Deretan Mobil Paling Irit yang Pernah Mengaspal di Indonesia

Asuransi MobilMobil

Dari kelas MPV hingga LCGC inilah deretan mobil paling irit yang pernah mengaspal di Indonesia. Anda wajib memilih salah satunya.

Saat membeli sebuah mobil, salah satu standar yang digunakan mayoritas konsumen adalah irit atau tidak konsumsi bahan bakarnya. Tidak heran jika tunggangan yang masuk kategori mobil paling irit bahan bakar selalu laris manis dipasaran dan bahkan kerap dijuluki sebagai mobil sejuta umat.

Mobil paling irit bahan bakar biasanya dipilih oleh mereka yang punya mobilitas tinggi, yakni sering bepergian dengan mobil untuk urusan bisnis ataupun pekerjaan. Sebab mobil yang boros bahan bakar tentu akan menguras pos pengeluaran bulanan lumayan besar.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil

Terlebih selain bahan bakar, ada kebutuhan lain terkait mobil yang mesti dipenuhi seperti ongkos servis, tagihan tol, dan juga parkir. Sayangnya mobil dengan irit bahan bakar seringnya dibuat dengan model atau desain yang kurang ciamik, jadi nampak tidak kekinian.

Deretan Mobil Paling Irit yang Pernah Mengaspal di Indonesia

Meski diproduksi dengan model biasa-biasa saja, akan tetapi mobil yang menyandang predikat tersebut selalu jadi buruan. Harga miring juga jadi alasan lain yang membuat pembeli tidak berpaling. Ya, mobil irit biasanya dibanderol dengan harga murah. Harga ringan ini juga memberi konsumen keuntungan lain, yakni premi asuransi mobil yang rendah. Seperti kita tahu semakin murah kendaraan Anda semakin kecil juga premi yang mesti dibayar. Tidak hanya itu, asuransi juga memberikan perlindungan jika terjadi risiko yang tidak diinginkan, seperti mobil butuh perawatan akibat kecelakaan,kebanjiran, dan lain sebagainya.

Lantas mobil apa saja yang masuk dalam kategori mobil paling irit di Indonesia? Berikut ulasannya:

Daihatsu Xenia & Toyota Avanza

Mobil Paling Irit Toyota Avanza

Bernaung dalam satu grup perusahaan di bawah payung Astra, Toyota dan Daihatsu memang kerap melahirkan produk kembar. Salah satunya adalah Xenia dan Avanza yang selama 10 tahun terakhir selalu berhasil merajai pasar MPV Indonesia.

Sering dijuliki mobil sejuta umat karena memang banyak terlihat dijalanan, kedua tunggangan ini dikenal punya konsumsi baha bakar sangat irit. Xenia dengan 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 11,8 km sementara Avanza dapat melalui jarak mencapai 12,5 km untuk setiap 1 liter bensin.

Daihatsu Sigra X & Toyota Calya

Lagi-lagi dua Toyota dan Daihatsu meraih popularitas sebagai mobil paling irit melalui dua unggulannya di kelas Low MPV, yakni Daihatsu Sigra X dan Toyota Calya. Dibanderol dengan harga 100 jutaan dua produk ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang harus menggunakan mobil setiap haru. Untuk jarak tempuh per liternya,keduanya sama-sama dapat menempuh jarak sekitar 19 km dengan 1 liter bensin.

Honda Brio

Pabrikan Honda yang satu ini memang laris manis di industri otomotif Indonesia. Rata-rata pembelinya adalah kaum muda, maklum model yang disuguhkan memang kekinian. Harga yang dibanderol pun sangat terjangkau sehingga cocok digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Mengenai jarak tempuh, Brio dapat menempuh jarak mencapai 20 km dengan menghabiska 1 liter bensin saja.

Baca juga: Hai Pencari Mobil Diesel! Ini dia Mobil Bekas di Bawah 100 Juta

Toyota Agya & Daihatsu Ayla

Dua produk dari Astra yang khusus meramaikan pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) Agya dan Ayla memang sejak kemunculannya dikenal sebagai mobil paling irit. Keduanya terbukti dapat menempuh jarak mencapai 20 km lebih dengan 1 liter bensin. Hal ini tak lepas dari teknologi  smart driving atau eco mode yang membantu mengontrol konsumsi bahan bakar mobil.

Datsun GO & GO+ Panca

Pabrikan Datsun dikenal lama sebagai mobil yang termasuk tidak boros dalam mengkonsumsi BBM, selain itu harganya juga relatif murah. Namun namanya kalah bersaing dengan model sejenis lantaran desainnya yang dianggap tidak dapat memenuhi selera pasar Indonesia. Selain itu material yang digunakan sebagai rangka juga dinilai ringkih.

Mobil dengan kapasitas mesin 1200 cc ini berkapasitan 4-5 penumpang dan bisa Anda pulang dengan harga Rp 100 jutaan. Untuk konsumsi bahan bakar Datsun GO diklaim dapat menempuh jarak mencapai 23,5 Km dengan 1 liter bensin, sementara GO+ Panca 1 liter bensinnya dapat digunakan untuk berkendara sejauh 23,5 Km.

Suzuki Ertiga

Mobil Paling Irit suzuki ertiga

Kalau MPV satu ini dalam berbagai bentuk iklannya sudah mengklaim sebagai mobil paling irit. Sayangnya dibanding MPV dikelasnya Ertiga tergolong mahal.  Maklum saja material Ertiga memang disusun dari bahan berkualitas tinggi yang membuat penumpang nyaman.

Mobil 7 seater mengklaim dirinya sebagai mobil keluarga paling irit. Buktinya Ertiga mampu menempuh 11km dengan hanya 1 liter bahan bakar. Selain itu tunggangan ini juga dilengkapi teknologi futuristik serta tangguh diberbagai medan berat.

Wuling Confero

Nama wuling mungkin masih terdengar asing karena memang jadi pemain baru di industri otomotif tanah air. Produknya saja baru mengaspal di Indonesia selama 2 tahun terakhir. Mobil pabrikan China ini menyasar keluarga muda yang menginginkan kendaraan ramah anak, murah namun didukung dengan teknologi terbarukan.

Tak heran jika banderol harganya juga lebih miring dibanding mobil sejenis pada merek lain. Untuk konsumsi bahan bakar tak usah diragukan lagi. Untuk menempuh perjalanan sejauh 25,4 km Anda hanya membutuhkan 1liter bensin saja.

Honda Mobilio

Mobil paling irit Honda Mobilio

Mobilio adalah mobil kapasitas 7 penumpang yang sangat konsen dengan kenyaman para penumpangnya. Tak heran ya jika dibanding mobil dikelasnya harganya bisa jauh diatas rata-tata. Terlebih Mobilio ini juga masuk dalam kategori mobil irit bahan bakar. Bahkan diklaim paling irit di kelas MPV dan hatchback.

Suzuki Karimun Wagon R

Sebenarnya seri Suzuki yang satu ini kurang diterima dipasaran karena desainnya yang dinilai tidak memenuhi selera pasar. Namun karena banderolnya sangat murah bahkan bisa dibilang paling murah dikelasnya. Untuk konsumsi bahan bakar, mobil irit yang satu ini diketahui dapat menempuh jarak Jarak 36 Km dengan 1 liter bahan bakar saja.

Baca juga: Penting! Ini Fungsi Lampu Hazard Sebenarnya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah deretan mobil irit bahan bakar yang pernah mengaspal di Indonesia dan mewarnai pasar otomotif tanah air. Hampir di setiap kategori mobil seperti MPV dan LCGC memiliki produk yang konsen sebagai mobil yang hemat bahan bakar. Jadi Anda bisa sesuaikan mobil mana yang paling sesuai kebutuhan dan dinilai paling irit bahan bakar.

Comments are closed.