5 Hal Penting Saat Cek Mobil Sendiri Sebelum Mudik

Asuransi MobilMobil

Sebelum mudik menggunakan mobil. Penting untuk cek mobil sendiri sebelum mudik. Beberapa hal di bawah ini, akan membantu kesiapan Anda sebelum melakukan perjalanan mudik.

Mudik ke kampung halaman menggunakan mobil merupakan momen yang selalu ditunggu setiap tahunnya. Mudik seringkali identik dengan perjalanan jauh, sehingga bila menggunakan mobil dibutuhkan juga persiapan yang matang.

Cek mobil sendiri sebelum mudik merupakan langkah tepat. Hal ini untuk membuat persiapan Anda matang sebelum mudik, sehingga bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Mesin Mobil

Saat melakukan perjalanan mudik yang jauh, tentunya wajib untuk cek mobil sendiri sebelum mudik. Anda bisa memulainya pada mesin mobil, Anda bisa melakukan tune-up mesin terlebih dahulu. Kemudian mulai periksa bagian busi, karburator, air radiator, dan air reservoir.

Pada bagian mesin juga terdapat beberapa komponen penunjang lainnya. Anda bisa mulai periksa kondisi kelistrikan pada lampu mobil. Kemudian cek selang-selang pada mobil, apakah ada kebocoran atau tidak.

Oli Mesin

Hal kedua saat cek mobil sendiri sebelum mudik dan masih berhubunngan dengan mesin. Anda bisa cek pelumas atau oli mesin mobil. Hal ini penting mengingat bahwa oli mesin merupakan bagian untuk menajga peforma mesin mobil.

Melakukan perjalanan mudik dengan rute yang jauh, dan kondisi jalanan macet membuat mesin terus bekerja. Ini dibutuhkan juga oli mesin mobil yang mampu mengalirkan pelumas yang baik. Sehingga bisa membuat mesin mobil tetap terjaga dalam berbagai situasi di jalan raya.

Rem Mobil

Bagian yang sangat vital saat berkendara untuk perjalanan mudik dengan mobil, yaitu rem mobil. Cek kondisi rem mobil sebelum melakukan perjalanan mudik. Demi menghindari terjadinya rem blong, yang bisa membahayakan mobil. Anda bisa mulai memeriksanya dari selang minyak rem dan kampas rem. Sebaikya diganti yang baru jika kondisi kanpas rem sudah mau habis.

Ban Mobil

Saat cek mobil sendiri sebelum mudik, Anda harus perhatikan dengan pasti kondisi ban mobil. Mobil akan terasa nyaman digunakan jika kondisi ban bagus. Ini berarti permukaan ban rata, tidak ada benjolan, juga tidak botak. Berikan tekanan angina yang sesuai dan pas.

Anda juga perlu melakukan spooring dan balancing sebelum melakukan mudik. Cek juga kondisi ban cadangan, sebagai persiapan jika saja dalam perjalanan ban utama mengalami kendala.

Perlengkapan Mobil

Hal terkakhir saat cek kondisi mobil sendiri sebelum mudik, yaitu perlengkapan penunjang di mobil. Mulai dari surat-surat penting seperti SIM dan STNK. Kemudian perlengkapan dari perkakas, dongkrak, hingga kebutuhan medik kotak P3K.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

Comments are closed.