Jangan Asal Pilih Asuransi Mobil. Ketahui Jenisnya

Asuransi

Apa rasanya memiliki kendaraan tanpa asuransi mobil? Baca artikel ini dan Anda akan temukan jawabannya!

Kurang lengkap jika Anda punya kendaraan tapi belum memiliki asuransi mobil. Walaupun memang sampai sekarang lebih banyak yang tidak mengasuransikan kendaraan daripada yang mengambil polis asuransi. Mereka beralasan bahwasannya mengasuransikan mobil itu membebani biaya setiap tahun. Walaupun sebenarnya mereka tahu ada manfaat dari memiliki asuransi ini.

Sebenarnya, tidak tepat juga jika Anda menganggap asuransi itu membebani. Apakah Anda tahu ada dua jenis asuransi mobil? Mungkin selama ini Anda hanya tahu salah satu premi asuransi saja. Ada lho premi asuransi yang lebih terjangkau.

Oleh sebab itu, pahami dulu dua jenis asuransi mobil berikut ini.

Jenis-jenis Asuransi Mobil yang Bisa Anda Miliki 

Jenis Asuransi Mobil All Risk

Salah satu jenis asuransi yang paling banyak diambil adalah all risk. Dalam Bahasa Indonesia, ini artinya semua risiko. Jika Anda mengambil jenis asuransi ini, maka biaya perbaikan apa pun, entah itu kecil ataupun besar, bakal ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Semua jenis kerusakan ditanggung oleh perusahaan, maka itu artinya risiko tersebut sangat mungkin terjadi. Itulah yang menyebabkan perusahaan asuransi mobil menetapkan premi yang cukup mahal.

Contohnya saja, jika Anda mengalami kecelakaan di jalan raya yang mengakibatkan ada kerusakan sedikit pada bagian bodi, silakan Anda hubungi pihak asuransi. Mereka akan memperbaiki bodi mobil tersebut asalkan klaim yang Anda ajukan sudah memenuhi syarat.

Begitu juga ketika terjadi kerusakan yang begitu parah. Misalnya saja mobil Anda mengalami korsleting listrik sehingga menyebabkan mobil terbakar hampir keseluruhan bodi. Maka, Anda tidak perlu khawatir. Perusahaan tetap akan melakukan pergantian.

Jadi, sangat wajar kan jika banyak yang mengambil asuransi mobil jenis ini? Namun, Anda harus ingat premi asuransinya cukup mahal. Lebih mahal dibandingkan dengan jenis asuransi kendaraan lainnya.

Jenis Asuransi Mobil TLO

Lain dengan yang sebelumnya. TLO ini singkatan dari Total Loss Only. Artinya, pertanggungan hanya akan diberikan jika kerusakan yang terjadi pada mobil melebihi 75 persen. Atau mobil Anda hilang? Perusahaan juga akan mengganti dengan mobil yang baru.

Bagaimana jika kerusakan minor seperti bodi mobil lecet akibat terserempet mobil lain di jalan? Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan klaim. Jadi, tidak semua kerusakan ditanggung oleh perusahaan inilah mengapa premi asuransi mobil TLO ini lebih murah dibandingkan dengan all risk.

Sekilas, lebih enak pilih TLO daripada all risk. Belum tentu juga, sebenarnya. Ini tergantung mana yang memberikan manfaat kepada Anda. Butuh pertimbangan lain selain harga ketika Anda ingin membuat keputusan.

Asuransi Mobil: Bukan Hanya Harga yang Jadi Pertimbangan

Banyak orang yang berpikir yang penting sudah mendapatkan asuransi mobil dengan harga murah. Hingga akhirnya mereka bisa saja akhirnya memilih asuransi TLO.

Ada satu tahap yang mereka lupakan. Apakah benar-benar asuransi TLO itu yang mereka butuhkan? Apakah semua manfaat dari asuransi TLO ini yang mereka ingin dapatkan?

Seharusnya, ada beberapa hal yang perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Frekuensi Penggunaan Mobil

Ada satu rumus yang harus Anda pahami. Semakin sering Anda menggunakan mobil, maka semakin tinggi risiko terjadi kecelakaan. Sebaliknya, jika Anda tidak terlalu sering menggunakan mobil, maka risiko kecelakaan mobil rendah.

Sekarang, Anda jawab. Apakah Anda sering menggunakan mobil? Apakah setiap hari Anda beraktivitas dengan menggunakan mobil? Jika ya, maka asuransi mobil all risk yang tepat untuk Anda pilih.

Sebaliknya, jika Anda hanya sesekali mengendarai mobil pribadi, pilih saja TLO.

Kondisi Jalan yang Sering Anda Lewati

Apakah Anda tinggal di sebuah kota yang jalan rayanya sering mengalami kemacetan? Jika ya, potensi berselonggolan dengan mobil lain sangat tinggi. Itu artinya kerusakan kecil seperti bodi mobil tergores bodi mobil lain sangat mungkin terjadi.

Kira-kira, jika kondisinya seperti itu, asuransi mobil apa yang Anda harus pilih? Tepat sekali. Asuransi mobil all risk adalah pilihan yang tepat.

Potensi Pencurian

Jika Anda tidak terlalu sering menggunakan mobil dan di daerah Anda sering terjadi pencurian mobil, maka pilih TLO. Ini yang terbaik.

Setidaknya tiga hal tersebut yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan. Jadi, Anda tidak boleh grusa-grusu sehingga memilih jenis asuransi dengan hanya mempertimbangkan premi asuransi yang murah.

Selain memilih jenis asuransi, Anda juga perlu hati-hati memilih perusahaan asuransi. Anda mungkin pernah dengar ada orang yang merasa dipersulit ketika mengajukan klaim. Bisa saja itu disebabkan ada prosedur klaim yang tidak dipenuhi. Akan tetapi, bisa juga memang dari pihak perusahaan yang mempersulit.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda cari tahu dulu track record perusahaan asuransi mobil yang ingin Anda pilih. Pilih yang memiliki track record baik.

Anda bisa lihat review dari pemegang polis asuransi. Tanyakan pada teman atau saudara yang sudah memiliki asuransi kendaraan.

Selain itu, perhatikan juga bengkel rekanan. Jangan sampai Anda sudah memilih asuransi tapi bengkel rekanan yang ditunjuk kurang bagus dan lokasinya sangat jauh. Maka dari itu, jangan hanya melihat harganya saja. Lihat juga layanannya, track record, dan juga bengkel yang mereka ajak untuk berpartner.

Jadi, sudah siap untuk memilih? Setidaknya sekarang ini Anda sudah memiliki pengetahuan mengenai jenis asuransi kendaraan. Putuskan mana yang sebenarnya Anda butuhkan. Pastikan Anda mampu membayar polis asuransi tersebut secara rutin. Baru kemudian Anda browsing untuk mencari perusahaan asuransi mobil terbaik. Dengan pemahaman seperti ini, Anda tidak akan salah ketika memilih.

Comments are closed.