Apa Saja Fitur Mobil yang Harus Tersedia?

Asuransi MobilMobil

Fitur mobil berperan untuk mempermudah penggunaan mobil, menambah sistem keamanan dan juga sistem hiburan sehingga perjalanan lebih aman, nyaman serta menyenangkan

Pembeli mobil saat ini sering dipusingkan dengan berbagai jargon dan akronim seperti opsi, fitur yang ditawarkan dan juga aksesori. Pagi pembeli awam istilah ini merujuk pada kualitas mobil tersebut. Semakin lengkap fiturnya semakin mahal harganya. Namun harga dan kelengkapan fitur mobil tak melulu berjalan relatif dengan kualitasnya.

Hal ini karena setiap merek memiliki penawaran soal fitur unggulan yang berbeda, dan acapkali saat membandingkan satu mobil dengan lainnya selalu ada terasa kosong. Ada fitur mobil yang terdapat di kendaraan A, tapi tidak ada dikendaraan B yang sebenarnya Anda lebih suka karena desainnya yang menarik.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak?

Mobil dengan kombinasi desain menawaran dan fitur mobil lengkap serta canggih adalah impian semua kalangan. Namun, biasanya mobil-mobil seperti ini dibanderol sangat tinggi bahkan bisa mencapai miliaran.

Semakin tinggi harga suatu kendaraan, tentu semakin mahal juga biaya untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda lindungi kendaraan dengan asuransi mobil yang tentu bisa memberikan manfaat untuk kendaraan, diri Anda, dan juga pihak ketiga yang terlibat.

Definisi dan Fungsi Fitur Mobil

Fungsi Fitur Mobil

Fitur mobil adalah teknologi tambahan yang disematkan pada kendaraan. Fitur ini dibuat dengan tujuan memberikan kenyamaan dan menambah keamanan mobil sehingga pengemudi dan pengendara dapat meminimalisir resiko kecelakaan baik karena tubrukan maupun kecelakaan tunggal.

Terdapat beberapa jenis fitur mobil seperti fitur keamanan, fitur hiburan dan fitur keselamatan. Masing-masing dari jenis ini memiliki fungsi yang berbeda. Dalam industri mobil, teknologi yang disematkan selalu berubah dengan semakin banyak kendaraan melengkapi dirinya dengan teknologi paling tevolusioner dan praktis.

Kemajuan inipun berlangsung sangat cepat, dan nampaknya tidak menunjukkant tanda-tanda perlambatan. Namun tidak semua mobil keluaran baru dilengkapi teknologi yang sama. Ada kendaraan yang dimotori fitur-fitur berteknologi tinggi, namun sebagian lain dibuat lebih ekonomis agar harganya lebih terjangkau.

9 Fitur Mobil yang Wajib Ada Pada Mobil Masa Kini

Fitur mobil paling lengkap dikenal hanya ada pada mobil mewah. Namun memasuki medio 2000-an kendaraan yang berada di entry level kini juga tidak mengesampingkan persoalan fitur ini, khususnya untuk sistem keselamatan. Kini semakin banyak saja mobil dengan harga kompetitif yang disematkan fitur-fitur berteknologi tinggi.

Berikut adalah 9 fitur terbaru yang biasanya ada pada mobil keluaran saat ini.

Fitur Mobil yang Wajib Ada

Dual Front Airbags – Fitur Keamanan

Airbag adalah fitur yang menyelamatkan jiwa jika terjadi kecelakaan. Tedapat di bagian atas dashboard, airbag berfungsi sebagai bantalan yang akan mengembang secara otomatis ketika ada tubrukan. 10 tahun lalu airbag merupakan teknologi mahal, namun kini airbag menjadi fitur mobil utama yang selalu ada disetiap mobil pada seluruh tingkatan mulai dari city car, hatchback, MPV sampai SUV.

Anti-lock Braking System – Fitur Keamanan

ABS (sistem pengereman anti-lock) adalah fitur keamanan aktif. Fitur keselamatan aktif adalah fitur yang membantu menghindari kecelakaan. ABS memodulasi tekanan pada rem untuk mencegahnya terkunci dalam situasi pengereman yang panik. Karena tidak memungkinkan roda terkunci, kendaraan dapat dikemudikan dengan pengereman yang keras. Di mobil tanpa ABS, roda bisa tergelincir dan tidak akan mengarah ke arah yang diinginkan jika terkunci. ABS juga membantu mengurangi jarak pengereman. Sayangnya komponen ABS ini cukup mahal, alhasil tidak semua jenis mobil bisa disematkan teknologi ini terutama pada varian hatchback.

ISOFIX – Fitur Keamanan

Jika Anda orang tua, ini adalah fitur yang harus ada dalam mobil. Sebagian besar mobil saat ini dilengkapi dengan tungkai Isofix pada baris kedua untuk memperbaiki kursi keselamatan anak. Untuk mobil dengan airbag depan, disarankan untuk tidak mendudukkan anak-anak di kursi depan karena dapat berbahaya jika airbag mengembang. Kursi anak dapat diperbaiki pada pemasangan Isofix ini dengan aman di baris kedua dan yang mungkin menyelamatkan nyawa anak dalam kasus kecelakaan. Beberapa hatchback terjangkau seperti Swift dan Ignis dilengkapi dengan dudukan kursi Isofix.

Baca juga: Ketahui Fungsi Utama dari Ban Mobil

Rear Defogger – Fitur Keamanan

Kondensasi air di kaca depan mobil dapat diperbaiki dengan menggunakan blower dan menyalakan AC. Tapi bukan itu yang terjadi dengan kaca depan. Dan untuk alasan itu Anda membutuhkan defogger belakang. Selama musim hujan, akaca depan cenderung berkabut, yang menghalangi visibilitas lalu lintas atau lingkungan di belakang. Defogger membersihkan kabut dan membantu meningkatkan visibilitas belakang.

Rear Parking Sensor – Fitur Kenyamanan

Sensor parkir memperingatkan Anda akan adanya hambatan di bagian belakang saat memundurkan mobil. Banyak produsen mobil entry-level berhemat pada fitur ini untuk menjaga harga awal yang kompetitif. Namun, itu adalah fitur yang harus dimiliki bahkan untuk hatchback, terutama jika Anda berkendara di daerah perkotaan dengan ruang parkir yang sempit.

Manual Day/Night IRVM – Fitur Kenyamanan

IRVM siang / malam (kaca spion) adalah fitur yang membutuhkan investasi rendah tetapi membuat perbedaan besar bagi kenyamanan berkendara malam hari Anda. Fitur ini membantu pengemudi dengan mengurangi sorotan tajam dari sorotan lampu utama di bagian belakang. Beberapa mobil entry-level melewatkan fitur ini tetapi Anda mengubahnya di bengkel resmi terdekat.

Fitur Mobil yang Wajib Ada

Keyless Entry System – Fitur Kenyamanan

Fitur ini terdiri dari Remote Keyless entry (RKE) serta Remote Keyless Ignition (RKI). RKE berfungsi yang bekerja mengunci atau membuka pintu mobil dari jarak jauh. Sedangkan RKI berfungsi menghidupkan mesin dari jarak jauh. Selain keyless entry system biasanya juga terdapat fitur mobil advanced key system. Yakni fitur yang memungkinkan pemilik mobil mengaktifkan sistem mobil tanpa harus menekan tomobil kunci. Sistem ini secara otomatis mengenali saat kunci elektronik dibawa dan mendekati mobil.

Electrically Adjustable ORVM – Fitur Kenyamanan

Pembuat mobil menawarkan ORVM yang dapat disesuaikan secara manual (di luar kaca spion) dalam varian yang lebih rendah dari berbagai mobil.  Jika Anda adalah satu-satunya yang mengendarai mobil Anda, Anda mungkin tidak merasa perlu untuk secara teratur menyesuaikan ORVM kecuali ketika Anda parkir ditempat sempit.

Audio System – Fitur Hiburan

10 tahun yang lalu mungkin kita tidak terbiasa dengan keberadaan layar touchscreen di bagian dashboard, dengan penggunaan tombol yang begitu banyak. Namun kini hampir setiap mobil baru dijual dengann layar informasi digital yang dapat membantu pengemudi audio, iklim, telepon kita, dan banyak lagi yang memudahkan kita mengkases sistem hiburan dan komunikasi.

Selain itu terdapat pengembangan radio mobil yakni kemampuan untuk menghubungkan perangkat cerdas Anda ke kendaraan Anda. Memiliki kendaraan yang dilengkapi dengan kemampuan CarPlay berarti Anda memiliki akses ke sistem yang memungkinkan Anda untuk menggunakan radio mobil seperti halnya menggunakan ponsel cerdas Anda. Ini berarti Anda dapat membuat panggilan dan membuat pesan dengan mudah dan aman, dan juga memiliki akses ke musik terbaik dari perangkat pintar Anda.

Baca juga: Penyebab-Penyebab Terjadinya Mobil Mogok di Rel Kereta Api

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa fitur mobil berteknologi tinggi yang sebaiknya ada dalam mobil baru Anda.

Comments are closed.