Ketahui Fungsi Utama dari Ban Mobil

Asuransi MobilMobil

Fungsi ban mobil bukan hanya sebagai penggerak laju kendaraan, melainkan juga meredam laju, dan meminimalisir risiko kecelakaan

Ketika membeli mobil, mayoritas konsumen hanya fokus pada merek, model bahkan warna yang paling digemari. Satu hal penting yang mungkin sering disepelekan bahkan tidak terpikirkan oleh pembeli adalah kualitas ban mobil. Meskipun ban mungkin bukan salah satu hal pertama yang Anda pikirkan saat membeli kendaraan, tapi keberadaannya bisa dibilang menjadi komponen utama pada kendaraan.

Tanpa ban yang berkualitas, sebuah mobil tidak akan mampu menahan beban atau muatan yang diangkut. Kerusakan pada bagian ini dapat berakibat serius karena mobil benar-benar tidak bisa berjalan.

Bahkan ketika berniat menjual mobil Anda, kualitas ban mobil dapat mempengaruhi nilai jualnya. Perlu diingat ketika orang mencari mobil bekas, mereka akan memeriksa setiap bagian mobil satu persatu tidak terkecuali ban. Jadi pastikan untuk memeriksa kondisi ban secara teratur mulai dari kedalaman tapak ban Anda, keausan, tekanan udara, dan segala kerusakan atau tanda-tanda kerusakan.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Tekanan Ban Mobil

Selain memperhatikan komponen-komponen tersebut, alagkah baiknya juga Anda melindungi kendaraan dengan asuransi mobil. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti santunan akibat kecelakaan, tabrakan, kebanjiran, dan lain sebagainya.

Komponen Ban dan Fungsinya

Pada satu buah ban, umumnya terdiri dari 4 komponen atau bagian, yaitu inner, belt, tread, dan sidewall. Berikut ulasannya satu persatu.

Inner Tire

Ini adalah satu komponen yang berada pada lapisan dalam. Inner tire berfungsi menahan udara di dalam ban agar tetap menggelembung sehingga bisa digunakan. Terbuat dari senyawa karet yang terikat pada bagian dalam badan kabel, kompenen ini juga hampir sama seperti ban dalam. Namun, perlu diketahui mobil modern tidak lagi memiliki ban dalam.

Belt

Belt atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi sabuk, ini merupakan dua atau lebih lapisan yang kuat di bawah tapak ban. Fungsi utama lapisan sabuk adalah untuk memberikan kekuatan dan stabilitas pada tapak ban. Mereka berperan dalam meningkatkan jarak tempuh ban, ketahanan benturan, dan traksi. Baja adalah bahan tali yang paling umum digunakan di lapisan sabuk.

Komponen Ban mobil

Sidewall

Area ban dari bead hingga tapak atau sisi ban disebut sidewall. Sebuah pelindung bagi bagian innter. Juga memuat informasi tentang ban yang dicetak di dinding samping. Informasi ini termasuk ukuran ban, indeks beban, dan peringkat kecepatan. Senyawa karet sidewall ini dirancang untuk menahan kerusakan akibat ozon, terpotong, dan tersangkut.

Tread

Tread adalah bagian dari ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Material pembuat tread harus dibuat dari material yang berfungsi menyeimbangkan keausan, traksi, penanganan, penghematan bahan bakar, ketahanan, dan karakteristik ban lainnya. Karena itulah desain tread atau ban luar ini sangat bervariasi.

Baca juga: 5 Fungsi Perawatan Mobil Secara Berkala

Misalnya ada tread yang khusus dibuat untuk melintasi jalanan basah, berpasir adapula yang diciptakan untuk melaju di dataran kering. Jelasnya ban terbaik adalah yang memiliki tread yang kuat dan tidak mudah tergelincir.

Fungsi Ban Mobil

Fungi ban mobil sangatlah penting karena menjadi tonggak utama melajunya sebuah kendaraan. Berikut adalah beberapa fungsi ban mobil yang harus menjadi pertimbangan untuk Anda memilih ban terbaik.

Menahan Bobot Angkutan

Fungsi ban mobil yang paling terasa adalah sebagai penopang beban. Sebab ban menjadi tempat bertumpu mobil ketika mengangkut barang dan penumpang. Jikan ban yang digunakan kekurangan angin atau materialnya kurang bisa menopang beban berat maka roda tidak akan berputar.

Selain memilih ban berkualitas untuk mendapatkan fungsi ban maksimal, Anda juga harus menyesuaikan bobot mobil dengan kemampuan angkut ban mobil. Resiko paling tinggi ketika memaksa beban melebihi kapasitas mobil adalah ban mobil Anda akan pecah dijalan. Tentunya kondisi ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

Fungsi Ban Mobil

Mendorong Pengereman

Fungsi ban mobil lainnya adalah membantu mobil menjalanka fungsi pengereman, ban berfungsi sebagai penyalur tenaga agar pengereman bisa dilakukan. Tanpa roda ban Anda tidak akan bisa berhenti atau melambatkan laju mobil. Bahkan ban yang dibangun dari fondasi tidak sempurna bisa menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan.

Misalnya, meski sudah melakukan pengereman namun roda tidak berhenti berputar dan terus berjalan. Selain membahayakan diri sendiri kondisi ini juga beresiko mencelakakan pengendara lain didepan Anda, sebab kondisi ban yang tidak bisa berhenti saat proses pengereman dapat menyebabkan tubrukan.

Jelas kecelakaan yang diakibatkan karena kondisi ban rusak, tidak masuk dalam pertanggungan asuransi. Sehingga ketika Anda mengalami kejadian seperti ini kerugian pengendara lain juga menjadi tanggung jawab Anda.

Menentukan Arah

Mobil akan berjalan tak tentu arah jika tidak ada roda yang dapat berputar 360%. Makan fungsi ban menjadi sangat signifikan karena berfungsi sebagai penggerak mobil untuk berjalan ke arah mana. Bayangkan jika tanpa roda, ketika Anda mengarahkan stir ke kiri mobil tetap melaju lurus lantaran tidak ada roda yang membantu mobil untuk membelokkan body.Roda juga membuat laju mobil lebih stabil, ini karena ukuran ban mobil selalu dibuat sama dalam satu seri. Sehingga ketika berkendara di medan berliku dan naik turun posisi tegap mobil dapat dipertahankan.

Fungsi Ban Mobil

Peredam Kejut

Fungsi selanjutnya dari kehadiran ban adalah menjadi peredam kejut, khususnya ketika kendaraan melintasi jalan berlubang atau polisi tidur. Jika tidak ada roda maka body mobil akan terpental karena tidak mampu mencengkram jalanan. Karena roda adalah bagian yang membentur langsung jalanan maka keberadaannya tidak bisa disepelekan.

Baca juga: 7 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa fungsi ban untuk kendaraan baik mobil dan motor. Karena keberadaannya yang begitu penting, perawatan dan pemeriksaan berkala wajib dilakukan untuk menjaga kualitas ban tetap prima. Cek tekanan ban dan kekuatan ban luar adalah hal yang wajib Anda lakukan setiap kali melakukan servis.

Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan bobot barang bawaan, jangan melebihi kapasitas pabrikan mobil jika tak ini ban pecah tiba-tiba dijalan. Berkendaralah sesuai aturan lalu lintas maka perjalanan Anda akan aman dan nyaman.

Comments are closed.