Asuransi Mobil Modifikasi Ini yang Harus Diperhatikan

Asuransi

Mengubah tampilan dan menambah fitur pada mobil modifikasi baik dari bagian luar hingga ke dalam, perlukah menggunakan asuransi mobil modifikasi?

Ada kalanya pemilik mobil mempunyai keinginan untuk mengubah mobil menjadi mobil modifikasi. Keinginan tersebut bisa berdasarkan kebutuhan, atau bisa juga untuk membuat mobil modifikasi terlihat lebih keren. Penambahan yang sering dilakukan para pemilik mobil modifikasi, seperti velg ban, kaca film, hingga ke dalam mulai dari fitur audio, tv mobil, jok, serta fitur lainnya. Semuanya itu memang memerlukan biaya yang bisa menghabiskan anggaran sampai ratusan juta rupiah.

Lalu bagaimana bila mobil Anda saat dalam kondisi standar telah diasuransikan, apakah asuransi mobil Anda masih berlaku atau hangus? Dalam hal ini perusahaan asuransi dan juga pemiliki mobil, harus bisa bekerja sama agar bisa mempermudah proses asuransi.

SEMUA DAPAT DISKON! Berkendara  ke mana pun dan di mana pun, rasakan keamanan maksimal dengan asuransi mobil terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo MOBIL010 dan langsung dapat DISKON 10%

mobil modifikasi

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk asuransi mobil modifikasi?

Bengkel Legal Modifikasi

Disarankan seluruh modifikasi yang diingkan pada mobil Anda, harus dilakukan oleh bengkel yang memiliki SIUP atau mempunyai legalitas administrasi.

Simpan Dokumen dan Nota Pembelian Komponen

Setelah Anda selesai memodifikasi mobil sebaiknya simpan dengan baik semua dokumen dan nota pembelian. Juga dengan kartu garansi dari bengkel untuk setiap komponen yang telah dimodifikasi, dan jangan sampai hilang.

Membuat Rincian

Buatlah rincian dengan detail dari komponen-komponen dan fitur-fitur tambahan dengan mencantumkan merk, tipe, hingga harga. Ini penting demi menghindari oknum perusahaan yang berusaha mencari celah agar nasabah tidak bisa klaim suatu saat nanti.

Modifikasi Sewajarnya

Perusahaan asuransi akan melihat terlebih dahulu rincian dan bentuk dari mobil modifikasi Anda, apakah modifikasi ekstrem atau masih tergolong wajar. Jika modifikasi ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menanggung setengah nilai penggantian, atau bahkan ada kemungkinan tidak memberinya sama sekali. Namun jika mobil modifikasi Anda wajar, perusahaan akan memberikan perlindungan.

Penggantian Klaim Sesuai Perjanjian Awal

Asuransi akan mengganti klaim sesuai kondisi pada saat tanda tangan polis di awal dokumen perjanjian. Misalnya ada penambahan aksesoris di atas Rp15 juta, maka dikategorikan modifikasi ekstrem yang akan dikenakan penambahan premi untuk perluasan asuransi

Jadi sebelum melakukan modifikasi mobil, segera beritahukan kepada pihak asuransi telah dilakukan pemasangan komponen baru yang tidak tertulis dalam polis. Begitu juga keinginan untuk mengembalikan bentuk dan komponen mobil ke dalam bentuk semua.

Leave a Reply