Pengertian dan Definisi Asuransi di Indonesia

Asuransi

Asuransi memang sangat penting, tetapi jangan asal membeli asuransi untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli asuransi. Sebagai seorang pemula, tentunya memilih produk ataupun perusahaan asuransi yang terbaik butuh pengetahuan yang matang.

Pengertian, Cara Kerja, Sejarah, dan Jenis – Jenis Asuransi di Indonesia

Dalam kehidupan sehari – hari, manusia tidak pernah lepas dari unsur ketidakpastian. Sehebat dan seteliti yang dikerjakan oleh manusia, tetap saja berpotensi mengalami kecelakaan atau hal – hal tak terduga lainnya.

Rumah misal nya, meski pun sudah dijaga oleh satpam, rumah masih tetap berpotensi dimasuki maling. Di lain sisi, rumah juga bisa terbakar, rusak karena bencana alam, dan lain sebagai nya.

Nah, dalam rangka antisipasi akan risiko yang mungkin muncul akibat ketidakpastian di masa mendatang tersebut, dibuatlah produk asuransi.

Dalam kasus di atas, untuk melindungi rumah yang dimiliki dari berbagai macam risiko, pemilik rumah membuat perjanjian dengan perusahaan asuransi.  Di mana jika rumah tersebut mengalami kerusakan (secara tidak sengaja), maka risiko kerusakan tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dan sebagai balasan nya, pihak pemilik rumah akan membayar premi asuransi ke pihak perusahaan asuransi.

Cara Kerja Asuransi

Contoh di atas pada dasar nya sudah bisa menggambarkan secara gamblang bagaimana produk asuransi bekerja. Namun begitu, untuk lebih jelas nya kami akan memberikan gambaran yang lebih jelas.

Singkat nya, alur kerja definisi asuransi adalah sebagai berikut:

–        Perorangan / suatu lembaga (selanjutnya disebut tertanggung) memiliki “sesuatu” yang dianggap penting (bisa rumah, mobil, kesehatan, jaminan pendidikan, dll)

–       Tertanggung ingin melindungi “sesuatu” yang ia anggap penting tersebut

–         Tertanggung membuat kontrak perjanjian dengan perusahaan asuransi (selanjutnya disebut penanggung). Di mana jika “sesuatu” yang diasuransikan oleh tertanggung menghadapi risiko (rusak, sakit, meninggal dunia, hilang, dll). Maka penanggung akan mengganti semua kerugian yang dialami oleh tertanggung. Sebagai ganti nya, tertanggung nanti nya akan membayar premi secara rutin ke pihak penanggung.

–         Jika kontrak disetujui oleh ke dua belah pihak, maka mekanisme asuransi akan mulai berjalan sesuai dengan kesepakatan yang dijalankan

–         Selama kontrak masih berlaku, jika nanti nya “sesuatu” yang dimiliki oleh tertanggung mengalami risiko (rusak, meninggal, sakit, hilang, dll). Maka penanggung akan menanggung kerugian yang dialami oleh tertanggung (dengan besaran sesuai dengan kontrak perjanjian)

–         Di lain sisi, jika nanti nya “sesuatu” yang diasuransikan tidak mengalami apa – apa. Maka pihak tertanggung tidak akan mendapatkan apa – apa dari pihak penanggung.

Nah, kira – kira seperti itu lah mekanisme atau pun cara kerja produk asuransi. Dalam praktek nya nanti, proses asuransi akan sangat bergantung pada kontrak perjanjian asuransi yang disetujui oleh dua belah pihak.

Dalam kontrak tersebut akan dijelaskan secara gamblang apa – apa saja yang menjadi tanggung jawab ke dua belah pihak. Seperti (pihak tertanggung dan pihak penanggung), masa berlaku kontrak asuransi, dan lain sebagainya.

Sejarah Asuransi

Tahukah Anda bahwa produk asuransi sudah ada sejak jaman romawi kuno? Ya, produk asuransi pertama kali muncul di kerajaan romawi kuno, yaitu pada masa pemerintahan Raja Alexander Agung.

Pada waktu itu, mekanisme asuransi masih belum dijalankan dengan sistem canggih seperti sekarang.

Konsep asuransi yang berjalan pada masa itu cenderung lebih ke arah patungan antar sesama anggota kelompok. Tujuannya untuk membantu anggota yang sedang tertimpa musibah, seperti sakit atau pun meninggal dunia.

Nah, di Indonesia sendiri, asuransi mulai dikenal sejak era penjajahan Belanda. Pada waktu itu, asuransi diberlakukan oleh pemerintah Belanda untuk mengamankan aktivitas perdagangan yang dijalankan oleh pemerintah kolonial di bidang perkebunan.

Dalam praktek nya, pada masa tersebut pemerintah Belanda hanya menerapkan mekanisme asuransi untuk melindungi risiko gagal panen. Begitu juga dalam proses pengiriman komoditi pertanian dari Indonesia ke negara Belanda.

Sejak saat itu, berbagai macam perusahaan asuransi pun bermunculan. Dari mulai perusahaan asuransi jiwa sampai dengan perusahaan asuransi kendaraan, semua nya mulai bermunculan untuk melayani kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Landasan Hukum Asuransi di Indonesia

Di Indonesia, tata pelaksanaan program asuransi diatur dengan beberapa landasan hukum. Seperti, undang – undang, peraturan pemerintah, keputusan menteri, peraturan OJK, peraturan Bapepam, surat edaran OJK, dan regulasi asuransi syariah.

Namun begitu, secara keseluruhan pakem pelaksaan industri asuransi di Indonesia tetap berpegang pada undang – undang.

Dua undang – undang yang mengatur regulasi asuransi di Indonesia adalah sebagai berikut:

–         Undang – Undang No. 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian

–         Undang – Undang No. 2 Tahun 1992 Tentang usaha Perasuransian

Siapa yang Berperan Sebagai Pihak Penanggung Asuransi??

Pihak penanggung asuransi biasa nya adalah perusahaan lembaga keuangan. Dalam dunia keuangan, perusahaan asuransi tergolong sebagai perusahaan lembaga keuangan non bank. Kedudukan nya kurang lebih hampir sama dengan beberapa lembaga keuangan non bank lain nya, seperti koperasi, lembaga pembiayaan, dll.

Dalam prakteknya, beberapa perusahaan asuransi yang ada di Indonesia ada yang bekerja sama atau bahkan menjadi bagian dari lembaga perbankan. Dengan begitu, perusahaan asuransi mereka akan terlihat lebih besar dan juga lebih terpercaya di mata para pengguna layanan asuransi.

Baik perusahaan asuransi yang berjalan secara mandiri, mau pun perusahaan asuransi yang dibacking oleh lembaga perbankan. Untuk bisa beroperasi di Indonesia, semua nya wajib mematuhi undang – undang dan juga peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Jenis – Jenis Asuransi di Indonesia

Saat ini ada sekitar 10 jenis asuransi yang berlaku di Indonesia. Ke sepuluh jenis asuransi tersebut tersedia untuk hampir seluruh ruas sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Seperti di bidang kesehatan, di bidang properti, di bidang keuangan / pembiayaan, dan bidang – bidang lain nya.

Asuransi Jiwa

Produk asuransi yang satu ini merupakan produk asuransi yang difungsikan untuk melindungi orang – orang yang disayangi atas kematian tertanggung. Dalam hal ini, ketika pihak tertanggung mengalami kematian, maka pihak penanggung akan membayar sejumlah uang tertentu para ahli waris tertanggung.

Dalam praktek nya produk asuransi jiwa dapat dibeli untuk diri sendiri atau pun untuk orang lain. Nanti nya, ketika tertanggung meninggal dunia, maka pihak asuransi akan membayar sejumlah uang tertentu pada pihak keluarga tertanggung (dalam hal ini bisa istri atau pun anak – anak pihak tertanggung).

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang difungsikan untuk melindungi / mengcover biaya kesehatan.

Dalam asuransi ini, pemegang polis asuransi akan membayar premi asuransi secara rutin pada perusahaan asuransi. Jika sewaktu – waktu tertanggung mengalami penyakit tertentu, maka seluruh / sebagian biaya perawatan nya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan produk asuransi yang difungsikan untuk melindungi kendaraan yang dimiliki terhadap berbagai macam kemungkinan risiko. Seperti kecelakaan, kerusakan, kehilangan, dll.

Dalam praktek nya, asuransi ini bisa turut mencakup biaya tanggungan cedera orang lain, atau pun biaya perbaikan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh pemegang polis asuransi / pihak tertanggung.

Asuransi Kepemilikan Properti

Asuransi ini merupakan asuransi yang difungsikan untuk melindungi produk properti dari berbagai macam ancaman risiko yang mungkin terjadi, seperti kebakaran, pencurian, kerusakan, dll.

Nanti nya, bila produk properti yang diasuransikan mengalami kerusakan atau pun kemalingan, maka sebagian / seluruh kerugian nya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Asuransi Pendidikan

Bagi sebagian orang tua, pendidikan anak adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, agar pendidikan anak – anak mereka bisa lebih terjamin, banyak orang tua yang turut mengasuransikan pendidikan anak nya.

Dengan polis asuransi ini, orang tua tidak perlu risau dengan berbagai macam kejadian yang berpotensi menghambat proses pendidikan anak nya di masa mendatang.

Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis merupakan produk asuransi yang ditujukan untuk melindungi bisnis seseorang dari berbagai macam risiko kerugian yang mungkin terjadi, seperti kerusakan, kehilangan, kerusuhan, dan lain sebagai nya.

Dalam praktek nya, perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi bisnis biasa nya akan menawarkan berbagai macam manfaat untuk perusahaan, seperti perlindungan aset, perlindungan tenaga kerja, perlindungan investasi, dan lain sebagai nya.

Asuransi Umum

Asuransi umum merupakan produk asuransi yang ditujukan sebagai perlindungan atas kemungkinan terjadi nya risiko kerugian yang terjadi di masa mendatang.

Produk asuransi ini biasa nya memiliki jangka waktu yang relatif pendek (maksimal satu tahun). Secara umum, produk asuransi ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

a. Asuransi Jaminan Sosial

Asuransi ini merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang berprofesi sebagai pekerja. Dalam praktek nya, pembayaran asuransi ini biasa nya cenderung dilakukan secara paksa, yaitu dengan pemotongan gaji secara rutin setiap bulan.

Dengan ada nya asuransi ini, diharapkan setiap orang nanti nya akan bisa memiliki jaminan hari tua.

b. Asuransi Sukarela

Berkebalikan dengan asuransi jaminan sosial yang dijalankan dengan cara paksa, asuransi sukarela cenderung dijalankan dengan cara sukarela. Dalam hal ini, pihak pembeli asuransi akan membayar premi asuransi untuk melindungi orang lain / aset milik orang lain terhadap kemungkinan risiko di masa mendatang.

Pembeli utama produk asuransi jenis ini adalah pemerintah dan lembaga – lembaga kemanusiaan.

Asuransi Kredit

Fungsi dari asuransi ini ditujukan untuk melindungi si pemberi kredit dari kemungkinan gagal bayar oleh pihak debitur. Sangat erat dengan lembaga keuangan, seperti  perbankan, koperasi simpan-pinjam, perusahaan pembiayaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Kelautan

Asuransi ini adalah produk asuransi khusus yang difungsikan untuk melindungi pengangkut dan pemilik kargo dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi. Dalam praktek nya, asuransi ini biasa nya turut mencakup beberapa lini sekaligus, seperti kerusakan kargo, keselamatan penumpang kapal, kerusakan kapal, keselamatan anak buah kapal, dll.

Asuransi Perjalanan

Ini adalah asuransi yang difungsikan untuk melindungi para traveler / orang yang sedang melakukan perjalanan dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Asuransi ini biasa nya memiliki jangka waktu yang relatif pendek, yaitu sejak pemegang polis asuransi berangkat sampai ia kembali ke tempat semula.

Dalam praktek nya, asuransi perjalanan biasa nya mencakup beberapa macam hal, seperti proteksi biaya pengobatan karena kecelakaan perjalanan, proteksi biaya pemulangan jenazah (jika pemegang polis asuransi meninggal di perjalanan), proteksi terhadap kehilangan barang di perjalanan, dan lain sebagai-nya.

Asuransi Online di Indonesia

Sekarang Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk janjian di tempat dengan broker asuransi. Cukup melalui akses digital saja, semua informasi dan pilihan produk asuransi yang Anda cari dapat Anda temukan. Saat ini memilih asuransi online yang sesuai dengan kebutuhan Anda sangat mudah. Namun, meski mudah Anda harus tetap ada banyak hal yang harus dipelajari dari setiap produk asuransi yang ditawarkan, baik itu manfaatnya maupun jaminannya.

Futuready Asuransi Online

definisi asuransi

Saat ini Anda tak perlu khawatir lagi untuk belanja asuransi secara online. Pertanyaan yang ada di kepala Anda, apakah aman? Futuready sebagai broker asuransi terpercaya mempunyai legalitas resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga semua transaksi Anda akan aman dan nyaman, karena diawasi oleh OJK. Belum lagi terdapat begitu banyak kemudahan di dalamnya. Anda cukup meluangkan waktu selama 5 menit, akses Futuready.com dari smartphone Anda. Dari situ Anda bisa mencari, membandingkan, memilih, dan membeli langsung secara online produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Futuready Insurance Broker adalah pionir broker asuransi online di Indonesia yang berada di bawah pengawasan dan telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1.2015 sejak 18 Juni 2015.

Cara Bayar

Belanja asuransi semakin mudah! Anda bisa bebas memilih cara pembayaran di Futuready Supermarket Asuransi tanpa harus ke mana-mana. Menyenangkan, bukan? Bagaimana melakukan pembayaran asuransi di Supermarket Asuransi Futuready: Saat ini, Anda dapat melakukan pembayaran untuk produk asuransi yang Anda pilih dengani 2 metode: pembayaran langsung dengan kartu kredit dan pembayaran dengan transfer antar rekening bank.

4 Manfaat Utama dalam Memiliki Asuransi di Futuready Asuransi Online

Belanja asuransi online di Futuready mempunyai 4 manfaat utama yang perlu Anda ketahui:

  1. Mudah. Mudah penjelasannya, mudah perbandingannya dan mudah proses klaimnya.
  2. Praktis. Prosesnya instan. Di mana pun Anda berada dan kapan pun waktunya, membuat semuanya menjadi lebih praktis dan nyaman. Bahkan untuk produk asuransi mobil all-risk tidak perlu survey.
  3. Sesuai. Tersedia berbagai pilihan produk asuransi terbaik  mulai dari asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri dan asuransi mobil. Anda bisa memilih dan membandingkannya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Aman. Tidak perlu ada rasa khawatir karena Futuready telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Belanja asuransi lebih AMAN dan TERPERCAYA di Futuready! Futuready telah  terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1.2015, sejak 18 Juni 2015.

Cara cerdas berasuransi hanya di Futuready.com, Supermarket Asuransi yang hadir untuk menjawab semua kebutuhan Anda! Sebagai broker retail asuransi onlineFutuready.com menyediakan saluran distribusi asuransi yang tersebar merata ke seluruh nasabah di mana pun dan kapan pun dan menjadi Supermarket Asuransi bagi Anda Terlebih dengan sistem digital dan website, Anda bisa mengaksesnya di dunia yang serba digital. Akses langsung www.futuready.com dari smartphone Anda.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

Comments are closed.