Seberapa Penting Asuransi Motor? Ketahui Hal ini!

Asuransi

Sejauh ini, produk asuransi apa yang pernah Anda dengar? Apakah Anda pernah dengar asuransi motor? Seberapa pentingkah? Yuk, cari tahu dari artikel ini.

Secara garis besar, tentu Anda sudah tahu bahwa asuransi adalah salah satu solusi untuk segala resiko yang bisa terjadi pada hidup Anda. Jika terjadi musibah atau hal yang tidak diinginkan, Anda sudah memiliki perlindungan yang pastinya menjamin musibah tersebut. Tidak hanya diri dan kesehatan Anda yang harus diasuransikan, motor juga merupakan salah satu kendaraan yang penting untuk dilindungi.

Salah satu kegunaan asuransi adalah perlindungan terhadap situasi ekonomi Anda. Adanya asuransi, risiko seperti kecelakaan, kerusakan bahkan kehilangan dapat terselsaikan dengan mudah. Salah satu yang harus Anda miliki adalah asuransi motor. Di mana motor merupakan salah satu kendaraan yang hampir semua orang sudah memilikinya.

Selain sebagai kendaraan, motor juga menjadi aset yang cukup berharga bagi mereka. Oleh karena itu, harus dijaga dengan baik. Salah satu untuk menjaganya adalah dengan memberikan perlindungan asuransi motor. Untuk memahami lebih lanjut jenis asuransi ini, berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: 6 Motor Yamaha Terlaris di Indonesia 2019

Cara Memilih Asuransi Motor

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beragam pilihan asuransi motor. Sebagai pengguna, Anda harus cermat dalam memilih produk asuransi yang paling tepat. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih sebuah produk asuransi.

Ketahui Jumlah Premi yang Disanggupi

Premi merupakan biaya yang harus Anda keluarkan ketika membeli sebuah produk asuransi. Biasanya, premi untuk asuransi motor dibayarkan setahun sekali, tetapi jika motor tersebut dibeli dengan sistem cicilan, maka premi akan disesuaikan dengan tenor kredit.

Memilih asuransi harus sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai pembayaran premi memberatkan finansial Anda dan mengurangi kemampuan pembiayaan kebutuhan lainnya. Salah satu cara sederhana untuk menghitung premi adalah sebagai berikut ini. Selain jumlah premi, jumlah klaim juga sangat memengaruhi keputusan pemilihan asuransi. Berikut adalah cara menghitung nilai klaim.

Harga OTR motor – (Nilai penyusutan per tahun x harga OTR motor)

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memilih asuransi tidak hanya bergantung pada jumlah premi dan jumlah klaim yang dapat diterima. Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan motor Anda. Beberapa kondisi yang dapat dijadikan pertimbangan adalah jenis, usia dan nilai ekonomi. Secara garis besar, asuransi motor dapat dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah asuransi gabungan (comprehensive).

Asuransi gabungan adalah layanan asuransi yang menjamin hampir seluruh kerusakan pada kendaraan. Kerusakan tersebut mencakup kecelakaan kecil atau besar. Asuransi jenis kedua adalah asuransi TLO (Total Loss Only). Asuransi kedua melindungi kendaraan anda dari kerusakan di atas 75% atau kehilangan akibat tindakan kriminal misalnya penggelapan atau pencurian. Sesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan Anda. Jika motor Anda jarang digunakan, mungkin lebih baik membeli asuransi TLO. Sebaliknya, jika masih baru dan sering digunakan, maka asuransi gabungan lebih sesuai.

Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Jangan mudah tertipu dengan klaim tinggi dan premi yang rendah. Teknologi yang semakin canggih semakin memudahkan para penipu untuk membentuk perusahaan palsu dan data palsu. Agar Anda tidak mudah tertipu, pilih perusahaan asuransi yang memang terdaftar dan memiliki reputasi yang baik. Pertimbangkan rekomendasi dari orang-orang di sekitar, misalnya dealer, teman atau keluarga.

Salah satu cara yang juga dapat dilakukan adalah dengan mengecek rasio penyelesaian klaim. Semakin baik rasio tersebut, berarti pengaduan yang diberikan oleh klien dapat ditangani dengan baik. Rasio ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih beberapa perusahaan asuransi yang telah memiliki reputasi baik.

Kemudahan Proses Klaim

Risiko dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, proses pengajuan klaim sangat menentukan kemudahan pelanggan. Yang pertama adalah syarat yang dibutuhkan, periksa apakah syarat pengajuan klaim bertele-tele atau masih dalam batas normal. Yang kedua adalah banyaknya cara klaim. Jika Anda dapat melakukan klaim via online, telepon atau kunjungan langsung, pastinya akan lebih mudah. Yang terakhir adalah layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Layanan tersebut misalnya mobil ambulans, mobil derek, call center 24 jam dan lainnya.

Semakin banyak layanan yang ditawarkan maka semakin mudah proses klaim Anda. Walaupun banyak jasa yang ditawarkan, pastikan bahwa polis asuransi Anda mencakup seluruh layanan ini agar tidak ada biaya tambahan di kemudian hari.

Jumlah Bengkel Rekanan

Jika terjadi kerusakan pada motor Anda, kendaraan tersebut dapat dibawa ke bengkel rekanan perusahaan asuransi. Jika jumlah bengkel rekanan banyak, maka semakin cepat dan mudah proses klaim. Lokasi bengkel rekanan juga dapat menjadi bahan pertimbangan.

Baca juga: Tertarik Motor Peugeot Django? Ini Spesifikasi dan Harganya!

Syarat Mengajukan Asuransi Motor

Untuk mengetahui apa saja syarat yang harus Anda miliki pada saat pengajuan permohonan asuransi kendaraan, berikut adalah beberapa daftar syarat umum yang wajib Anda ketahui sebagai berikut.

  1. Berusia di atas 17 tahun.
  2. Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK yang masih berlaku.
  3. Status kepemilikan kendaraan yang akan diasuransikan harus secara sah diakui oleh hokum.
  4. Kendaraan tidak terlibat atau digunakan untuk tindakan yang melawan hukum.

Keuntungan Memiliki Asuransi Motor

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada dua jenis perlindungan yang dikenal pada asuransi kendaraan, yaitu asuransi All Risk atau perlindungan yang mencakup semua kejadian kerusakan; dan perlindungan Total Loss Only (TLO) atau perlindungan hanya untuk kehilangan saja dan tidak berlaku untuk kerusakan ringan.

Dalam perkembangannya, asuransi kendaraan juga menyediakan perluasan asuransi, misalnya tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang, huru-hara, bencana alam, dan lainnya. Namun secara umum, asuransi kendaraan juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  1. Hemat, karena mengurangi ketidakpastian risiko.
  2. Mengurangi beban keuangan akibat timbulnya kerugian.
  3. Memberi ketenangan saat berkendara, baik Anda sendiri ataupun orang lain.
  4. Sebagai instrumen investasi, dan lebih disiplin menabung.

 

Comments are closed.