Asuransi Mobil Lecet, Begini Prosedur Pengajuannya!

Asuransi MobilMobil

Padatnya lalu lintas di jalanan terkadang membuat mobil tidak sengaja tergores, karenanya asuransi mobil lecet hadir dengan beberapa manfaat, apa saja?

Kendaraan pribadi memang menjadi kebutuhan sebagian besar orang yang memiliki kesibukan untuk bisa melaksanakan kegiatannya. Tentu, pemilik bukan hanya dituntut untuk menyiapkan biaya untuk membelinya saja melainkan juga harus menghitung-hitung biaya untuk perawatan atau bahkan jika adanya kerusakan. Biaya perawatan serta kerusakan mobil tidaklah sedikit, bahkan jika ada lecet Anda mungkin akan mengeluarkan kocek yang terbilang lumayan.

Disinilah peran asuransi mobil lecet bisa membantu Anda untuk dapat meringankan biaya yang harus Anda keluarkan untuk memoles bodi mobil Anda menjadi mulus kembali. Pasalnya, kadang kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di jalan, parahnya lagi bahkan ketika mobil sedang di parker mungkin juga tanpa sengaja lecet akibat tersenggol kendaraan lain yang sedang melintas.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mendaftarkan kendaraan pribadi pada asuransi mobil tepercaya yang mampu menanggung biaya lecet bodi dengan prosedur yang tepat. Anda bisa memilih berbagai asuransi mobil tepercaya hanya di Futuready sebagai broker asuransi online yang menjamin kemudahan dan keamanan produk asuransi yang Anda pilih. Jangan ditunda-tunda, segera buka websitenya ya!

Baca juga: Ini Asuransi Mobil yang Bagus dan Murah

Jika Anda sudah memiliki asuransi mobil lecet, Anda juga penting untuk mengetahui prosedur klaimnya. Jangan sampai manfaat yang seharusnya Anda terima malah tak terpakai hanya karena Anda salah prosedur. Maka dari itu simak informasi di bawah ini ya.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

manfaat asuransi mobil lecet

Sebagaimana pertanggungannya, jenis asuransi mobil yang ditanggung dibedakan berdasarkan premi yang dibayarkan oleh nasabah. Secara umum, jenis asuransi mobil terdiri atas dua jenis, yaitu asuransi kendaraan All Risk dan Total Lost Only atau TLO. Tentu, ketika Anda akan memilih jenis mana yang akan diambil, selaku nasabah asuransi mobil akan menentukan pilihan sesuai kebutuhan dan tingkat risiko yang ditanggung. Berikut penjelasan dari kedua jenis asuransi mobil sebagai berikut:

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Asuransi TLO

Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa asuransi mobil TLO hanya melindungi tertanggung dari risiko kerugian akibat kehilangan total. Artinya, kehilangan total di sini ketika kondisi mobil mengalami kerusakan minimal 75 persen atau kehilangan akibat pencurian. Premi asuransi jenis ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk.Jadi, jika mobil Anda mengalami benturan yang mengakibatkan terjadinya lecet pada badan mobil, sayangnya tidak bisa ditanggung oleh jenis asuransi ini.

Asuransi all risk

Asuransi ini memiliki keunggulan selain melindungi pemilik dari kerugian akibat kehilangan total, sebagaimana asuransi mobil all risk menanggung risiko atas segala jenis kerusakan, mulai dari ringan hingga berat, termasuk kerusakan lecet pada badan mobil.

Jika risiko mobil Anda lebih tinggi untuk mengalami lecet karena tertabrak tembok atau tersenggol motor karena padatnya lalu lintas, lebih baik pilih asuransi all risk yang dapat menanggung semua skala kerusakan.

Prosedur  Klaim Asuransi Mobil Lecet

proses pengajuan klaim asuransi mobil lecet

Setelah Anda memiliki asuransi mobil lecet, jangan lupa untuk memahami tata cara klaim saat nantinya mobil anda mengalami bodi lecet. Hal ini penting supaya manfaat yang Anda dapatkan bisa maksimal. Adapun prosedur yang harus Anda lakukan yaitu:

Hubungi Pihak Asuransi

Yang pertama, Anda harus hubungi terlebih dahulu pihak asuransi bahwa Anda ingin mengklaim asuransi mobil lecet Anda. Anda bisa hubungi lewat telepon ataupun email yang biasanya akan dibalas 1 hari setelah Anda mengajukan klaim atau disesuaikan dengan ketentuan asuransi masing-masing.

Namun, selain asuransi Anda juga dapat mengontak pihak kepolisian apabila kendaraan Anda lebih dari sekedar lecet atau mengalami kecelakaan. Yang jelas, pihak asuransi menjadi salah satu pihak pertama yang mengetahui kejadian tersebut.

Melampirkan Bukti Foto

Setelah Anda menghubungi pihak asuransi dan dibalas, tentu pihak asuransi tidak akan langsung mengabulkan klaim asuransi karena dibutuhkan bukti-bukti yang bisa menunjukkan kerusakan. Dalam hal ini, foto dari kondisi mobil atau kendaraan yang lecet akibat kejadian tidak terduga, yaitu seperti kecelakaan atau disenggol pengendara lain.

Bukti foto ini penting guna merekam kondisi riil dari kendaraan kita pasca kecelakaan, terutama apabila kecelakaan atau benturan menyebabkan kendaraan rusak parah. Foto dapat pula turut disertakan ke pihak kepolisian apabila dibutuhkan.

Mengisi Formulir Pengajuan Klaim

Walaupun terkadang kita tidak begitu menyukai persoalan administrasi, tetapi pengisian formulir pengajuan klaim adalah salah satu hal utama. Pasalnya, klaim asuransi tersebut berdasarkan kelengkapan administrasi sehingga formulir merupakan hal yang mendasar.

Formulir tersebut biasanya turut memuat pertanyaan mengenai apa yang dialami tertanggung, jadi pastikan mengisi formulir dengan teliti dan sesuai fakta yang terjadi. Pastikan mengisi semua hal yang tertera pada formulir dan tidak ada yang terlewat. Semakin lengkap kita mengisinya, semakin jelas dan detail informasi yang diberikan pada pihak asuransi. Dengan begitu, klaim yang diajukan pun semakin mudah untuk diproses secepatnya.

Melengkapi Dokumen Sebagai Syarat Klaim

Prosedur  Klaim Asuransi Mobil Lecet

Saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet, pihak asuransi akan meminta nasabahnya menyiapkan dokumen penting sebagai syarat. Perhatikan dalam langkah yang satu ini karena jika ada kesalahan, maka klaim yang diajukan akan sulit untuk dikabulkan oleh pihak asuransi.

Kelengkapan dokumen tersebut di antaranya formulir klaim, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan Surat Keterangan Polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan, serta dokumen pertanggungjawaban pihak ketiga terkait kecelakaan jika ada.

Deskripsikan Kronologi Kejadian Secara Jelas

Berikan informasi selengkap mungkin dan runut dari sisi kronologi kejadian pemicu lecet pada badan kendaraan. Bisa jadi selain melalui formulir dan kelengkapan, guna mendukung klaim tersebut, kita akan diwawancarai sehingga pastikan keterangan diberikan dengan sejelas-jelasnya dan sesuai kronologi kejadian yang sebenarnya.

Baca juga: Apa Perbedaan Bengkel Resmi dan Bengkel Tidak Resmi ?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Gunakan Jasa Bengkel Rekanan

Ini yang kadang tidak benar-benar diperhatikan oleh nasabah asuransi kendaraan bermotor. Agar tidak rugi, pilih bengkel rekanan perusahaan asuransi kita untuk melakukan perbaikan. Umumnya setelah melakukan pelaporan, biasanya nasabah ingin segera membawa mobil ke bengkel terdekat atau langganan saja.

Jika Anda sudah melakukan prosedur di atas, hal yang kemudian harus Anda lakukan adalah bersabar menunggu hasil dari asuransi. Sebab asuransi akan melakukan survei atas klaim yang diajukan baru ditindaklanjuti dengan jadwal perbaikan kendaraan. Hal ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran klaim serta melihat kondisi mobil yang rusak. Setelah itu, pihak asuransi akan mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) sebagai surat pengantar untuk melakukan perbaikan di bengkel.

Walau memiliki prosedur yang lumayan rumit, namun asuransi mobil lecet ini berguna bagi Anda yang belum bisa menyisihkan biaya untuk perawatan atau perbaikan kendaraan. Jadi sudahkan mobil Anda diasuransikan?

Comments are closed.