Aturan Bagasi Pesawat yang Harus Diketehui Sebelum Naik Pesawat

Asuransi PerjalananTravel

Aturan bagasi pesawat ini harus Anda ketahui sebelum bepergian menggunakan pesawat. Menaati aturan bagasi pesawat ini dapat mencegah risiko Anda tertahan di bandara atau pembatalan penerbangan secara sepihak kalau tidak dipatuhi.

Rupanya menggunakan pesawat sebagai alat transportasi untuk menuju ke suatu tempat tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus melakukan beberapa prosedur yang sudah ditetapkan. Misalnya, Anda harus melakukan boarding pass dan juga check in untuk memasuki pesawat. Selain itu jika bepergian ke luar negeri, Anda juga harus melewati gate imigrasi untuk memastikan kelengkapan dan keaslian dokumen yang dimiliki.

Prosedur yang barusan dijelaskan lebih kepada hal-hal yang akan Anda lalui ketika tiba di bandara. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum naik pesawat, yaitu aturan bagasi pesawat dalam membawa barang-barang yang diperbolehkan masuk ke dalam bagasi atau kabin. Oleh karena itu, berikut ini beberapa aturan bagasi pesawat yang harus Anda ketahui sebelum naik pesawat.

Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat

Ada barang-barang tertentu yang dipastikan tidak boleh Anda bawa ke dalam pesawat. Hal ini sudah menjadi aturan bagasi pesawat yang memang harus dipatuhi. Berikut ini, beberapa barang yang ditakutkan bisa membahayakan penerbangan sehingga tidak dianjurkan untuk dibawa:

  • Bahan peledak
  • Cairan mudah terbakar
  • Benda yang memiliki kandungan gas
  • Benda tajam
  • Senjata api
  • Benda tumpul
  • Produk dari hewan
  • Zat cair lebih dari 100ml

Barang yang Bisa Masuk Kabin dan Bagasi Pesawat

Ada beberapa barang yang dianjurkan untuk dibawa ke kabin pesawat dan ada juga barang yang memang harus masuk bagasi pesawat. Pada dasarnya barang-barang yang diperbolehkan masuk kabin dan bagasi pesawat itu sama saja, seperti pakaian, obat-obatan, dan lain sebagainya. Namun, untuk barang-barang penting seperti dompet, dokumen penting, kamera, dan laptop sangat disarankan Anda bawa ke dalam kabin pesawat.

Ketentuan Jumlah Berat Barang yang Masuk Bagasi Pesawat

Sudah menjadi peraturan setiap maskapai jika ada maksimal berat barang yang harus dipatuhi. Oleh karena itu, usahakan Anda untuk menentukan dengan benar barang-barang apa saja yang ingin dibawa dan memang penting. Jika dirasa barang tersebut tidak dibutuhkan, lebih baik tidak perlu dibawa.

Rata-rata setiap pesawat memberikan free bagasi sebesar 20-30kg. namun, jika koper Anda melampaui berat yang sudah diberikan, Anda biaya tambahan yang haraus dibayarkan. Untuk biaya ini setiap maskapai memiliki rate yang berbeda-beda. Selain itu, untuk berat koper yang diperbolehkan masuk kabin pesawat maksimal 7kg.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.