7 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Asuransi Mobil

Anda bisa mengetahui lebih dini apa saja faktor yang mengakibatkan klaim asuransi mobil ditolak dengan membaca baik-baik surat perjanjian polis khususnya di poin pasal pengecualian. Di sana tertera hal-hal apa saja yang dapat dijadikan bukti bagi penanggung untuk menolak klaim Anda.

Setiap tahun ada ribuan bahkan lebih klaim asuransi mobil yang ditolak oleh perusahaan asuransi. Hal ini terjadi karena para tertanggung tidak membaca perjanjian polis secara detail, sehingga tidak mengetahui beberapa pasal pengecualian yang membuat mereka kehilangan klaim.

Ya, umumnya perusahaan asuransi sudah memberitahu pemegang polis beberapa faktor yang menyebabkan klaim asuransi ditolak, hal ini tercantum dalam pasal pengecualian. Bahkan penjelasan ini sudah ada sebelum Anda dan perusahaan asuransi sebagai penanggung menandatangani kontrak perjanjian.

Baca juga: Begini Syarat dan Perhitungan Klaim Asuransi Mobil

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan pemilik mobil saat ini adalah mendaftarkan polis sebagai mobil pribadi. Namun, faktanya digunakan pula untuk bisnis, misalnya dijadikan angkutan online. Sudah tentu ini menjadi bukti kuat klaim tidak bisa dicairkan karena adanya unsur penipuan yang dilakukan tertanggung.

Nah, untuk menghindari berbagai faktor yang membuat klaim asuransi ditolak, sebaiknya ketika membeli asuransi mobil Anda sudah memiliki gambaran syarat dan ketentuan mana yang paling memenuhi ekspektasi Anda.

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Tidak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan kita dalam berkendara misalnya tidak menjaga jarak aman dan memainkan ponsel sembari mengemudi. Hal ini merupakan salah satu faktor klaim asuransi ditolak.

Tidak hanya itu, secara umum ada tujuh alasan mengapa klaim asuransi ditolak. Dengan mengetahui alasan ini, Anda dapat Anda dapat menghindari hal-hal tersebut, agar klaim Anda tidak ditolak.

Kendaraan Tidak Layak Pakai

Jika Anda mengalami kecelakaan dan ternyata kendaraan Anda terbukti tidak layak jalan, klaim Anda akan ditolak. Setiap negara memiliki Undang-undang Lalu Lintas Jalan Nasional yang berisi daftar kelayakan kendaraan. Salah satu aturannya adalah sebagai berikut:

  • Mesin yang terpasang pada mobil harus cocok dengan yang ada pada dokumen registrasi dan tidak boleh ada tanda-tanda gangguan.
  • Jangan sampai ada kerusakan atau karat pada bodi atau sasis. Pintu harus mudah dibuka dan terpasang dengan kuat di engselnya.
  • Speedometer, odometer, sabuk pengaman, lampu, dan indikator harus dalam keadaan berfungsi.
  • Kaca depan harus bebas dari kerusakan, jendela yang dirancang untuk melakukannya harus membuka dan menutup dan wiper kaca depan harus bekerja dengan baik.
  • Ukuran roda dan ban harus sesuai dengan ukuran yang tercatat pada dokumen resmi
  • Rem harus dalam kondisi kerja yang baik, tanpa kebocoran dari sistem hidrolik.
  • Kompartemen engine, termasuk perkabelan, tidak boleh menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau kebocoran.
  • Baterai harus diamankan dengan benar, dan transmisi dalam keadaan baik.
  • Jangan sampai ada asap atau kebisingan berlebihan dari knalpot.

Baca juga: Ini Cara Klaim Asuransi Motor yang Benar

Adanya Pelanggaran Hukum

Faktor lain yang membuat klaim asuransi ditolak adalah adanya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pemegang polis. Misalnya saat kecelakaan terjadi mobil sedang dikendarai oleh kerabat yang tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM), atau tubrukan terjadi karena kesalahan pengemudi yang melanggar lalu lintas seperti berkendara sembari menggunakan ponsel atau tetap melaju meski lampu lalu lintas sudah menunjukkan warna merah.

Adanya pelanggaran hukum dianggap sebagai adanya unsur kesengajaan yang dilakukan pengendara, sehingga tidak bisa dikatakan sebagai kecelakaan. Mengemudi dalam kecepatan tinggi, berada dalam pengaruh alkohol atau mabuk dan dalam pengaruh psikotropika juga menjadi salah satu bukti kuat klaim Anda ditolak.Bahkan perkara sepele seperti memarkir kendaraan di wilayah terbuka atau di tempar parkir liat juga bisa jadi faktor klaim asuransi ditolak. Sebab Anda terbukti dengan sengaja menempatkan kendaraan di daerah rawan yang berpotensi menjadi target kejahatan.

Dokumen Pengajuan Klaim Tidak Lengkap  Saat mengajukan klaim ada sejumlah dokumen yang mesti dilengkapi pemegang polis. Mulai dari surat kehilangan dari kepolisian, foto bukti kerusakan, dokumen terkait mobil hingga perjanjian polis. Nah jika salah satu dokumen tidak lengkap atau bukti-bukti yang ada kurang kuat maka perusahaan asuransi berhak menolak klaim Anda, Jadi sebelum mendatangi kantor asuransi sebaiknya lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan.

Dokumen Pengajuan Klaim Tidak Lengkap

Saat mengajukan klaim ada sejumlah dokumen yang mesti dilengkapi pemegang polis. Mulai dari surat kehilangan dari kepolisian, foto bukti kerusakan, dokumen terkait mobil hingga perjanjian polis. Nah jika salah satu dokumen tidak lengkap atau bukti-bukti yang ada kurang kuat maka perusahaan asuransi berhak menolak klaim Anda, Jadi sebelum mendatangi kantor asuransi sebaiknya lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan.

Polis Lapse

Tidak sedikit pemilik asuransi mobil yang lupa memperpanjang masa pertanggungan, sehigga saat habis masa berlaku polis kendaraan tidak mendapat proteksi, kondisi ini dinamakan sebagai polis lapse. Polis lapse juga terjadi ketika Anda masih dalam proses membuat atau memperpanjang polis. Sudah tertera dalam kontrak bahwa perusahaan asuransi tidak bisa memeberikan klaim jika polis sedang dalam masa lapse atau tidak aktif.

Melebihi Batas Waktu Pengajuan

Selain dokumen yang mesti lengkap, faktor klaim asuransi ditolak lainnya adalah pengajuan klaim yang terlalu lama hingga melewati batas waktu yang ditentukan perusahaan asuransi. Rata-rata perusahaan menetapkan batas waktu pengajuan mencapai 3×24 jam dari saat kecelakaan terjadi. Lewat dari itu maka klaim akan ditolak. Karena itulah ketika proses kelengkapan dokumen ada kendala, coba informasikan lebih dulu kepada pihak perusahaan asuransi agar memberi Anda waktu tambahan pengajuan klaim.

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Mobil Telah Mengalami Modifikasi

Faktor lain yang membuat klaim asuransi ditolak adalah adanya modifikasi ekstream di bagian interior dan eksterior mobil. Modifikasi dinilai sebagai tindakan yang berpotensi membuat kerusakan pada kendaraan. Bahkan modifikasi kecil seperti mengganti kaca spion saja masih bisa menjadi bukti untuk penolakan klaim asuransi. Jika ingin melakukan modifikasi sebaiknya konsultasikan dengan perusahaan bagian mana yang bisa diubah atau adakah asuransi kendaraan khusus yang memberi pertanggungan untuk mobil hasil modifikasi.

Terjadi di Wilayah di Luar Kontrak

Ada beberapa perusahaan asuransi yang membatasi batas wilayah atau cakupan pemberian pertanggungan. Biasanya ini terjadi dibeberapa daerah rawan konflik. Sehingga ketika kebetulan mobil Anda bawa dan mengalami kerusakan di titik rawan konflik maka perusahaan asuransi berhak menolak klaim.

Baca juga: 5 Penyebab Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan klaim asuransi ditolak. Karena setiap perusahaan asuransi menerapkan kebijakan berbeda terakit klausul kontrak dengan pemegang polis, maka lebih baik sebelum menentukan pilihan pertimbangkan tawaran yang paling mendekati kebutuhan Anda. Sehingga Anda tidak merasa dirugikan dikemudian hari.

Comments are closed.