Berapa Biaya Servis Mobil Innova? Berikut ini Ulasannya!

Asuransi MobilMobil

Biaya servis mobil Innova berbeda-beda tergantung tingkat kerusakan dan biaya jasa pemeriksaannya. Lakukan servis secara berkala untuk mengurangi tingkat kerusakan yang lebih parah.

Saat menginginkan tunggangan yang muat banyak tapi tetap punya tampilan modil, Toyota Kijang Innova bisa jadi pilihan. MPV premium ini jadi primadona para keluarga karena kabin yang terkenal nyaman, dibangun dari material berkualitas tinggi.

Selain itu Innova juga dikenal punya mesin bandel dan asik diajak berpetualang ke berbagai daerah di Indonesia. Namun, ketika mobil garang yang satu ini mengalami kerusakaan, Anda harus mengeluarkan biaya besar, sebab biaya servis mobil Innova tergolong mahal.

Baca juga: After sales service Mitsubishi dan Toyota, Mana yang Terbaik?

Terlebih jika kerusakan yang terjadi diakibatkan karena mengalami kecelakaan, yang diakibatkan karena kelalaian sendiri. Tentu semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, untuk meminimalisirkan risiko tak terduga, alangkah baiknya jika kendaraan Anda dilindungi asuransi mobil yang bisa memberikan Anda rasa nyaman dan aman jika terjadi hal buruk yang menimpa.

Selain harus mengeluarkan budget tinggi, Anda juga terancam tak bisa mengajukan klaim asuransi mobil. Sebab kecelakaan karena faktor disengaja tidak masuk dalam pertanggungan.

Beberapa Kerusakan yang Sering Mendera Mobil Innova

Biaya servis mobil Innova sebenarnya tidak bisa disama ratakan, sebab beda kerusakan beda pula penanganan yang akhirnya menjadi tolak ukur besarnya biaya servis mobil Innova. Untuk bisa mendapatkan gambaran, mungkin Anda harus mengetahui lebih dulu berbagai kerusakan umum yang kerap mendera mobil Innova. Berikut ini penjelasannya.

toyota innova

Filter Bahan Bakar Bermasalah

Biasanya masalah paling umum yang mendera mobil Innova adalah kehilangan tenaga karena adanya gangguan pafa filter bensin. Setelah dicek ternyata filter bensin yang penuh tumpukan kotoran. Hal ini terjadi karena kualitas bensi di Indonesia yang kurang bagus. Sehingga kerap meninggalkan residu pada bagian filter.

Selain itu seringkali pemilik kendaraan membeli bahan bakar beroktan rendah yang terbukti kurang bagus buat mesin. Kinerja bahan bakar pun menjadi terhambat. Perlu diketahui bahan bakar beroktan rendah meningkatkan kerja mesin penyaringan, sehingga mobil bekerja lebih ekstra untuk mendapatkan tenaga.

Selain itu bahan bakar beroktan rendah seringkali masih membawa kotoran yang dapat menempel pada mesin dan membuat filter bensin kotor. Filter bensin yang kotor ini sulit dibersihkan, alias harus diganti yang baru.

Baca juga: Daftar Mobil Rolls Royce Termahal dan Termurah

Injektor Kotor

Injektor merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan. Fungsinya sangat krusial yakni sebagai aktuator yang berfungsi sebagai jalur keluar bahan bakar dari sistem ke ruang intake manifold. Injektor berperan dalam mengeluarkan bensin dari dalam saluran bahan bakar. Nah karena injektor ini juga masih berkaitan dengan filter bensi maka ketika filter kotor sudah pasti injektor akan kotor juga. Alhasila pembakaran bensi hadi tidak sempurna dan mobil kehilangan tenaga.

Masalah pada Radiator

Masalah pada bagian radiator juga sering menjadi kendaraan ngadat dan memaksa kita mengeluarkan biaya servis mobil innova yang tidak sedikit. Salah satu masalah yang sering mendera adalah radiator mampet, biasanya terjadi karen penggunaan air biasa sebagai pengganti coolant. Ingat ya biaya servis mobil Innova tidaklah murah.

Hal ini menimbulkan endapan kotor pada bagian radiator. Endapannya menutup saluran radiator dan membuat kinerja mesin mobil terhambat. Untuk menghindari masalah ini rutinlah menguras air radiator dan isi dengan coolant.Yang perlu diwaspadai adalah radiator ini bisa mengalami kebocoran. Bberapa faktor penyebabnya adalah tutup, packing, selang sudah rusak, dll. Kebocoran juga terjadi karena saluran mampet. Jika sudah begini biasanya Anda harus melakukan servis menyeluruh.

mesin toyota innova

Kipas Mesin Bermasalah

Kipas mesin adalah bagian penting dalam sebuah mesin mobil. Innova sendiri menggunaka dua jenis kipas yang berbeda untuk dua variannya yakni mesin diesel dan bensi. Untuk diesel disebut motorfan sementara pada mesin bensin disebut visco fan. Visco fan adalah kipas radiator yang dijalankan dengan oli atau minyak. Putaran fan yang ideal ini tidak terlalu mencengkram tapi juga tidak terlalu loss. Saat putaran terlalu loss kipas menjadi tidak tinggi. Sebaliknya, jika fan berputar terlalu mencengkram maka bisa menimbulkan suara bising. Jika gejala ini terjadi, lihatlah ke bagian dala. Putar kipas secara manual, jika terlalu berat atau malah terlalu ringan segera bawa ke bengkel.

Mesin Panas

Overheat atau mesin panas sebenarnya dapat menimpa mobil mana saja dan siapa saja. Diakibatkan karena adanya kerusakan mesin maupun gaya berkendara yang kurang ideal. Nah sekaliber Innova yang dilengkapi mesin berteknologi tinggipun tetap overheat bisa terjadi dan mengakibatkan mobil mati mendadak.

Sebaiknya, kurangi kebiasaan mengemudi yang buruk seperti berkendara dalam durasi panjang, atau kurang melakuakn pemeriksaan dan perawatan rutin. Biaya servis mobil Innova karena mesin panas biasanya bisa memakan puluhan juta rupiah. Sebab mesin overheat ini kebanyakan tidak bisa diperbaiki sehingga harus diganti dengan mesin baru.

Biaya Servis Mobil Innova

Biaya Servis Mobil Innova

Setiap pabrikan mobil memiliki aturan yang berbeda terkait servis berkala untuk berbagai produknya. Namun umumnya menyarankan servis dilakukan setiap kelipatan 10.000 km. Dilansir dari berbagai sumber, berikut biaya servis mobil nnova diesel.

10.000, 50.000, dan 70.000 km –  Rp 1.419.500.

Pada interval ini yang harus di servis adalah oli mesin, gasket oli mesin, filter oli, dan balance timah.

20.000 dan 100.000 km –  Rp 1.520.700.

Pada interval ini part yang harus diservis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan inval 70.000 km antara lain oli mesin, gasket oli mesin, filter oli, dan balance timah.

30.000 –  Rp 1.719.500.

Pada interval 30.00 km part yang diservis, yakni oli mesin, gasket oli mesin, filter oli, filter udara, dan balance timah.

40.000 Km – Rp 2.119.800.

Pada interval 40.000 km part yang diservis diantaranya oli mesin, gasket oli mesin, filter oli, minyak rem, balance timah, oli transmisi, differential oil, dan gasket plug gear

60.000 km – Rp 1.820.700.

Pada saat Anda melakukan servis mobil Innova di interval 60.000, part yang diperiksa sama dengan ketika melakukan servis di iterval 30.000 km.

80.000 km – Rp 2.145.100.

Pada interval 80.000 Km part yang diservis sama dengan ketika Anda melakukan servis di interval 40.000 km. Namun biasanya biaya jasa yang dibebankan lebih tinggi.

90.000 km – Rp 1.780.500.

Pada interval 90.000 Km part yang diservis sama dengan pada saat interval 60.000 dan 30.000 km.

Baca juga: 9 Jenis Pintu Mobil Super Canggih

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah gambaran biaya servis mobil Innova yang harus Anda keluarkan higga mobil menempuh jarak 90.000 km. Ingat ya, lakukan perawatan secara berkala agar mobil tidak mengalami kerusakan fatal.

Comments are closed.