin dibebankan biaya premi yang berbeda.

7 Faktor yang Membuat Asuransi Mahal

7 Faktor yang Membuat Asuransi Mahal

Banyak orang terkejut ketika mengajukan pembuatan polis karena melihat premi yang mesti dibayar cukup tinggi. Terlebih jika proteksi yang dibeli memiliki pertanggungan lebih dari satu orang alias untuk keluarga. Sebenarnya ada alasan logis yang membuat perusahaan asuransi menetapkan harga premi yang cukup tinggi. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Riwayat Kredit Kurang Baik

Beberapa perusahaan asuransi mungkin menawarkan untuk menggunakan skor kredit Anda dalam membantu menurunkan harga premi. Perusahaan lebih sering menggunakan penilaian kredit asuransi karena statistik menunjukkan bahwa orang dengan skor kredit yang baik memiliki lebih sedikit klaim.

Ketika orang memiliki lebih sedikit klaim, mereka dapat membayar lebih sedikit uang untuk asuransi mereka karena dianggap tidak merugikan perusahaan asuransi. Selain rekam jejak pembayaran premi, hal lain yang juga sering jadi pertimbangan adalah riwayat hutang Anda kepada bank. Jika Anda memiliki skor kredit yang baik dan riwayat asuransi yang baik, kemungkinan Anda bisa mendapatkan harga premi rendah.

Usia

Bagi dunia asuransi balita dan lansia biasanya dianggap paling berisikovkarena mereka rentan terpapar penyakit serius. Inilah yang menjadi pertimbangan mengapa premi asuransi mahal. Faktor usia paling dirasakan oleh pemilik asuransi kendaraan dan kesehatan. Karena diusia balita dan lansia resiko sakit dan mengalami kecelakaan lebih tinggi dibanding remaja dan dewasa sehingga premi yang ditetapkan juga tinggi.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua yang Sesuai

Karena itulah para pakar keuangan menyarankan pembelian proteksi jiwa dimulai ketika memasuki usia kerja atau menginjak usia 21 tahun. Pada usia ini Anda bisa mendapatkan harga premi rendah bahkan bisa di bawah harga pasar jika Anda tidak memiliki penyakit bawaan yang berisiko.

Jenis Pekerjaan

Ternyata pekerjaan atau profesi yang Anda geluti saat ini juga mempengaruhi harga premi yang bisa didapat. Semakin berisiko sebuah pekerjaan maka premi yang ditetapkan semakin tinggi karena dikhawatirkan klaim yang diajukan cukup besar. Beberapa profesi yang dianggap beresiko tinggi diantaranya pilot, penerjung payung, tenaga konstruksi, hingga pekerja di pertambangan. Bahkan beberapa perusahaan asuransi menyediakan jenis proteksi khusus untuk beberapa bidang pekerjaan tersebut tentunya dengan premi di atas harga normal. Selain pekerjaan, hobi yang cukup ekstrem juga bisa menjadi alasan untuk menaikan iuran premi.

Riwayat Kesehatan

penyebab asuransi mahal

Saat Anda mengajukan pembuatan polis, pihak asuransi akan meminta rekam medis untuk melihat apakah Anda memiliki penyakit bawaan yang berat. Sebab sebagian besar perusahaan enggan menanggung sakit atau kematian para pemegang polisnya yang diakibatkan karena penyakit bawaan, seperti jantung dan diabetes. Ada proteksi khusus juga untuk orang-orang dengan penyakit serius, tentunya harganya diatas rata-rata.

Selain penyakit bawaan, biasanya perusahaan asuransi juga akan menilai berapa kuantitas Anda menyambangi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Pola kedatangan Anda ke ruangan medis dapat mengindikasikan kondisi kesehatan, semakin sering artinya kondisi kesehatan Anda semakin serius maka premi yang dibebankan mestinya cukup tinggi.

Jenis Proteksi yang Dipilih

Ketika memilih proteksi jiwa, Anda akan dihadapkan pada pilihan asuransi berjangka atau whole life. Sesuai namanya untuk tipe berjangka ini hanya memberikan perlindungan pada jangka waktu yang telah disepakati, biasanya berkisar antara 5, 10 dan 15 tahun. Sementara untuk whole life biasanya memberikan perlindungan hingga seumur hidup atau maksimal saat pemegang polis mencapai usia 100 tahun.

Untuk proteksi jiwa berjangka biasanya preminya lebih rendah, sementara untuk whole life dengan periode pembayaran yang lebih panjang, premi  yang dibayarkan biasnaya sedikit lebih tinggi.

Perokok Pasif atau Aktif

perokok aktif dan pasif

Ternyata rokok mengambil peran penting dalam penentuan asuransi mahal dan murah. Karena perokok aktif dirasa lebih berisiko mengalami masalah kesehatan maka premi yang dibebankan cenderung lebih tinggi dibanding mereka yang tidak merokok. Anda pun tidak bisa berbohong untuk perkara merokok ini. Sebab pihak asuransi bisa melihatnya dari medical check up yang Anda lakukan ketika proses pengajuan pembuatan polis. Bahkan beberapa perusahaan langsung menolak permintaan pembuatan polis dari calon yang terbukti perokok berat.

Lokasi Tempat Tinggal

Saat mengajukan pembuatan polis asuransi biasanya penanggung akan meminta kode ZIP tempat tinggal Anda. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan berpenduduk padat dengan risiko kecelakaan tinggi maka kemungkinan premi asuransiyang harus dibayarkan cukup tinggi. Namun, sebaliknya jika Anda tinggal di kawasan sepi, tapi ternyata masuk dalam daerah rawan kejahatan seperti perampokan dan kerusuhan. Ini juga bisa menjadi faktor untuk menaikkan harga premi mengingat setiap harinya risiko akan keselamatan diri Anda sangat tinggi.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas?

Itulah 7 faktor yang membuat premi asuransi mahal. Jika ingin mendapatkan premi rendah hindari ke-7 hal tersebut. Lunasi seluruh hutang dan pastikan memilih jenis asuransi yang pas sehingga perusahaan tidak harus berlama-lama mempertimbangkan dan menilai besar premi yang realisitis dibebankan.

 

Comments are closed.